Pengertian dan Penyebab Radang Ambing Pada Sapi

By On Monday, May 1st, 2017 Categories : Pengertian, Perawatan

Pengertian dan Penyebab Radang Ambing Pada Sapi – Radang ambing atau istilah biologinya adalah mastitis adalah penyakit yang menyerang sapi perah dimana apabila sapi perah terserang penyakit ini maka akan terjadi penurunan produksi susu secara drastic yang sangat merugikan peternak.

Ada beberapa gejala klinis radang ambing pada sapi yang dapat diamati langsung oleh peternak yaitu sebagai berikut ini :

  • Adanya penggumpalan pada susu sapi saat diperah bahkan warna susu yang dihasilkan sapi berubah menjadi kekuningan
  • Produksi susu sapi menurun drastic
  • Saat dilakukan pengujian alcohol di tempat penampungan susu sapi maka susu sapi akan terlihat pecah.
  • Nafsu makan sapi akan menurun jika radang ambing pada sapi semakin parah
  • Sapi terlihat lesu dan kurang beraktifitas seperti biasanya bahkan jika semakin parah sapi akan demam.
  • Ambing sapi mengeras bahkan membusuk apabila radang ambing pada sapi diderita dalam jangka waktu yang lama

Penyakit radang ambing pada sapi ini terjadi karena adaya infeksi mikroorganisme baik bakteri, jamur, maupun ragi yang menyerang ambing sapi.

Bakteri yang menyebabkan radang ambing pada sapi terdiri dari bakteri normal yaitu bakteri yang ada di lingkungan yang pad awalnya tidak berbahaya namun karena jumlahnya berlebih maka menjadi berbahaya dan menyebabkan terjadinya radang ambing pada sapi yaitu Staphylococcus sp dan Streptociccus sp..

Bakteri tersebut dapat menyerang ambing sapi biasanya karena sapi memiliki luka karena proses pemerahan susu dilakukan peternak dengan tidak hati-hati sehingga menceredai ambing sapi atau bisa juga karena sapi tidak sengaja tergores oleh sesuatu yang tajam sehingga bakteri dapat menyerang luka yang ada pada ambing sapi tersebut.

Ambing sapi yang mengalami peradangan dapat semakin parah apabila kondisi kandang dan lingkungan peternakan sapi tidak bersih sehingga bakteri-bakteri tersebut semakin berkembang biak.

Selain itu, proses pemerahan yang tidak bersih juga dapat menyebabkan radang ambing pada sapi. Pemerahan yang baik harus dilakukan dengan hati-hati dan tuntas serta teratur pada pagi dans ore hari.

Pemerahan yang tidak tuntas maka akan menyebabkan terpentuknya suatu pengapuran susu di ambing sapi sehingga terjadilah peradangan ambing sapi.

Sebenarnya anda sebagai peternak, dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar tidak terjadi radang ambing pada sapi yang tentunya harus dikonsultasikan juga dengan dokter hewan, yaitu sebagai berikut ini :

  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar peternakan agar bakteri penyebab radang ambing sapi tidak berkembang biak. Lakukan pembersihan kandang sapi kalau perlu setiap hari, jangan sampai menunggu hingga sampah menumpu baru kemudian kandang sapi dibersihkan. Pastikan juga tidak ada benda-benda tajam yang dapat mencederai sapi seperti paku, potongan kayu yang tajam, dan lain sebagainya.
  • Dalam melakukan pemerahan susu sapi, maka anda sebagai peternak harus sangat hati-hati dan gunakan teknik yang sesuai agar ambing sapi tidak terluka. Selain itu, anda sebagai peternak juga harus menjaga kebersihan saat melakukan pemerahan susu sapi misalnya apabila pemerahan susu sapi dilakukan secara manual maka gunakanlah sarung tangan supaya higenis, lalu jika menggunakan alat pemerahan susu sapi maka pastikan alat tersebut bersih.
  • Manajemen pemeliharaan harus sangat diperhatikan misalnya ketersediaan pakan yang cukup untuk sapi.
  • Melakukan vaksinasi dengan strain vaksin yang sesuai dengan dosisnya, sebaiknya di konsultasikan kepada dokter hewan atau orang yang ahli dalam bidang ini.

Baca Juga : Tips dan Trik Memilih Sapi Bakalan Yang Menguntungkan

Loading...
Loading...
Pengertian dan Penyebab Radang Ambing Pada Sapi | ilmuhewan | 4.5