Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian Dan Tipe-Tipe Sapi Tropis

By On Thursday, December 14th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Pengertian Dan Tipe-Tipe Sapi Tropis- Selamat siang readers, apa kabarnya nih?

Semoga baik-baik saja yha! Mengenai sapi tentunya menarik untuk dibahas yha. Tapi readers tahu tidak apa yang dimaksud dengan sapi tropik dan juga tipe-tipenya?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan sapi tropik?

Nah, sapi tropik ini adalah jenis sapi yang asalnya dari belahan dunia yang memiliki iklim tropis.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Surra Pada Hewan Sapi

Ciri-ciri umumnya yaitu: sebagian besar memiliki punuk, ujing telinganya runcing, ukuran kepala yang panjang dengan dahi yang sempit, berkulit longgar dan juga tipis, memiliki timbunan lemak rendah, memiliki bahu yang pendek, tahan terhadap suhu tinggi dan rasa haus, dan juga tahan terhadap gigitan nyamuk.

Bangsa sapi tropik yang telah kita kenal yaitu bos indicus (Zebu) dan bos sondaikus (banteng). Di Indonesia banyak tipe-tipe sapi tropik, seperti: sapi bali, sapi madura, sapi aceh.

Tipe-tipe sapi tropik

  1. Sapi bali

Sapi bali sendiri adalah Banteng (bos sondaiscos) yang sudah dijinakkan. Sapi tipe ini ada di pulau Dewata Bali dan dibudidayakkan secara alami.

Sapi Bali memiliki ciri yang sama dengan Banteng, tetapi ukuran tubuhnya lebh kecil karena telah mengalami domestikasi. Karakteristik dari sapi bali ini yaitu memiliki kemampuan dapay mempertahankan kondisi serta beran badannya meski dipelihara di padang gembalaan yang kualitasnya rendah. Kemampuannya dalam mencerna serat dan memanfaatkan protein pakan lebih baik daripada tipe sapi lainnya.

Ciri fisiknya yaitu: berwarna merah bata, pada jantan akan menjadi berawarna hitam saat dewasa; pada bagian belakang paha terlihat warna putih yang jelas; pada umur 1,5 tahun berat badannya dapat mencapai 217,9 Kg.

  1. Sapi madura

Sapi madura ini terbentuk dari persilangan antara Banteng dengan Bos indicus (sapi zebu). Sapi madura ini tahan terhadap lingkungan yang panas dan juga gigitan nyamuk. Karakteristik dari sapi madura yaitu memiliki bentuk tubuh yang kecil, kaki pendek serta kuat, bulunya berwarna merah bata agak kekuningan, bertanduk khas dan jantannya bergumba.

  1. Sapi ongole

Sapi ongole ini asalnya dari India dan termasuk kedalam golongan zebu. Sapi tipe ini tenagaya kuat, ukuaran tubuhnya besar, tahan terhadap rasa lapar dan haus, juga memiliki toleransi makanan yang sederhana. Sapi ongole betina kawin pertama ketika berumur 18 bulan dan beranak pertama pada umur 30 bulan. Sedangkan jantang kawin pertama umur 30-36 bulan.

  1. Sapi brahman

Sapi brahman ini tremasuk ke dalam sapi Zebu yang berkembang di Amerika yang beriklim panas. Keunggulan dari sapi brahman ini adalah pertambahan berat badan yang relatif cepat, presentase karkas besar, dan juga merupakan sapi tipe dwiguna yang dapat berkembang biak dengan baik pada suatu lingkungan yang tidak menguntungkan, tahan terhadap gigitan nyamuk.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai tipe-tipe sapi tropik. Jika kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Cara Pemeriksaan Fisik Sapi

Loading...
Pengertian Dan Tipe-Tipe Sapi Tropis | ilmuhewan | 4.5