Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian Dan Jenis Pencernaan Tambahan Pada Unggas

By On Wednesday, January 31st, 2018 Categories : Info Lainnya

Pengertian Dan Jenis Pencernaan Tambahan Pada Unggas – Saluran pencernaan (menurut beberapa sumber berita) merupakan tabung memanjang yang dimulai dari mulut dan berakhir di anus dimana pada bagian dalamnya dilapisi oleh mukosa.

Unggas pada umumnya akan mengalami sebuah proses pencernaan yang berbeda – beda terhadap hewan yang lainnya, meskipun kelompok ini memiliki kesamaan pada prosesnya.

Sebagaimana hewan ternak yang lainnya, proses pada saluran pencernaan unggas pada umumnya menggunakan tiga prinsip :

Secara mekanik. Pencernaan yang dilalui secara mekanik pada kelompok unggas akan berlangsung melalui empedal. Pakan di dalam empedal akan melalui kontraksi otot empedal dengan bantuan grit sehingga mengubah makanan menjadi pasta.

Secara khemis / enzimatis. Pencernaan yang dilakukan dengan cara enzimatis ini adalah terjadi karena bantuan senyawa kimia melalui sistem kerja dari enzim ini yang selanjutnya diteruskan oleh alat – alat pencernaan.

Secara mikrobiologik. Pencernaan secara mikrobiologik pada umumnya melalui proses mikrobia yang turut serta berperan aktif dalam terjadinya proses pencernaan. Contohnya adalah pada ayam, pencernaan secara mikrobiologik tidak memiliki peranan besar seperti pada jenis ternak yang  lain, namun masih ada sedikit proses ini ditemukan pada tembolok dan usus besar. Pada tembolok ditemukan beberapa jenis bakteri aktif yang bekerja untuk menghasilkan asam organik seperti asam asetat dan asam laktat, juga ceca pada pencernaan hemiselulosa oleh bakteri.

Seperti halnya organ pencernaan terhadap unggas ayam pada umumnya adalah relatif pendek dibandingkan dengan mamalia, contohnya adalah pada ayam jantan berusia 10 Minggu memiliki panjang sekitar 245 cm, dengan rincian lebih lengkap seperti pada tabel 1 di bawah ini.

Tabel 1.  Panjang  Saluran Pencernaan  Ayam Jantan

Umur 10 Minggu (Jull, 1971)

             Organ Panjang (cm)
Mulut + tenggorok            5
Esopagus          31
Proventrikulus            6
Usus kecil        188
Usus besar & lubang pelepasan          15

Jenis Pencernaan Tambahan Pada Organ Tubuh Unggas

Organ pencernaan tambahan pada unggas memiliki hubungan dekat dengan saluran pencernaan dimana terdapat proses yang berfungsi sebagai saluran guna mengekskresikan material dalam organ tambahan ini ke saluran pencernaan yang nantinya bermanfaat untuk kelancaran proses pencernaan pakan.

Ada tiga organ pencernaan tambahan pada unggas yaitu hati, pankreas dan limpa (menurut North, 1978).

Hati

Hati berada diantara gizzard dan empedu, memiliki warna kemerahan yang segar dan terdiri dari  dua  lobus,  yaitu  lobus dexter  dan  sinister.   Hati  berfungsi untuk mengeluarkan cairan yang memiliki warna hijau kekuningan dimana cairan ini berperan aktif dalam mengemulsikan lemak.

Selanjutnya cairan akan tersimpan di dalam sebuah kantung yang diberi nama kantung empedu, terletak di lobus sebelah kanan.

Hati bisa berfungsi sebagai media untuk menyimpan energi siap pakai (glikogen) lalu menguraikan hasil sisa protein menjadi zat asam urat yang nantinya akan dikeluarkan melalui ginjal.

Pankreas

Pankreas letaknya pada lipatan duodenum yang mensekresikan cairan pankreas ke duodenum melalui ductus pancreaticus lalu menghasilkan enzim yang mendigesti karbohidrat, lemak dan protein.

Limpa

Limpa berbentuk sedikit bundar, berwarna kecoklatan dan terletak pada titik diantara proventriculus, gizzard dan hati. Memiliki fungsi sebagai tempat untuk memecah sel – sel darah merah lalu menyimpannya ke dalam darah.

Nah itulah sedikit informasi tentang pengertian dan jenis – jenis pencernaan tambahan pada unggas untuk bisa menambah wawasan bagi anda orang awam yang membutuhkannya.

Baca Juga : Pengertian Dan Konsep Fisiologi Ternak

Loading...
Pengertian Dan Jenis Pencernaan Tambahan Pada Unggas | ilmuhewan | 4.5