Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian Dan Pemanfaatan Mikrobiologi Teknologi Hasil Ternak

By On Monday, January 29th, 2018 Categories : Produksi

Pengertian Dan Pemanfaatan Mikrobiologi Teknologi Hasil Ternak – Mikrobiologi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan tentang ilmu Biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme.

Objek kajiannya mencakup semua makhluk (hidup) yang dipelajari melalui mikroskop seperti bakteri, fungi, alga mikroskopik, protozoa, dan archaea.

Virus adalah makhluk hidup lainnya terkecil di dunia yang dimasukkan ke dalam bagian ini meskipun beberapa ahli berpendapat bahwa tidak sepenuhnya virus bisa dianggap sebagai makhluk hidup.

Mikrobiologi pertama kali diberlakukan sejak manusia menemukan mikroskop dan menjadi bidang yang mengalami perkembangan sangat luas dan penting dalam bagian kecil dari ilmu Biologi setelah Louis Pasteur sukses menjelaskan tentang proses fermentasi anggur (wine) dan menciptakan vaksin rabies.

Baca Juga : Jenis dan Komposisi Pakan Sapi Perah Paling Baik

Perkembangan ilmu Biologi yang cukup pesat pada abad ke – 19 selanjutnya lebih banyak mengarah kepada bidang ini yang membangun sebuah landasan kuat dan terbuka untuk dipengaruhi oleh bidang terkait lainnya seperti biokimia.

Penerapan mikrobiologi pada akhirnya menjadi bagian terpenting berbagai bidang dan terkait antara satu ilmu dengan ilmu – ilmu yang lainnya karena memang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya dalam bidang farmasi, kedokteran, pertanian, peterakan, ilmu gizi, teknik kimia, bahkan astrobiologi dan arkeologi.

Jasa mikroorganisme lebih lanjut dimanfaatkan oleh manusia berdasarkan atas penelitian dan temuan seperti peninggalan terapan ilmu kuno banyak ditemukan pada dinding dalam goa peninggalan manusia dari zaman purba, telah terindikasi dan mampu menjelaskan bahwa terdapat sebuah bangsa dengan peradaban manusia purbakala yang sangat cerdas yaitu dari Bangsa Sumaria pada tahun 2500 Sebelum Masehi, telah menjalani sebuah kebiasaan seperti sebuah tradisi, contohnya adalah dengan menambahkan inokulum pada susu yang bertujuan untuk menstimulasi fermentasi dan karena dianggap berhasil menemukan hal – hal baru maka kebiasaan tersebut tetap berlaku hingga sekarang (menurut Kroger et al.1989).

Dengan adanya mikrobiologi (terutama pemanfaatannya terhadap teknologi ternak) maka produk – produk peternakan dalam bidang teknologi hasil ternak sudah mulai bisa dikembangkan.

Mikrobia bisa berfungsi untuk meningkatkan mutu atau kualitas terbaik dari hasil ternak sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi di masyarakat selain bisa meningkatkan mutu, juga memperpanjang masa simpan produk peternakan.

Pangan Dan Teknologi Hasil Ternak

Selanjutnya, terkait dengan penjelasan dari kami tersebut di atas, hasil ternak adalah menjadi bagian dari produk pangan dan produk pangan yang lain seperti biji – bijian, sayuran, buah -buahan, perikanan, dan lain sebagainya.

Maka dari itu penerapan teknologi hasil ternak tidak terlepas dari pembahasan tentang masalah teknologi pangan yang erat hubungannya untuk menambah wawasan dengan literatur terkait.

Meskipun saling berhubungan erat antara satu dengan yang lainnya, masing – masing produk peternakan merupakan sumber pangan terbesar, tetapi sekali waktu bisa berfungsi sebagai sumber sandang, misalnya untuk mendapatkan kulit domba sebagai bahan dasar membuat wool.

Kulit dan wool adalah sumber sandang karena merupakan bahan baku terpenting dalam industri sandang seperti untuk pembuatan pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris lainnya yang saat ini sangat mudah untuk dipasarkan.

Teknologi hasil ternak adalah ilmu terapan yang dikenakan terhadap hasil – hasil ternak dengan cara melibatkan banyak disiplin ilmu seperti ilmu kimia, biokimia, fisika, dan mikrobiologi.

Teknologi hasil ternak selanjutnya menekankan pada aspek pengembangan produk – produk terbaru dari komponen – komponen hasil ternak, kesegaran, penampakan, stabilitas, penghindaran dari kontaminasi, serta pencegahan kebusukan.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, penting untuk mengetahui tentang bagaimana cara mempertahankan serta meningkatkan citarasa serta mutu gizi terhadap produk melalui beberapa cara untuk memproses dan pengolahan selanjutnya seperti penerapan teknologi pada empat komoditas hasil ternak yaitu daging, kulit, telur dan susu.

Baca Juga : Pengertian Dan Konsep Fisiologi Ternak

Loading...
Pengertian Dan Pemanfaatan Mikrobiologi Teknologi Hasil Ternak | ilmuhewan | 4.5