Pengertian dan Definisi Hewan Spons

By On Monday, May 22nd, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Definisi Hewan Spons – Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata Spons? Pasti kalian langsung menuju ke salah satu nama kartun yaitu Spongebob Square Pants.

Ya memang benar hewan ini memiliki celah seperti spongebob dan menjadi inspirasi dalam pembuatan karakses spongebob.

Hewan spons disebut juga dengan Porifera yang memiliki arti kata porus (lubang) dan fera (mengandung). Secara bahasa poriferan adalah hewan yang berlubang.

Jadi arti keseluruhannya adalah hewan yang mengandung pori-pori atau memiliki banyak lubang sehinngga air dapat melewatinya. Jadi tidak salah kan karakter spongebob memiliki banyak lubang?

Hewan spons merupakan hewan multiseluler purba yakni hewan yang memiliki struktur paling sederhana dari pada filum-filum hewan multiseluler lainnya.

Yakni memili sel yang tak terspesialis atau tidak memiliki tugas khusus dan dapat berubah menjadi tipe sel yang lain serta dapat berpindah antara lapisan sel utama dan mesohil.

Spons beradaptasi dengan bentuk tubuh yang mereka miliki yang memungkinkan air masuk lewat pori-pori dan zat makanan mengendap kemudian limbah makanan akan terangkut keluar dengan  oleh air.

Semua spons adalah makhluk air yang tidak dapat berpindah tempat atau sasil yang tinggal di zona pasang surut hingga kedalaman 8000 m air laut dan ada juga yang tinggal di air tawar seperti spongilia lacustris.

Spons tidak memiliki system saraf, pencernaan maupun peredaran darah. Sehingga untuk mendapatkan nutrisi makanan, spons hanya mengandalkan air yang mengalir melewati tubuhnya dan melalui pori-pori tubuhnya untuk menyerap makanan dan membuang limbah makanan. Makanan yang dimakan oleh sebagian besar spons adalah bakteri yang masuk bersama air.

Hewan spons bereproduksi dengan cara seksual atau eseksual. Produksi sesksual terjadi saat spons mengeluarkan sperma di air dan sperma akan terbawa air dan bertemu dengan sel telur yang ada dilepaskan diair dan ada juga yang tetap di tubuh induk betina. Setelah itu, telur berenang mencari tempat menempel dan tumbuh sebagai individu baru.

Hewan spons dapat beregenerasi dari bagian yang terpotong apabila bagian tersebut memiliki sel yang tepat. Untuk kembang biak secara eseksual dilakukan dengan cara tunas, gemula dan fragmentasi.

Pengertian dan Definisi Hewan Spons | ilmuhewan | 4.5