Pengertian dan Definisi Abdomen Pada Hewan

By On Monday, May 22nd, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Definisi Abdomen Pada Hewan – Setiap dari makhluk hidup memiliki bagian-bagian tubuh dengan berbagai macam fungsi. Termasuk manusia dan hewan, yang sama-sama memilki abdomen.

Apakah kalian tahu apa itu abdomen? Dan dimanakah letak abdomen?

Ya kata abdomen pasti tidaklah terdengar familiar bagi sebagian orang atau banyak orang yang belum mengerti pasti apa itu abdomen.

Nah, kali ini kita akan membahas abdomen pada hewan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Kura-kura yang Terserang Penyakit Jamur

Abdomen memiliki arti sebagai rongga perut. Abdomen adalah bagian tubuh yang berada diantara thorax atau dada dan pelvis. Lebih tepatnya abdomen terletas pada posterior toraks.

Semua hewan yang sudah berevolusi setelah jenis Annelida dan Arthropoda. Berdasarkan letaknya, abdomen dikenal dengan istilah opisthosoma berarti posterior.

Bagian-bagian abdomen terdiri dari 11 segmen namun salah satu segmen akan hilang saat hewan hewan tumbuh dewasa. Abdomen pada hewan memiliki struktur yang berbeda-beda.

Contohnya saja pada udang, abdomen terletak di bagian tubuh belakang dan terdapat kaki renang atau pleopod. Pada serangga di dalam abdomen terdapat susunan organ-organ penting bagi tubuh serangga seperti lambung, organ ekskresi, jaringan syaraf ventral, jantung, ocary dan anus.

Dan beberapa jenis serangga, memiliki penyengat dengan duri pada abdomen yang berguna untuk alat memperahankan diri dari musuh atau hewan pemangsa.

Serangga tidak memiliki alat pelengkap penggerak di perut, tetapi arthropoda lainnya seperti krustasea memiliki kaki di perut. Serangga memili perut yang khas dan sebagian besar membawa organ reproduksi dan pencernaan.

Selain itu, modifikasi dari segmen-segmen yang pertama maupun kedua sebagai reproduksi dan tangkai daun semut adalah spesialisasi yang besar dalam perut.

Dalam kehidupan serangga, semua tentang reproduksi dan organ-organ yang mendukung reproduksi tersebut terletak pada abdomen karena abdomen pada serangga ini berfungsi untuk melindungi organ-organ penting tersebut.

Sebagian besar hewan arthropoda memili abdomen yang bersifat fleksibel dan lembut. Seperti contohnya abdomen pada lebah yang juga memili sengat pada ujung belakang abdomennya yang berguna untuk melindungi diri dari musuh.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Kura-kura Air Tawar

Loading...
Loading...
Pengertian dan Definisi Abdomen Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5