Pengertian dan Definisi Sumber Daya Perikanan

By On Monday, February 1st, 2016 Categories : Perikanan

Pengertian dan Definisi Sumber Daya Perikanan – Sumber daya perikanan adalah sumber daya alam terbanyak yang dimiliki oleh manusia. Luas lautan atau perairan di bumi sebesar 70,8 % atau setara 361.132.000 km².

Jadi dapat disimpulkan 2/3 bumi adalah wilayah perairan. Dengan luas perairan yang sebesar itu maka hasil perikanan pun seharusnya melimpah dan menunjang kehidupan di bumi.

Terutama bagi Indonesia, dimana luas wilayah perairan di Indonesia 3.257.482 km² dan wilayah daratan hanya 1.922.570 km² (menurut BIG Indonesia).

Untitled

Dengan luas perairan tersebut, Indonesia dapat dikatakan mampu menunjang kehidupan dan kesejahteraan masyarakatnya. Apalagi Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan terbesar dan negara maritim.

Dilihat dari sejarahnya, berbagai kegiatan masyarakat sering terpusat pada wilayah pinggiran pantai. Berbagai aktivitas tersebut meliputi, kegiatan nelayan, tempat pengiriman dan datangnya barang dari luar daerah atau negeri, tempat perdagangan, dll.

Begitu besarnya manfaat dari pelabuhan-pelabuhan di Indonesia saa itu. Hasil laut yang melimpah dan kesejahteraan masyarakat tercukupi.

Dahulu nasib para nelayan makmur, sehingga anak cucunya diwajibkan untuk menjadi seorang nelayan pula. Namun saat ini, kemakmuran hanyalah angan-angan para nelayan yang sukar untuk diraih. Berbagai permasalahan menyebabkan kejayaan wilayah perairan berakhir, seperti :

  1. Kerusakan lingkungan perairan yang semakin parah.
  2. Ekosistem laut yang rusak.
  3. Cuaca yang sulit untuk diperkirakan.
  4. Banyak transportasi yang lebih murah daripada kapal laut.
  5. Sarana dan prasarana untuk para nelayan yang tidak memadai.
  6. Kapal nelayan lokal kalah canggih dengan kapal nelayan asing yang memasuki perairan Indonesia.
  7. Upah yang didapat nelayan tidak sesuai dengan perjuangannya.
  8. Masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi ikan impor.

Sumber daya perikanan Indonesia, sebenarnya mampu menyumbang untuk  kesejahteraan masyarakat Indonesia jika dikelola dengan baik.

Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti, adalah seseorang yang memedulikan wilayah perairan Indonesia secara tegas dan memiliki hasil nyata atas kinerjanya sebagi menteri. Di sisi lain, sumber daya perikanan Indonesia makin hari makin memprihatinkan.

Hasil laut sudah tidak dapat menunjang kehidupan para nelayan. Banyak nelayan Indonesia yang memilih untuk menjadi TKI di Korea Selatan dan menjadi seorang nelayan pula.

Para nelayan lebih mendapat hasil yang menjanjikan dan kesejahteraan mereka terpenuhi. Perlu aksi nyata dari masyarakat maupun pemerintah untuk mengembalikan kekuatan negara maritim Indonesia. Indonesia perlu bukti, bukan janji.

Pengertian dan Definisi Sumber Daya Perikanan | ilmuhewan | 4.5