Pengertian dan Definisi Organisme Autotrof

By On Tuesday, June 6th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Definisi Organisme Autotrof – Organisme adalah makhluk hidup yang terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan bersama.

Karena di bumi terdapat banyak makhluk hidup berdasarkan klasifikasinya, maka kali ini saya akan membahas tentang organisme yang diklasifikasikan berdasarkan cara memperoleh makanan yang terdiri dari organisme autotrof dan organisme heterotrof.

Organisme autotrof adalah jenis organisme yang dapat membuat makanannya sendiri atau dapat mengubah Bahan anorganik menjadi bahan organik menggunakan bantuan energi seperti energi alam dan kimia.

Organisme autotrof yang merupakan kebalikan dari organisme heterotrof ini telah di bedakan menjadi 2 tipe, yaitu :

Fotoautotrof

Merupakan jenis organisme autotrof yang dapat mengubah bahan anorganik menjadi organik dengan bantuan sumber energi cahaya, misalnya tumbuhan hijau, bakteri hijau dan bakteri ungu. Kegiatan fotosintesis pada bakteri tidak menghasilkan oksigen dan dilakukan secara anaerobik.

Kemoautotrof

Merupakan jenis organisme autotrof yang dapat menghasilkan makanan sendiri dengan sumber bahan organik menggunakan bantuan sumber energi hasil reaksi kimia, misalnya bakteri belerang, bakteri besi dan bakteri nitrogen.

Baca Artikel Terkait :

Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Negatif

Teknik Pemanfaatan Bakteri Bacillus

Pengertian dan Jenis Bakteri Gram Positif

Perbedaan Bakteri dan Virus

Mereka akan menggunakan energi kimia yang berasal dari oksidasi molekul organik untuk menyusun makanan mereka sendiri, molekul – molekul tersebut adalah senyawa nitrogen, besi dan belerang atau hasil dai oksidasi gas hidrogen dan mereka membutuhkan oksigen dalam proses ini.

Salah satu contoh dari organisme autotrof ini adalah tumbuhan hijau bukan?

Mereka akan menghasilkan makanan sendiri menggunakan sinar matahari dan yang dihasilkan adalah gula, baru kemudian gula – gua tersebutlah yang dijadikan makanan oleh para tumbuhan hijau ini.

Proses ini dikenal dengan sebutan fotosintesis yang terjadi dalam klorofil dan dapat di rumuskan secara sederhana, yaitu : 6 CO2 + 6 H2O ====> C6H12O6 + 6 o2 + Energi

Hasil fotosintesis yang dihasilkan tersebut, sebagian mereka jadikan sebagai bahan cadangan makanan dan mereka rubah menjadi pati atau tepung yang kemudi dimakan oleh makhluk hidup lain, manusia dan hewan.

Namun, tidak semua tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis ini guna memperoleh makanan, ada juga yang menguraikan organisme lain walaupun tumbuhan tersebut memiliki klorofil seperti kantong semar dan droserasp.

Ada 3 kelompok organisme autotrof, di antaranya tumbuhan, alga dan bakteri (hanya beberapa).  Ke tiga kelompok tersebut adalah organisme yang mampu mentranformasikan energi untuk kehidupan.

Walaupun mereka membuat makanan sendiri, bukan berarti makanan itu mereka makan sendiri, namun sebagian mereka makan dan lainnya mereka berikan ke makhluk hidup lainnya, apalagi hampir semua makhluk hidup makanannya tergantung oleh mereka.

Autotrof bisa membuat makanan sendiri, namun heterotrof tidak bisa yang mana itu berarti mereka membutuhkan bantuan organisme lain dan terbagi menjadi 2, yaitu konsumen dan dekomposer.

Berdasarkan makanannya, konsumen heterotrof di bagi menjadi 3, yaitu :

  1. Herbivora, merupakan hewan pemakan tumbuhan seperti sapi dan kerbau.
  2. Karnivora, merupakan hewan pemakan daging seperti singa dan harimau.
  3. Omnivora, merupakan hewan pemakan tumbuhan dan daging atau bisa disebut dengan pemakan segala seperti musang.

Jadi dapat disimpulkan bukan? Bahwa organisme autotrof memiliki peranan yang sangat penting dalam rantai makanan. Jika tidak ada organisme autotrof bagaimana mungkin makhluk hidup lainnya dapat hidup.

Misalkan saja jika sebuah tanaman tidak dapat membuat makanan sendiri, berarti tumbuhan tersebut tidak akan dapat hidupkan?

Jadi makhluk hidup lain yang memakan tumbuhan tidak akan memperoleh makanan sehingga mereka bisa saja mati,baik herbivora, karnivora maupun omnivora.

Loading...
Loading...
Pengertian dan Definisi Organisme Autotrof | ilmuhewan | 4.5