Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Negatif

By On Sunday, May 28th, 2017 Categories : Jenis dan Macam, Pengertian

Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Negatif – Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang bakteri gram positif, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang bakteri gram negatif.

Namun sebelum membahasnya, apakah kalian tahu darimana asal mula pembedaan kedua bakteri ini? Siapa yang menemukan?

Pada tahun 1884, Hans Christian Gram yang merupakan seorang dokter dari Jerman mengembangkan teknik pembedaan jenis bakteri yang didasari dari ketebalan lapisan peptidoglikan pada dinding sel dengan system pewarnaan.

Baca Juga : Teknik Pemanfaatan Bakteri Bacillus

Saat melakukan penelitian, bakteri ini diberi warna dengan zat warna violet dan yodium setelah itu dicuci dengan alcohol dan diwarnai lagi dengan warna merah.

Hasil kesimpulan yang didapatnya yaitu jika bakteri menunjukkan warna ungu, maka bakteri tersebut disebut sebagai bakteri gram positif sedangkan jika bakteri tersebut menunjukkan warna merah maka bakteri tersebut masuk dalam kelompok bakteri gram negatif.

Namun ada juga bakteri yang berubah dari positif ke negatif seiring berjalannya waktu yang disebut dengan Gram variabel. Contohnya adalah bakteri yang tergolong dalam family Bacillaceae.

Dan apakah kalian sadar dari nama pembagian nama bakteri tadi terdapat nama penemunya yaitu “Gram”.

Pengertian

Bakteri gram negative adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna merah dan memiliki lapisan peptidoglika yang tipis. Lapisan peptidoglika bakteri ini terletak di ruang peplasmik antara membran plasma dengan membran luar.

Bakteri gram negatif inilah yang banyak menyebabkan penyakit karena memiliki sifat pathogen yang lebih berbahaya dari bakteri Gram positif yang disebabkan karena membrane luar pada dinding selnya dapat melindungi bakteri dan system pertahanan inang dan menghalangi masuknya obat-obat antibiotik.

Senyawa lipopolisakarida pada membrane luar bakteri Gram negative dapat bersifat toksik (racun) pada inang.

Bakteri gram negatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki sitoplasmic membran.
  2. Kurang rentang terhadap senyawa penisilin.
  3. Struktur dinding sel tipis yaitu sekitas 10-15 mm yang multilayer atau berjumlah 3 lapis. Lapisan tersebut yaitu membran luar (Outer Membrane), lapisan tengah yang merupakan dinding sel atau lapisan murein dan membrane plasma dalam.
  4. Tidak resisten terhadap gangguan fisik
  5. Dinding sel memiliki banyak kandungan lemak yaitu sekitar 11-12.

Jenis Bakteri Gram Positif

  1. Aeruginosa
  2. Azotobacter
  3. Influenza
  4. Rhizobium Leguminosarum

Demikian pembahasan mengenai Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Negatif, semoga ulasan sederhana diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

Baca Juga : Jenis Hewan Yang Melakukan Reproduksi Dengan Membelah Diri

Loading...
Loading...
Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Negatif | ilmuhewan | 4.5