Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan Manfaat Recording Pada Ternak

By On Thursday, April 6th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Manfaat Recording pada Ternak – Satu lagi kegiatan peternakan yang perlu dilakukan oleh para peternak yaitu recording.

Ternyata istilah ini tidak hanya ada dalam bidang kedokteran maupun bidang akuntansi . Tetapi didunia peternakan perlu juga melakukan kegiatan recording untuk memantau perkembangan hewan peliharaan tersebut.

Pengertian Recording

Recording merupakan suatu rangkaian kegiatan pencatatan (dokumentasi) kejadian-kejadian dan informasi-informasi penting  yang menyangkut hewan ternak baik individu maupun sekelompok individu ternak.

Kegiatan recording biasanya dilakukan oleh peternakan yang berskala besar. Hasil dari recording ini sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan bagi manajemen.

Berikut beberapa hal yang perlu menjadi perhatian recording

  1. Jumlah populasi ternak dalam satu kandang
  2. Porsi pemberian pakan ternak
  3. Riwayat kesehatan dan penyakit yang pernah diderita ternak
  4. Obat dan vaksinasi yang pernah diberikan berikut jumlah kebutuhannya.
  5. Perkembangan berat badan ternak
  6. Jenis hewan dan tanggal dimulai pemeliharaan
  7. Dll

Jadi semakin banyak informasi yang dicatat tentang hewan ternak, maka akan semakin akurat keputusan yang bisa diambil oleh manajemen dalam mengelola bisnis peternakannya.

Recording yang dijalankan dalam sebuah usaha peternakan bermacam- macam jenisnya berdasarkan kebutuhan tujuan usaha. Apakah sistem breeding atau fattening serta jenis ternak yang dibudidayakan

Misalnya saja pada usaha breeding, maka sistem recording yang mencakup aspek reproduksi menjadi prioritas.

Sementara pada usaha peternakan penggemukan atau fattening, penambahan berat rata-rata harian menjadi indikasi yang paling utama untuk menganalisa tingkat pertumbuhan dan penggemukan ternak.

Syarat syarat sistem recording peternakan

Sistem recording peternakan pada dasarnya mirip seperti sistem pencatatan di bidang lain. Harus terstruktur, rapi, jelas dan tentu harus up to date sesuai data yang ada di lapangan.

Syarat syarat sistem recording usaha ternak:

  • Sederhana
  • Lengkap
  • Akurat
  • Praktis
  • Mudah dimengerti
  • Up to date
  • Hemat waktu untuk mengerjakannya

Macam Recording

Recording terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

  1. Memberi identitas pada ternak

Identitas ini biasanya diberikan sesuai kode yang ada di dalam kandang. Misalnya, jenis kelamin, tanggal lahir, asal sapi, dan sebagainya. Identitas ternak akan memudahkan pengelolaan ternak.

  1. Pengumpulan dokumentasi

Dokumentasi bisa berupa foto untuk setiap ternak. Misalnya saja sapi untuk peternakan di skala besar. Sapi – sapi yang selalu dipantau pertumbuhananya dibuat foto atau rekaman video.

  1. Detail catatan tertentu

Beberapa peternakan juga menerapkan detail catatan tambahan untuk melengkapi sistem recording yang ada. Pencatatan tambahan ini berupa nama ternak, tanggal lahir, nomor kode, berat badan, berat lahir, jenis spesies dan lainnya. Data perkawinan atau inseminasi buatan juga bisa masuk dalam catatan detail tambahan.

  1. sertifikasi dan dokumen pendukung

Sistem pencatatan yang terakhir adalah tentang dokumen dan sertifikat yang melengkapi ternak. Misalnya sapi yang berasal dari luar negeri atau impor. Dilengkapi dengan surat surat dan dokumen resmi.

Manfaat Recording

Dalam proses kegiatan recording apa sih manfaat yang bisa didapat? Berikut beberapa diantaranya :

  1. Hewan ternak akan mudah dikenali

Biasanya catatan ini digantung pada pada leher ternak, ada juga yang ditempelkan pada dinding kandang.

Catatannya berupa kode ternak, nama, foto, dan ciri-ciri khusus yang dimiliki si hewan peliharaan.

  1. Dari informasi recording akan memudahkan dalam penangan, perawatan maupun pengobatan pada ternak saat terjangkit penyakit.
  1. Menjadi panduan bagi bagian pemeliharaan terhadap ternak yang membutuhkan perlakuan khusus.
  1. Sebagai bahan pengambilan keputusan yang tepat bagi bagian pemeliharaan untuk pengobatan, pemberian pakan ataupun produksi semen pada ternak.
  1. Pelaksanaan seleksi ternak akan lebih mudah dan cepat sehingga dihasilkan ternak yang unggul dengan melihat catatan yang akurat pada ternak.
  1. Pekejaan lebih terarah dan efisien apalagi jika peternakannya berkapasitas industri.

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Culling Dalam Peternakan

Loading...
Pengertian dan Manfaat Recording Pada Ternak | ilmuhewan | 4.5