Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan Definisi Hewan Nokturnal

By On Monday, January 9th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Definisi Hewan Nokturnal – Pernahkah anda mendengar istilah hewan Nokturnal? Hewan Nokturnal atau hewan giat malam adalah jenis-jenis hewan yang sebagian besar melakukan aktivitasnya pada malam hari, sedangkan pada malam hari hewan-hewan yang tergolong dalah jenis hewan Nokturnal tidak melakukan aktivitas apa apa atau tidur.

Jika manusia biasanya melakukan aktivitasnya di pagi hari hingga sore hari dan akan tidur pada malam hari atau yang disebut dengan diurnal, maka hal tersebut bertolak belakang dengan hewan Nokturnal.

Perlu diketahui bahwa hewan berdasarkan pengelompokan waktu aktivitasnya terbagi menjadi hewan nokturnal, hewan diurnal dan hewan krespuskular.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Jembrana Pada Sapi Bali

Tujuan dari perilaku nokturnal yang dilakukan oleh hewan yang tergolong dalam hewan nokturnal adalah untuk beradaptasi menghindari dan meningkatkan proses mangsa memangsa atau disebut dengan predasi.

Setidaknya ada dua hal yang menyebabkan mengapa hewan Nokturnal memiliki perilaku Nokturnal. Penyebab yang pertama adalah karena hewan nokturnal tersebut hidup di daerah panas yang ekstream atau daerah padang pasir.

Penyebab yang kedua adalah karena faktor keamanan dari hewan Nokturnal itu sendiri. Hewan Nokturnal kemungkinan tidak dapat menyesuaikan diri di daerah panas yang ekstream atau padang pasir sehingga untuk itu hewan nokturnal memilih untuk tidur di siang hari dan melakukan aktivitas di malam hari ketika sudah tidak panas lagi.

Hewan Nokturnal berperilaku nokturnal karena untuk melindungi diri dari mangsanya yang tergolong dalam hewan diurnal atau yang beraktivitas di siang hari dan tidur di malam hari tetapi tidak menjamin hewan nokturnal terbebas dari musuhnya oleh karena itu hewan nokturnal harus tetap waspada.

Di kebun binatang, sering sekali hewan nokturnal kita jumpai di tempat yang sengaja dibuat gelap oleh pengelola kebun binatang, aktivitas hewan noktula dapat terlihat oleh pengunjung kebun binatang walau keadaan diluar kandang hewan tersebut adalah siang hari.

Apa yang membedakan hewan Nokturnal dengan hewan-hewan lainnya? Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan Nokturnal :

  1. Kemampuan pendengaran dan penciumannya tajam

Telinga dari hewan Nokturnal sangat sensitif yang berfungsi untuk melindungi diri dari predator. Kemampuan pendengaran yang lebih sensitif ini juga dapat membantu hewan Nokturnal untuk memburu mangsanya di malam hari.

Selain kemampuan pendengarannya yang sensitif dan tajam, kemampuan penciuman hewan Nokturnal juga tajam. Penciuman yang tajam memudahkan hewan Nokturnal untuk mencari dan menemukan keberadaan mangsanya.

  1. Kemampuan penglihatan yang tajam pada keadaan pencahayaan yang kurang.

Hewan Nokturnal memiliki ukuran mata yang lebih besar dari hewan lainnya yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya pada malam hari dengan cara yang lebih efektif.

Kelebihan inilah dimanfaatkan untuk dapat bertahan hidup dan memburu hewan mangsanya untuk dimakan. Namun berdasarkan fakta, tidak semua hewan nokturnal memiliki kemampuan penglihatan yang tajam.

  1. Kemampuan pengecapan yang kuat

Hewan Nokturnal juga memilik ciri-ciri bahwa indera pengecapannya yang kuat. Dengan pengecapan yang kuat, hewan Nokturnal akan dimudahkan untuk memburu mangsanya.

Ada beberapa contoh hewan yang tergolong ke dalam hewan Nokturnal yaitu sebagai berikut ini:

  1. Kelelawar
  2. Burung Hantu
  3. Tarsius
  4. Bangkong Serasah
  5. Gelago
  6. Lemur
  7. Kuskus
  8. Musang
  9. Kiwi
  10. Kukang
  11. Serigala
  12. Kucing
  13. Sigung
  14. Tupai
  15. Jaguar
  16. Luwak
  17. Kunang-Kunang
  18. Rakun
  19. Tarantula
  20. Tikus
  21. Kalajengking
  22. Landak
  23. Ular Phyton
  24. Wombat
  25. Aye-Aye
  26. Koala
  27. Kecoa
  28. Jangkrik
  29. Kangguru
  30. Trenggiling

Itulah ulasan singkat mengenai hewan Nokturnal, semoga informasi diatas dapat bermanfaat ya.

Baca Juga : Beberapa Ciri dan Cara Mengatasi Kambing Yang Keracunan  

Loading...
Pengertian dan Definisi Hewan Nokturnal | ilmuhewan | 4.5