Pengertian Dan Contoh Rantai Makanan Pada Ekosistem Sawah

By On Sunday, January 7th, 2018 Categories : Pakan Hewan

Pengertian Dan Contoh Rantai Makanan Pada Ekosistem Sawah – Selamat siang readers, apa kabarnya nih? Semoga baik- baik saja yha! Mengenai rantai makanan tentunya menarik untuk dibahas yha.

Tapi readers tahu nggak dengan apa yang dimaksud dengan rantai makanan?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini.

Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan rantai makanan pada ekosistem sawah?

Yang dimaksud dengan rantai makanan yaitu suatu kejadian atau peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup dengan urutan-urutan tertentu.

Baca Juga : Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas

Dalam ranai makanan terdapat makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan sebagai dekomposer (pengurai). Dalam rangkai makanan, ada tingkatannya, yang biasa disebut dengan tingkat trofik.

Rantai makanan terjadi di berbagai ekosistem, salah satunya adalah ekosistem sawah. Ekosistem sawah adalah ekosistem buatan yang diperuntukkan sebagai lahan budidaya tanaman padi.

Pada ekosistem sawah, keanekaragamannya termasuk kategori rendah. Tumbuh- tumbuhan yang hidup pada ekosistem sawah ini didominasi oleh padi, sehingga organisme di tingkat trofik selanjutnya juga termasuk organisme pemakan padi.

Contoh rantai makanan pada ekosistem sawah

  • Energi matahari – Padi – Burung pemakan biji – Ular sawah – Elang – Pengurai

Penjelasan dari contoh rantai makanan pada ekosistem sawah yaitu: awalnya energi matahari diserap oleh tanaman sebagai pembantu dalam proses pertumbuhannya, selanjutnya padi akan menghasilkan biji untuk bisa dipanen, sebagian biji tanaman padi tersebut dimakan oleh burung emprit atau burung pemakan biji lainnya, burung-burung ini terutama anak- ananya yang baru menetas biasanya sebagian akan dimangsa oleh ular sawah, kemudian ular sawah ini akan dimangsa oleh elang yang merupakan organisme tingkat trofik tertinggi, dan kemudian elang akan mati dan membusuk karena adanya detritivor.

  • Energi matahari – Rumpu – Serangga – Tikus – Ular sawah – Pengurai

Awalnya energi matahari akan diserap oleh rumput- rumput yang tumbuh liar di sekitar galengan atau tanggul sawah, selanjutnya daun- daun rerumputan tersebut terutama yang masih muda akan dimakan oleh serangga, kemudian serangga- serangga akan dimakan oleh tikus, tikus- tikus pada tahap berikutnya akan dimakan oleh ular sawah yang merupakan organisme tingkat trofik tertinggi, dan yang terakhir ular sawah akan mati dan membusuk karena adanya detritivor.

  • Energi matahari – Padi – Tikus – Elang – Pengurai

Awalnya energi matahari akan diserap oleh tanaman padi, tanaman pada selanjutnya akan dimakan oleh tikus, kemudian tikus akan dimakan oleh elang yang merupakan organisme tingkat trofik tertinggi, dan yang terakhir elang akan mati dan dibusukkan oleh organisme pengurai.

  • Energi matahari – Padi – Serangga – Katak – Ular sawah – Elang – Pengurai

Seperti sebelumnya, awalnya sinar matahari akan diserap oleh tanaman padi, selanjutnya tanaman padi dimakan oleh serangga, serangga akan dimakan oleh katak, kemudian katak akan dimakan oleh ular sawah, ular sawah akan dimakan oleh elang yang merupakan organisme tingkat trofik tnggi, dan pada akhirnya elang akan mati membusuk dan diuraikan oleh detritivator.

  • Energi matahari – Padi – Keong mas – Katak – Ikan – Ular sawah – Pengurai

Rantai makanan ini biasanya terjadi saat musim tanam. Awalnya energi matahari diserao oleh padi, tanaman padi yang baru ditanam menjadi makanan keong mas, keong mas bertelur, telurnya ini dimakan oleh katak, katak yang bermain di sekitar sungai adalah mangsa bagi ikan, kemudian ikan dimakan oleh ular sawah yang merupakan organisme tingkat trofik tertinggi,  ular sawah pada akhirnya akan mati membusuk dan diuraikan oleh detritivator.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai rantai makanan pada ekosistem sawah . Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Fakta unik ikan bilis atau ikan teri

Loading...
Loading...
Pengertian Dan Contoh Rantai Makanan Pada Ekosistem Sawah | ilmuhewan | 4.5