Pengertian dan Fungsi sistem Pernapasan Pada Hewan Invertebrata

By On Friday, February 5th, 2016 Categories : Invertebrata

Pengertian dan Fungsi sistem Pernapasan Pada Hewan Invertebrata – Pernapasan merupakan sebuah proses mengambil oksigen kedaam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk Co2 sebagai sisa dari zat pernapasan.

Sistem pernapasan yang dimiliki oleh makhluk hidup yang termasuk golongan invertebrata ini belum memiliki sistem pernapasan yang khusus, sebagai contoh cacing.

Ini dikarenakan makhluk yang tidak memiliki tulang belakang ini bernafas menggunakan bagian tubuh seperti kulitnya atau dikenal dengan sistem pernapasan secara difusi. Namun memang tidak semua jenis  makhluk hidup golongan ini tidak memilikisistem pernapasan khusus.

Untitled

Untuk Sebagian makhluk seperti Mollusca sudah memiliki sistem tersebut walaupun masih sederhana, misalnya jenis arthropoda seperti laba-laba yang menggunakan paru-paru buku. Berikut beberapa uraian sistem pernapasan yang dimiliki hewan invertebrate, antara lain :

  • Golongan Hewan Vermes, seperti cacing menggunakan permukaan kulit tubuhnya untuk bernafas, namun ada sebagian ada pula yang menggunakan insang untuk bernafas. Contoh yang menggunakan insang untuk bernafas adalah cacing yang hidup di air.
  • Golongan Porifera, jenis hewan ini bernafas menggunakan air yang masuk kedalam pori-pori yang letaknya ada diseluruh permukaan tubuhnya. Dimana air yang dimasukkan untuk bernafas tersebut juga membawa zat-zat makanan untuk tubuhnya.
  • Golongan Arthropoda, Jenis ini adayang bernafas menggunakan paru-paru buku seperti laba-laba, namun ada pula yang bernafas dengan menggunakan sistem trakea, seperti contoh pada belalang untuk golongan serangga.
  • Golongan Mollusca, jenis ini menggunakan insang pada tubuhnya untuk bernafas, seperti cumi-cumi,siput, dan kerang. Namun ada pula yang menggunakan paru-paru untuk bernafas sebagai contoh bekicot yang hidupnya di darat.

Dari beberapa jenis hewan tersebut baik jenis Mollusca hingga isecta semua memiliki sistem pernapasan yang tidak selalu sama walaupun masih dalam golongan hewan invertebrata.

INi merupakan keragaman jenis sistem pencernaan terbukti hewan invertebrate pun masih ada yang menggunakan paru-paru untuk bernafas.

Dengan pengetahuan tersebut makan para pendidik maupun yang sedang melaksanakan pendidikan dapat lebih jelas membedakan hewan invertebrata yang bernafas menggunakan paru-paru dan yang menggunakan insang.

Baca Juga : Pengertian Klasifikasi Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata (Filum Chordata)

Loading...
Pengertian dan Fungsi sistem Pernapasan Pada Hewan Invertebrata | ilmuhewan | 4.5