Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Metamorfosis Sempurna

By On Wednesday, November 30th, 2016 Categories : Info Lainnya

Pengertian dan Definisi Metamorfosis Sempurna – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari pengertian dan definisi metamorfosis sempurna.

Namun selain mempelajari pengertian dan definisinya, kita juga akan mempelajari contoh dari metamorfosis sempurna. Mari tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian dan Definisi Metamorfosis Sempurna

kupu

Secara umum, metamorfosis sempurna didefinisikan sebagai proses biologis yang menandai terjadinya pertumbuhan pada hewan.

Dimana proses tersebut melibatkan perubahan organ atau perubahan penampilan secara fisik, setelah fase kelahiran ataupun fase penetasan.

Biasanya perubahan yang terlihat pada metamorfosis sempurna hewan dikarenakan oleh pertumbuhan sel-sel dan differensial sel, dengan cara yang dinamik atau radikal.

Secara kusus, metamorfosis sempurna didefinisikan sebagai proses suatu jenis perubahan yang dilakukan melalui 4 tahap pertumbuhan dan perubahan. Keempat tahap tersebut yaitu telur, larva, pupa, dan dewasa. Metamorfosis sempurna disebut juga dengan istilah holometabolisme atau holometabola.

Contoh Metamorfosis Sempurna

Berikut beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

  • Metamorfosis Sempurna Katak

Pada hewan katak, awal terjadinya proses metamorfosis sempurna terjadi dengan diawali dengan telur yang memakan waktu sekitar 10 hari.

Telur katak tersebut, kemudian akan bertransformasi menjadi berudu. Berudu tersebut memiliki bentuk seperti ikan kecil, berwarna hitam, dan memiliki struktur tubuh yang belum sempurna.

Akan tetapi, hanya dalam waktu 2 hari saja berudu sudah memiliki insang yang digunakan untuk bernafas di dalam air.

Setelah 3 minggu, ingsang tersebut secara perlahan-lahan akan menghilang karena tertutup oleh kulit yang tumbuh. Setelah 8 minggu kaki belakang berudu mulai tumbuh dan membesar, kemudian akan dilanjutkan dengan tumbuhnya kaki depan.

Kira-kira setelah 12 minggu, berudu akan memiliki ekor yang terlihat pendek. Kemudian berudu juga akan berusaha untuk bernafas menggunakan paru-paru dan secara perlahan akan berubah menjadi katak dewasa dengan struktur badan sempurna.

  • Metamorfosis Sempurna Kupu-Kupu

Pada hewan kupu-kupu, sebelum menjadi serangga cantik dan mempesona. Kupu-kupu harus mengalami serangkaian fase perubahan yang diawali dengan telur, kemudian menetas dan berubah menjadi larva.

Umumnya ketika berubah menjadi lava akan mengalami 4 transformasi warna yang di awali dengan hitam bercampur kuning, kuning bercampur putih, kemudian menjadi telur berwarna biru pekat, dan terakhir berubah warna menjadi hitam atau terkadang ada juga yang berwarna kuning.

Perubahan warna telur tersebut, dikenal atau dinamakan dengan istilah molting (Perubahan yang mencakup warna dan bentuk fisiknya).

Metamorfosis sempurna kupu-kupu kemudian berlanjut dan mengalami perubahan pada warna, bentuk fisik, dan ukuran.

Seiring perubahan yang dialami oleh lava tersebut, akan semakin membesar dan terus tumbuh berkembang menjadi instar sebelum menjadi apa yang disebut dengan pupa.

Setelah menjadi pupa, terjadilah proses pembentukan dan penyusunan susunan kerangka hewan. Setelah menunggu beberapa saat, maka pupa akan berubah menjadi kupu-kupu yang cantik dan mempesona.

Baca Juga : Fakta Unik yang Harus Anda Ketahui Tentang Kuning Telur

Loading...
Pengertian dan Definisi Metamorfosis Sempurna | ilmuhewan | 4.5