Pengertian dan Contoh Hewan Ovipar

By On Tuesday, December 27th, 2016 Categories : Info Lainnya

Pengertian Hewan Ovipar

Hewan ovipar adalah hewan yang melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan biasanya telurnya akan dierami hingga menetas.

Menurut kamus besar bahaa Indonesia (KBBI), ovipar merupakan salah satu cara reproduksi pada hewan yang menghasilkan telur dan ditetaskan diluar badan iduknya.

Contoh hewan ovipar antara lain ayam, burung puyuh, angsa, dan beberapa serangga.

Ciri-Ciri Hewan Ovipar

Hewan yang termasuk dalam ovipar memiliki ciri-ciri yang sangat mudah kita ketahui, adapun ciri-ciri hewan ovipar adalah sebagai berikut;

  • Tidak memiliki daun telinga
  • Tidak memiliki kelenjar susu
  • Tidak menyusui anaknya
  • Sebagian besar hewan ovipar mengerami telurnya hingga menetas, seperti ayam dan burung.
  • Beberapa hewan ovipar tidak mengerami telurnya, seperti jenis-jenis ikan dan katak.

Contoh-Contoh Hewan Ovipar

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur atau termasuk dalam ovipar banyak macamnya yaitu semua bangsa unggas, semua bangsa burung, sebagian besar bangsa reptile, sebagian bangsa serangga, sebagian besar bangsa amfibi, dan beberapa bangsa ikan. Berikut beberapa contoh hewan yang termasuk ovipar antara lain;

1). Contoh Hewan Ovipar dari Bangsa Burung

  • Ayam; Ayam adalah salah satu jenis unggas yang paling banyak dipelihara oleh manusia, untuk dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan keperluan hidup sehari-hari. Umumnya, ayam bertelur dan mengerami telurnya selama sekitar 21 hari. Antara jenis ayam satu dengan lainnya ketika bertelur akan menghasilkan jumlah telur yang berbeda-beda. Adapun berbagai jenis ayam antara lain ayam kampung, ayam daging, ayam petelur, ayam hutan, ayam kalkun, ayam puyuh, ayam kate, dan ayam Bangkok.
  • Angsa; Angsa merupakan burung air yang memiliki ukuran badan besar dan leher yang panjang dari keluarga genus Cygnus famili anatidae. Selain angsa berleher panjang, bebek dan angsa berleher pendek juga termasuk dalam keluarga anatidae.
  • Bebek; Bebek atau itik merupakan nama umum yang digunakan untuk beberapa burung dalam keluarga anatidae. Umumnya, bebek memiliki badan yang lebih kecil dari pada angsa.

2). Contoh Hewan Ovipar dari Bangsa Reptile

Reptile atau hewan melata adalah salah satu kelompok hewan vertebrata yang memiliki darah dingin dan memiliki sisik yang menutupi seluruh tubuhnya.

Selain dikenal sebagai hewan melata, reptile juga dikenal dengan hewan dengan empat tungkai (tetrapoda) dan menelurkan telurnya yang diselubungi oleh membrane amniotik.

Sebagian besar reptile termasuk dalam hewan yang bertelur (ovipar), namun ada juga beberapa reptile yang tidak menelurkan telurnya. Contoh reptile yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah cicak, tokek, dan biawak.

3). Contoh Hewan Ovipar dari Bangsa Serangga

Serangga adalah salah satu kelompok hewan avertebrata yang tubuhnya terbagi menjadi tiga bagian yaitu kepala, thorax, dan abdomen.

Selain itu, serangga juga termasuk dalam salah satu hewan yang paling beragam mencakup sekitar satu juta jenis. Contoh serangga yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah jangkrik, kupu-kupu, semut, dan belalang.

4). Contoh Hewan Ovipar dari Bangsa Ikan

Seperti reptile, ikan adalah salah satu hewan yang termasuk dalam keluarga vertebrata poikilotermik atau hewan berdarah dingin yang hidup di dalam air dan bernafas menggunakan insang. Contoh ikan yang berkebangbiak dengan cara bertelur adalah mujair dan guramen.

5). Contoh Hewan Ovipar dari Bangsa Amfibi

Amfibi atau amphibian adalah hewan vertebrata yang mampu hidup di dua habitat, yaitu habitat diair dan didarat. Contoh amfibi yang berkembangbiak dengan cara bertelur adalah katak.

Baca Juga : Hal Yang Harus Kita Tahu Tentang Hewan Ovivar, Vivivar dan Ovovivipar

Loading...
Loading...
Pengertian dan Contoh Hewan Ovipar | ilmuhewan | 4.5