Pengertian dan Definisi Pembuahan Eksternal Pada Hewan

By On Monday, May 15th, 2017 Categories : Info Lainnya, Pengertian

Pengertian dan Definisi Pembuahan Eksternal Pada Hewan – Kalian pasti tahu hewan melakukan pembuahan untuk berkembang biak.

Namun apakah kalian sudah tahu jika ada salah satu jenis pembuahan pada hewan yang disebut dengan pembuahan eksternal? Apa itu pembuahan eksternal? Jika kalian belum tahu, silahkan simak pada penjelasan berikut ini.

Sebelum kalian mengerti apa itu pembuahan eksternal, alangkah baiknya jika kalian mengerti apa itu pembuahan?

Menurut Wikipedia, pembuahan atau fertilisasi adalah peleburan dua gamet yang dapat berupa nukleus atau sel-sel bernukleus untuk membentuk sel tunggal (zigot) atau peleburan nuklues. Pada proses ini umunya menggabungkan antara sitoplasma dan penyatuan bahan nukleus.

Baca Juga : Cara Ternak dan Memelihara Kura-kura Air Tawar

Pembuahan pada hewan berdasarkan letaknya terdapat dua jenis yaitu pembuahan internal dan pembuahan eksternal. Pembuahan internal terjadi di dalam tubuh hewan sedangkan pembuahan eksternal terjadi di luar tubuh hewan.

Apa kalian sudah memiliki bayangan apa itu pembuahan eksternal? Untuk lebih paham, kalian bisa mengartikannya sebagai pertemuan antara ovum dan sperma terjadi diluar tubuh hewan.

Pengertian Pembuahan Eksternal

Pembuahan eksternal secara umum memiliki arti sebagai pembuahan yang dilakukan di luar tubuh hewan. Jadi pada pembuahan ini terjadi penggabungan antara sel telur atau ovum dan sperma terjadi di luar tubuh hewan dengan cara induk mengeluarkan terlebih dahulu ovumnya kemudian jantang akan mengeluarkan sperma pada ovum tersebut untuk proses pembuahan.

Proses pembuahan ini biasanya terjadi pada hewan yang berjenis akuatik dan amfibi. Contoh hewan akuatik yang mengalami pembuahan ini adalah ikan.

Saat ikan betina akan betelur, ikan betina akan mencari tempat yang rindang seperti di tanaman laut atau batu karang. Hal ini bertujuan agar telur memiliki tempat untuk melekat saat telur dibuahi oleh sperma yang di keluarkan ikan jantan setelah ikan betina selesai mengeluatkan semua ovumnya. Setelah itu ovum tersebut akan merekat pada tempatnya tadi dan setelah 24-40 jam akan menetas.

Contoh hewan amfibi yang mengalami pembuahan eksternal adalah katak. Pada konsep dasarnya, ikan dan katak memiliki proses pembuahan yang sama. Namun, yang membuat perbedaannya adalah saat proses perkawinan antara katak betina dan jantan.

Pada saat kawin, katak jantan akan naik di punggung katak betina, lalu saat katak betina sudah mengeluarkan seluruh ovumnya di air, katak jantan akan segera membuahi ovum tersebut. Sehingga ovum akan berkembang menjadi berudu hingga menjadi katak dewasa.

Selain dua contoh hewan diatas masih ada banyak lagi contoh hewan lain yang termasuk dalam pembuahan eksternal. Dan kedua jenis hewan ini pada saat dalam satu kali periode berkembang biak, maka akan selalu melakukan pembuahan telur dalam jumlah banyak yang berguna untuk mengatasi banyak gangguan hewan pemangsa sehingga dapat mempertahankan spesiesnya.

Baca Juga : Hewan yang Sunnah Untuk Dibunuh Menurut Al-Qur’an

Pengertian dan Definisi Pembuahan Eksternal Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5