Pengertian dan Definisi Zooplankton dan Fitoplankton

By On Monday, November 7th, 2016 Categories : Info Lainnya

Zooplankton

Berikut pembahasan tentang zooplankton yang meliputi pengertian zooplankton, habitat zooplankton, sumber makanan zooplankton, dan cara perkembangbiakan zooplankton.

  • Pengertian Zooplankton

Zooplankton merupakan hewan berukuran kecil, termasuk dalam hewan invertebrata mikroskopis yang hidup dengan berenang atau hanyut di dalam air, dan berada di dasar rantai makanan.

pe

Selain itu, zooplankton adalah perenang yang lemah dan gemar memakan tanaman mikroskopis dan menjadi mangsa dari serangga air hingga beberapa jenis ikan.

Umumnya zooplankton memiliki ukuran kurang lebih sepersepuluh hingga empat millimeter dan banyak ditemukan di dalam air atau dekat dengan permukaan air.

Pada rantai makanan, zooplankton termasuk dalam salah satu produsen utama pada jaringan makanan laut.

  • Habitat Zooplankton

Untuk menemukan zooplankton tidaklah sulit, karena kita dapat menemukannya di berbagai tempat yang terdapat atau ada air seperti kolam ikan, danau, sungai, hingga laut karena zooplankton adalah akuatik.

Akan tetapi, ada juga zooplankton yang hidup di tempat-tempat yang kering karena tidak adanya kepastian adanya air di tempat tinggalnya tersebut.

  • Sumber Makanan Zooplankton

Pada umumnya, zooplankton bertugas sebagai penyaring makanan di perairan. Proses penyaringan tersebut dilakukan dengan menggunakan tubuh mereka agar dapat menyaring bakteri, ganggang, dan partikel halus lainnya yang ada di dalam air.

  • Perkembangbiakan Zooplankton

Zooplankton mampu melakukan perkembangbiakan dengan cepat, yaitu mampu meningkatkan populasinya pada suatu tempat hingga 30% per hari saat kondisi lingkungan di sekitarnya tidak mendukung.

Sedangkan saat kondisi lingkungan di sekitarnya mendukung, zooplankton mampu meningkatkan populasinya hingga 100% per hari.

Selain mampu berkembangbiak dengan cepat, zooplankton mampu menjadi dewasa atau matang lebih cepat namun waktu hidupnya sangatlah singkat dengan rata-rata hidup sekitar satu bulan.

Fitoplakton

Berikut pembahasan tentang fitoplakton yang meliputi pengertian fitoplakton, habitat fitoplakton, sumber makanan fitoplakton, dan cara perkembangbiakan fitoplakton.

  • Pengertian Fitoplakton

Fitoplakton merupakan komponen autotrof plankton, sedangkan pengertian autotrof adalah organisme yang mampu membuat atau menyediakan makanannya sendiri yang berupa bahan organik yang berasal dari bahan anorganik dengan bantuan energi kimia dan matahari.

Umumnya fitoplakton memiliki ciri utama yaitu ukurannya yang sangat kecil dan sangat sulit dilihat tanpa alat bantuan seperti mikroskop, namun ketika fitoplakton berada dalam jumlah besar atau banyak dapat dilihat berupa warna hijau  di dalam air tanpa alat bantuan.

  • Habitat Fitoplakton

Untuk menemukan fitoplakton tidaklah terlalu sulit, karena fitoplakton sangat mudah ditemukan di perairan seperti danau dan laut.

Hal ini dikarenakan fitoplakton menghuni hampir pada setiap ruang yang ada di dalam massa air serta dapat atau ditembus oleh sinar matahari yang cukup.

Selain itu, fitoplakton adalah komponen produsen yang paling banyak sebagai produsen utama di dalam perairan.             

  • Sumber Makanan Fitoplakton

Karena fitoplakton adalah tumbuhan, maka secara alami mereka mengambil atau memproduksi makanan mereka sendiri dengan cara mengubah sinar matahari menjadi sumber makanan dengan proses fotosintesis.

  • Perkembangbiakan Fitoplakton

Perkembangbiakan sangat bergantung pada zooplankton. Umumnya, proses perkembangbiakan fitoplakton terbagi menjadi dua macam yaitu  secara seksual dan secara aseksual.

Perkembangbiakan aseksual terjadi melalui membentuk sel kusus yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu baru tanpa adanya peleburan sel kelamin, sedangkan perkembangbiakan secara seksual terjadi karena adanya peleburan antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina sehingga terbentuklah individu baru.

Loading...
Pengertian dan Definisi Zooplankton dan Fitoplankton | ilmuhewan | 4.5