Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme

By On Monday, April 10th, 2017 Categories : Pengertian

Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme – Hai sobat ketemu lagi dengan saya. Kali ini kita akan membahas tentang simbiosis parasitisme.

Sobat pasti sudah sering mendengar kan tentang simbiosis ini. Berikut ini akan saya ulas mulai dari pengertian hingga contoh konkritnya. Simak baik-baik yah sobat.

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang satu diuntungkan dengan kehadiran makhluk lainnya tersebut, namun yang satu justru malah dirugikan dengan kehadiran makhluk hidup satunya tadi.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Nematoda

Dengan kata lain hubungan ini tidak seimbang karena salah satu merasa dirugikan.

Hubungan ini terjadi pada semua jenis makhluk hidup mulai dari manusia, hewan, maupun tumbuhan. Ada beberapa contoh konkrit simbiosis ini yakni:

Hubungan antara Manusia dengan Cacing Pita

Hubungan manusia dan cacing pita adalah salah satu contoh simbiosis parasitisme. Mengapa?

Hal ini dikarenakan cacing pita yang ada pada tubuh manusia yakni di dalam usus manusia memperoleh manfaat dengan memakan sari makanan dalam usus manusia tersebut.

Cacing tersebut terus hidup dan beregenerasi karena semua sumber kebutuhan terpenuhi di dalam tubuh manusia. Namun hal ini berlaku sebaliknya.

Bagi manusia, cacing pita tersebut tidak berguna melainkan malah justru merugikan bagi manusia yakni penyerapan nutrisi manusia jadi terganggu dan banyak diserap oleh cacing pita tersebut.

Hubungan antara Benalu dan Inangnya

Contoh yang kedua adalah benalu yang menempel pada inangnya. Benalu adalah parasit pada tumbuhan yang mendapatkan makanan pada tumbuhan yang dijangkitinya.

Tumbuhan utama ini disebut dengan inangnya. Sehingga benalu selalu mengambil mineral-mineral yang berasal dari inannya tersebut untuk hidup, sedangkan inangnya tidak mendapatkan manfaat apa-apa kecuali kerugian yang di dapat karena dihinggapi oleh benalu tersebut.

Hubungan antara Kutu dan Hewan yang Dihinggapi

Kutu adalah hewan yang berukuran kecil yang ada pada kepala hewan ataupun manusia. Bagi kutu sendiri, tinggal dikepala hewan atau manusia tersebut dia mendapatkan makanan dengan menghisap darah yang ada di kepala.

Namun hal ini berlaku kebalikan, bagi hewan dan manusia mendapatkan kerugian yakni kulit kepala justru malah terasa gatal dan sangat tidak nyaman.

Hubungan antara Petani dan Tikus

Siapa yang tidak mengenal hewan lincah yang satu ini? Ya tikus sawah adalah contoh berikutnya simbiosis parasistisme. Tikus sawah sangat senang menyerang sawah para petani dikarenakan mereka memakan makanan pada sawah tersebut.

Akibatnya, hasil panen petani jadi berkurang akibat dimakan oleh tikus-tikus tadi. Sehingga petani dirugikan dan tikusnya diuntungkan.

Hubungan Jamur Panu dan Manusia

Jamur panu yang kadang hinggap pada manusia merupakan contoh simbiosis parasitisme berikutnya. Jamur ini hidup menempel pada kulit manusia dan mendapatkan nutrisi serta tempat tinggal dari manusia yang dihinggapinya.

Namun hal ini justru berlaku sebaliknya bagi manusia yakni manusia meresa gatal-gatal dan tidak nyaman dengan kehadiran jamur tersebut. Sehingga manusia merasa dirugikan dengan adanya jamur tersebut.

Hubungan Tali Putri dan Inangnya

Hubungan simbiosis parasitisme yang terakhir adalah tali putri dengan inangnya. Hampir mirip dengan benalu tadi, namun tali putri ini lebih merugikan lagi.

Karena tanaman tali putri ini menyerap 100% dari inang yang dihinggapinya. Bahkan tanaman yang dihinggapi oleh tali putri tersebut bisa lebih cepat mati karena dihinggapi dengan tali putri.

Nah bagaimana sobat? Sudah jelaskah penjelasan saya tadi mengenai simbiosis parasitisme? Mudah-mudahan bermanfaat yah sobat. Dan sampai ketemu di ulasan-ulasan menarik lainnya. Terima kasih.^^

Salam.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi, dan Struktur Sitoskeleton

Loading...
Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme | ilmuhewan | 4.5