Pengertian dan Definisi Organisme Volvox Glubator

By On Tuesday, May 23rd, 2017 Categories : Mikroorganisme

Pengertian dan Definisi Organisme Volvox Glubator – Sebelum membahas apa itu volvox, tentu kalian sudah tahu apa itu ganggang hijau bukan? Yap, ganggang hijau merupakan salah satu jenis tanaman air.

Lalu apa kalian tahu apa hubungan ganggang hijau dengan Volvox Glubator?

Jika kalian belum tahu, silahkan simak informasi berikut ini.

Baca Juga : Jenis Antibiotik untuk Ikan Louhan

Volvox Glubator atau yang sering disebut hanya dengan nama Volvox adalah salah satu jenis spesies dari ganggang hijau yang terbentuk dalam koloni.

Koloni Volvox memiliki bentuk yang menyerupai bentuk bola. Pada sel-sel vegetative bagian tepi berflagel dua. Koloni sel tersebut dihubungkan dalam satu sama lain melalui benang-benang sitoplasma. Lingkungan hidup Volvox berada di air tawar misalnya di sawah atau di kolam.

Volvox merupakan ganggang hijau yang memiliki karakteristik yang sangat baik untuk mempelajari proses perkembangan dasar dari organisme.

Dan selain itu, volvox juga termasuk dalam jenis yang paling maju dari chlorophytes yang hidup di koloni bola. Berikut penjelasan secara rinci klasifikasi dari volvox:

  • Kingdom : Plantae
  • Filum : Chlorophyta
  • Kelas : Chlorophyceae
  • Ordo : Volvocales
  • Famili : Volvocaceae
  • Genus : Volvox

Bapak mikrobiologi, Antonie Van Leeuwenhoek adalah orang yang melakukan klasifikasi volvox secara rinci bahkan mengamati karakteristiknya.

Dalam tiap koloni volvox mengandung 500-50.000 sel yang tertanam di permukaan bola berongga yang disebut coenobium.

Coenobium berisi matriks ekstraselular yang terbuat dari glikoprotein. Setiap koloni terdiri dari sejumlah sel flagellate dan setiap volvox kecil memilki dua flagella dengan cambuk yang menyerupai rambut.

Sambungan sitoplasma pada  volvox berfungsi untuk memmudahkan seluruh koloni untuk bergerak secara terorganisir. Setiap ganggang mendeteksi dan bergerak menuju cahaya dengan bantuan tempat mata kecil dan merah.

Pada musim panas, volvox sangat mudah dijumpai bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang hal ini karena air pada musim panas lebih jelas.

Jika kalian memasukkan sampah kolam ke dalam botol kaca transparent dan mengamatinya, kalian akan melihat sesuatu yang bergerak ke atas atau menuju ke arah cahaya. Itulah yang juga menjadi alasan kenapa sebagian besar dari volvox dapat ditemukan di dekat permukaan air atau di tepi badan air.

Baca Juga : Pengertian dan Penyebab Radang Ambing Pada Sapi

Loading...
Loading...
Pengertian dan Definisi Organisme Volvox Glubator | ilmuhewan | 4.5