Pengertian dan Manfaat Desinfektan pada Kolam Ikan

By On Saturday, April 8th, 2017 Categories : Perikanan

Pengertian dan Manfaat Desinfektan pada Kolam Ikan –  Untuk meningkatkan hasil budi daya ikan banyak prosedur yang mesti dilakukan. Terutama adalah proses perawatan air kolam.

Karena air merupakan media sebagai tempat hidup ikan. Dari air, ikan mengambil makanan dan dari air juga ikan mendapatkan oksigen untuk bernafas.

Air kolam selazimnya harus dalam kondisi menyehatkan bagi ikan , tidak kotor , tidak berbau dan bebas dari penyakit.

Oleh karena itu, para pembudidaya dan pengelola kolam ikan atau udang, sudah lazim memakai desinfektan untuk membersihkan kolam.

Baca Juga : Tujuan dan Manfaat Pengapuran Pada Kolam Ikan

Agar ikan atau udang senantiasa bisa tumbuh dengan baik tanpa adanya gangguan dari mikro organism lain.

Desinfektan atau pembasmi bakteri dalam air kolam sebaiknya berasal dari bahan-bahan yang tidak berbahaya atau mencemari lingkungan.

Akan tetapi, karena cenderung kebanyakan orang lebih senang yang praktis. Maka unsur kimia bisa dipakai untuk mencegah berkembangnya mikro organism dalam kolam ikan.

Pengertian Desinfektan ( suci hama)

Desinfektan merupakan sebuah usaha untuk mengkondisikan air kolam budi daya ikan bebas bagi hama dan penyakit. Sehingga ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Desinfektan ini menggunakan bahan-bahan kimia tertentu yang banyak dijual di pasaran. Bahan kimia yang digunakan bermacam-macam sesuai dengan karakteristik kimiawi, toksisitas, biaya dan takaran penggunaannya.

Cara kerja Desinfektan

Dengan proses penguraian secara kimia. Sebut saja seperti mereduksi, mengoksidasi, atau merusak jaringan sel mikro organism tertentu.

Maka dean lebih efektif untuk bekerja mengatasi tumbuhnya bakteri atau cendawan yang mempengaruhi produksi kolam ikan. Setiap jenis desinfektan berbeda – beda daya kerja. Tergantung pada takaran dosis yang diberikan.

Desinfektan mulai dikembangkan dalam dunia medis. Merambah ke pertanian dan peternakan untuk mencegah berkembangnya mikro organism yang tidak diinginkan.

Selain itu, para pengelola peternakan juga sebaiknya mencuci tangan dengan desinfektan sebelum dan sesudah memasuki kandang ternak atau kolam ikan agar tidak mudah terserang penyakit.

Contoh penerapan desinfektan pada kolam ikan, bisa dijumpai pada jenis kolam ikan atau udang. Cara pemakaian desinfektan dilakukan selama pembesaran ikan atau udang.

Jenis desinfektan yang diberikan umumnya terbuat dari mineral. Seperti misalnya, kapur, potassium, kuprisulfat, formalin, sodium hipoklorit, klorin, permanganate, EDTA, dan sebagainya.

Bagaimanakah cara melakukan desinfektan pada kolam?

Salah satu caranya biasanya para peternak ikan menggunakan kaporit (chlorine 30 ppm). Bahan ini dilarutkan kedalam wadah budi daya atau kolam ikan.

Kemudian diamkan selama tiga hari. Sinar matahari membantu menghilangkan efek Chlorine pada air kolam. Semakin terik sinar matahari efeknya semakin baik.

Selain kaporit ada juga bahan kimia lain yang bisa digunakan misalnya formalin 25 ppm, Malachite green 100 ppm, dan alkohol 70%.

Manfaat Desinfektan

Tujuan dilaksanakan disinfektan adalah mensterilkan organisme-organisme yang berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan ikan di kolam. Organisme ini terutama bakteri pathogen dan parasit.

Dengan manfaat sebagai berikut :

  • Meningkatkan keuntungan.

Melalui  disinfektan berarti melakukan antisipasi terhadap berbagai penyakit pada ikan. Ikan akan tumbuh dengan sehat sehingga mengurangi pembelian untuk pengobatan.

Dengan pilihan zat kimia yang tepat dapat mematikan bakteri, virus dan jamur.

Misalkan dapat membunuh bakteri  Trichodina yaitu microorganisme yang menyerang pada bagian luar ikan seperti sirip, kulit dan insang ikan.

  • Dapat mencegah infeksi dengan jalan penghancuran atau pelarutan jasad renik.

Misalkan dapat membunuh bakteri Aeromonas dan Peusodomonas, dua bakteri yang menyerang bagian dalam  dan bagian luar tubuh ikan. Bagian yang terserang mengalami infeksi pendarahan.

Baca Juga : Tips Membuat Kolam Ikan dari Tanah

Loading...
Pengertian dan Manfaat Desinfektan pada Kolam Ikan | ilmuhewan | 4.5