Pengertian dan Tujuan Urbanisasi

By On Sunday, July 28th, 2019 Categories : Ekonomi

Pengertian dan Tujuan Urbanisasi – Di Indonesia, proses urbanisasi adalah hal yang tidak bisa dicegah. Bahkan, pasca hari raya, fenomena ini pasti terjadi. Fakta penyebabnya tidak lain adalah, kembalinya orang ke kota disertai ikut sertanya keluarga mereka yang awalnya tinggal di desa.

Pengertian Urbanisasi

Secara sederhana, urbanisasi bisa diartikan sebagai perpindahan penduduk dari desa ke kota. Tujuannya ialah untuk menetap permanen ada juga yang menetap untuk beberapa waktu saja.

Sedangkan menurut ilmu sosial, urbanisasi adalah pergeseran populasi penduduk. Tentunya, proses kepindahan masyarakat pedesaan ke daerah perkotaan. Nah, menjadi wajar, jika urbanisasi adalah penyebab kepadatan perkotaan.

Pengertian Urbanisasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami pengertian urbanisasi, berikut kami sertakan tafsir para ahli tentangnya, yaitu:

  1. Ir. Triatno Yudo Harjoko

Menurut Harjoko, urbanisasi adalah perubahan masyarakat sekaligus wilayah yang ditempatinya. Dari definisi ini muncul istilah urban dan non urban.

  1. J. H. de Goede

Sedangkan De Goede memberikan dua definisi terkait urbanisasi, yaitu proses pertambahan penduduk di kota serta proses transformasi sebuah wilayah perdesaan menjadi perkotaan.

  1. R. Bintarto

Lain lagi menurut R. Bintarto. Ahli sosial ini menyatakan, urbanisasi adalah peningkatan jumlah penduduk di kota akibat dua latar belakang, yaitu sensus kelahiran yang bertambah dan karena banyaknya orang desa yang datang ke kota.

  1. Shogo Kayono

Sedangkan menurut Kayono, urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa yang berdampak pada interaksi baru masyarakat dari segi politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Tujuan Urbanisasi

Orang melakukan urbanisasi didasari pada tujuan tertentu. Mustahil, mereka meninggalkan desa kelahirannya jika memang tidak ada alasan yang kuat. Berikut ini beberapa tujuan dan alasan tersebut, yaitu:

  1. Mendapatkan Kehidupan yang Lebih Baik

Tujuan pertama dan utama adalah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ini terkait dengan faktor ekonomi dan prestisius di tengah masyarakat. tidak bisa dipungkiri, anggapan tinggal di kota lebih enak masih menjadi pegangan para urban.

  1. Memperoleh Kepuasan Batin

Menurut kaum urban, tinggal di kota adalah kebanggaan tersendiri. Mereka bisa melihat kondisi wilayah yang gemerlap, glamour dan modern. Nantinya, situasi ini akan mereka ceritakan kepada masyarakat di kampungnya.

  1. Memperoleh Pelayanan yang Lebih Baik

Tujuan selanjutnya adalah untuk mendapatkan pelayanan hidup yang lebih layak. Layanan yang dimaksud bisa berupa jasa kesehatan dan pendidikan yang notabene di kota lebih maju dibandingkan di desa.

Itulah kupasan singkat tentang pengertian dan tujuan urbanisasi. Semoga ke depan, fenomena ini bisa dikurangi dengan pemerintah aktif membangun desa sehingga memiliki sarana memadai seperti di kota.

Loading...
Loading...
Pengertian dan Tujuan Urbanisasi | ilmuhewan | 4.5