Pengertian dan Definisi Kambing Gibas

By On Saturday, February 18th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Definisi Kambing Gibas – Kambing adalah salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak dipelihara oleh umat manusia.

Bahkan, sejak sekitar jaman Romawi kuno pada tahun 7 ribu dan 9 ribu sebelum masehi, hewan ternak seperti kambing dan domba sudah lumrah menjadi hewan yang dipelihara dan diternakkan oleh kaum bangsawan dan masyarakat umum.

Beternak kambing atau membudidayakan kambing memang dianggap sebagai langkah yang tepat untuk memperoleh hasil.

Baca Juga : Cara Mengobati dan Menangani Penyakit Kudis Pada Kambing dan Domba

Jika dibandingkan sapi atau kerbau yang berukuran tubuh lebih besar, memelihara dan ternak kambing akan jauh lebih mudah. Terutama bagi masyarakat atau pemilik ternak yang tidak memiliki tempat kandang yang besar.

Kambing atau domba seringkali diambil manfaatnya berupa daging, bulu, kulit dan susu yang dihasilkan. Susu kambing konon dijadikan penambah tingkat kesehatan bagi masyarakat secara luas di seluruh dunia.

Manfaat memelihara kambing

Memelihara dan ternak kambing memberikan banyak manfaat bagi manusia. Selain diambil manfaat berupa daging, kambing kini diternakkan untuk diambil susunya.

Kadar protein, mineral dan vitamin yang terdapat pada susu kambing tidak kalah lengkap dari susu yang dihasilkan oleh ternak sapi perah.

Bahkan, susu kambing yang sudah dimasak boleh dikonsumsi secara rutin yang manfaatnya mirip seperti Air Susu Ibu. Jadi, bisa disimpulkan bahwa susu kambing manfaat dan kualitasnya jauh lebih bagus ketimbang susu sapi perah.

Pengertian dan Definisi  Kambing Gibas

Ada berbagai jenis dan spesies kambing yang ada di seluruh dunia. Salah satu yang populer adalah kambing gibas. Tidak sedikit orang yang masih bingung dan penasaran. Sebenarnya apa perbedaan antara kambing gibas dengan domba atau kambing biasa.

Ciri ciri kambing gibas

Untuk membedakan jenis kambing gibas dengan domba, coba perhatikan ciri ciri kambing berikut:

  • Kambing memiliki bulu yang tebal
  • Lebih suka menyendiri atau menjauhi kawanannya
  • Ekor mengarah ke atas
  • Memilih hijauan berupa daun daun sebagai makanan
  • Memiliki tanduk
  • Pada kambing gibas pejantan, terdapat aroma bau prengus yang khas

Sementara itu, ciri ciri yang terdapat pada domba di antaranya:

  • Domba umumnya senang berkelompok atau berkoloni
  • Berbulu ikal yang rapi
  • Ekor menjuntai ke bawah
  • Senang makan rerumputan

Melihat beberapa fakta dan perbedaan di atas, para peternak mungkin sekilas bisa melihat ciri ciri dan mencocokkannya. Kambing gibas yang memiliki bulu tebal, sangat sesuai dengan ciri ciri yang termasuk dalam kategori domba.

Kambing gibas atau domba memberikan banyak manfaat bagi manusia. Dalam hal ini, kambing dan domba bisa dibagi menjadi 3 kategori, di antaranya:

Jenis kambing potong atau domba potong

Kambing potong atau domba potong memang sengaja diternakkan agar bisa diambil manfaat berupa daging. Peternak akan mencoba untuk menggemukkan kambing potong agar ketika masa jual tiba, bobot tubuh kambing yang akan dijual bisa memenuhi sasaran yang diinginkan.

Jenis kambing perah atau domba perah

Kambing atau domba perah adalah jenis kambing yang sengaja dipelihara untuk diambil manfaatnya berupa susu. Salah satu jenis kambing perah adalah kambing Saanen, yang populer di kalangan petani Swiss. Kambing Saanen dapat menghasilkan susu hingga 5 sampai 7 liter setiap hari.

Jenis kambing multi guna

Kambing multi guna bisa dimanfaatkan untuk aneka guna. Baik diambil dagingnya, susunya, kulit dan sebagainya. Contohnya adalah kambing peranakan etawa yang berasal dari perkawinan silang kambing etawa India dengan kambing lokal Indonesia.

Baca Juga : Cara Mengetahui Pubertas Pada Ternak Kambing Dan Domba Betina

Loading...
Loading...
Pengertian dan Definisi Kambing Gibas | ilmuhewan | 4.5