Pengertian dan Definisi Molekul

By On Wednesday, July 31st, 2019 Categories : Kimia

Pengertian dan Definisi Molekul – Satu buah atom memiliki bagian berupa elektron, partikel yang memiliki aliran negatif. Proton, partikel beraliran positif serta neutron, partikel yang bersifat netral. Di dalam sebuah ruang, tubuh, atau dimanapun, atom tak hanya berjumlah satu. Ada banyak atom lain.

Elektron serta proton dari atom kerap mengalami tarik- menarik untuk membentuk sebuah molekul atau senyawa baru melalui peristiwa ikatan kimia. Dua atau lebih atom yang terbentuk melalui ikatan kimia dinamakan molekul.

Menurut KBBI molekul didefinisikan sebagai bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia. Tentu pernyataan kimia ini berasal dari reaksi kimia, karena pada dasarnya pembentukan molekul terjadi secara natural dari proses tarik menarik proton dan elektron, bisa juga terjadi karena atom mendapatkan tambahan atau kehilangan elektron.

Konsep molekul dikenalkan pada tahun 1811 oleh Amadeo Avogadro seorang ilmuwan dari Italia. Konsep ini bisa diterima oleh ilmuwan lain pasa saat itu karena berdasarkan dari hukum Dalton mengenai atom.

Molekul dapat terbentuk dari hanya dua buah atom. Ketika dua buah atom atau lebih bergabung bersama, mereka akan mengalami tarikan yang menyebabkan molekul tersebut bergetar.

Hal ini terjadi karena proton dan nukleus dari salah satu atom saling menolak satu sama lain, namun elektron dalam atom akan menyatukan mereka. Molekul juga dapat terbentuk dari bermiliar atom kemudian membentuk zat atau senyawa.

Sama seperti atom, ukuran molekul tentu terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun penembangan metode untuk meneliti molekul dapat dilakukan melalui teknik miskroskop elektron, yaitu sebuah teknik yang bertujuan untuk mendapatkan gambar dengan resolusi tinggi dari sebuah objek biologi maupun non biologi. Dari teknik tersebut, didapatkan gambar sebuah molekul.

Sehingga dapat diketahui bahwa molekul terkecil yaitu hidrogen dengan jarak antar atom pembentuk hidrogen yaitu 0.15 nanometer.

Ilmuwan juga telah mengembangkan cara untuk mengetahui bagaimana bentuk sebuah molekul. Sebelum ditemukan gambar nyata dari sebuah molekul, beberapa ilmuwan menggunakan gambaran bentuk sebuah molekul dan membaginya ke dalam “bola dan stik” model, serta “atom yang menempati ruang” model.

Pada model bola dan stik, bola menggambarkan molekul dari beberapa atom yang berbeda, yang biasanya memiliki ukuran yang sama.

Sedangkan stik adalah ukuran jarak antar ikatan kimia satu atom dnegan yang lain. Sedangkan pada model atom yang menempati ruang, visualisasi atom hanya digambarkan melalui bola-bola yang menempel saling berdekatan antar satu dengan yang lain tanpa ada jarak yang dibentuk oleh ikatan kimia.

Loading...
Loading...
Pengertian dan Definisi Molekul | ilmuhewan | 4.5