Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan definisi Hair balls pada sapi

By On Sunday, April 30th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan definisi Hair balls pada sapi – Untuk dapat menghasilkan daging yang berkualitas baik dan susu yang berkualitas baik tentunya sapi harus memiliki kondisi kesehatan yang baik.

Sapi sangat rentan terhadap penyakit apabila peternak tidak memperlakukan sapi ternak sebagaimana mestinya misalnya menjaga kebersihan lingkungan, menjaga asupan nutrisi dan pakan sapi, dan lain sebagainya.

Sapi yang tidak dalam kondisi baik biasanya menunjukan gejala seperti tidak berproduksi dengan baik, selera makan menurun, sapi terlihat tidak aktif, badannya semakin kurus, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Penyebab Bobot Sapi Menurun atau Merosot

Ada beberapa penyakit yang dapat menyerang sapi diantaranya adalah sapi gila, brucellosis, IBR, TBC dan lain sebagainya.

Selain itu, ada hal yang hal yang dapat menyebabkan kesehatan sapi terganggu sehingga nafsu makannya menurun yaitu adalah hair ball. Pernahkah anda mendengar mengenai Hair Balls pada sapi?

Hairballs tidak hanya dikenal pada kucing namun dapat terjadi juga pada sapi. Secara umum hair balls itu berarti bola ramput atau gumpalan rambut yang membentuk seperti bola.

Jadi, hairballs ini dapat berbahaya bagi kesehatan sapi bahkan dapat berujung kepada kematian karena hairballs yang berada dalam tubuh sapi dapat menganggu pencernaan sapi.

Hairballs pada tubuh sapi pada awal mulanya berasal dari kebiasaan sapi yang menjilati tubuh sapi lainnya sehingga bulu-bulu dari sapi lain itu menempel di lidah sapi tersebut dan tertelan. Hairballs yang tertelan itu akan nyangkut di dalam pencernaan sapi dan tentunya akan menggangu pencernaan sapi.

Hairball tersebut tidak tercerna oleh tubuh sapid an tidak menyatu dengan pakan-pakan rumput atau serat lainnya yang dikonsumsi oleh sapid an apabila sapi selalu melakukan kebiasaan menjilati tubuh sapi lainnya ini, bulu-bulu tersebut akan semakin menggumpal dan semakin banyak dan tentunya akan berbahaya bagi kesehatan sapi.

Kebiasaan sapi yang menjilati tubuh sapi lainnya ini bukanlah tanpa sebab.

Yang menyebabkan sapi melakukan hal seperti ini adalah pakan hijauan dan konsentrat yang diberikan oleh peternak tidak dapat mencukupi kebutuhan kandungan mineral karena mungkin pakan yang diberikan memiliki kandungan mineral di bawah ambang basal kebutuhan, oleh karena itu secara natural sapi akan mencari sumber mineral sendiri untuk mencukupi kebutuhan metabolisme dimana salah satu cara yang dilakukan spai untuk mendapat sumber mineral lainnya adalah dengan cara menjilati tubuh sapi lainnya yang dapat mengakibatkan tertelannya bulu-bulu rambut sapi lainnya.

Ada beberapa akibat apabila hairball terus menggumpal di dalam tubuh sapi pencernaan sapi akan terganggu karena hairball yang semakin menggumpal akan menyumbat proses pencernaan sapi dan hairballs akan menyumbat pakan yang berada di rumen sapi tidak heran jika sapi banyak makan namun badan sapi semakin mengurus.

Namun, anda sebagai peternak tidak perlu kawatir karena ada cara ampuh agar mencegah sapi tertelan hairballs yaitu dengan pemberian Permen Sapi BMP.

Permen Sapi BMP dapat memicu sapi untuk tidak menjilat-jilat tubuh sapi lainnya karena mengandung mineral mikro dan makro dilengkapi dengan protein  dan energy jadi sapi tidak perlu lagi mencari sumber mineral dengan cara menjilat tubuh sapi lainnya.

Cara pemberiannya adalah permen Sapi BMP digantungkan di depan kandang  maka dengan sendirinya nanti sapi akan menjilati permen-permen tersebut.

Selain itu, anda sebagai peternak juga harus memastikan apakah nutrisi dan mineral yang diberikan kepada sapi sudah cukup apa belum, agar sapi tidak mengulangi kebiasaan menjilat tubuh sapi lainnya untuk memenuhi kebutuhan mineral sapi tersebut yang tidak terpenuhi dari pemberian pakan yang kurang mineral.

Baca Juga : Pegertian dan definisi Sapi Freemartin

Loading...
Pengertian dan definisi Hair balls pada sapi | ilmuhewan | 4.5