Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

By On Monday, November 13th, 2017 Categories : Info Lainnya

Pengertian dan Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna – Perubahan atau pertumbuhan pada hewan disebut dengan metamorfosis.

Menurut ilmu biologi, metamorfosis adalah proses tumbuh kembang hewan, dimulai dari fase awal berupa telur hingga dewasa. Perubahan dari metamorfosis meliputi morfologi, fisiologi, dan anatomi.

Proses inilah yang menyembabkan hewan atau serangga yang kita temui berbeda-beda, meskipun dari jenis yang sama. Contohnya adalah katak, kupu-kupu, capung, dan lainnya. Proses ini merupakan siklus alami dari pertumbuhan hewan.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Metamorfosis Sempurna

Berdasarkan siklusnya, metamorfosis dibagi menjadi 2 macam, yaitu:

  1. Metamorfosis sempurna (Holomerabola)

Perubahan yang terjadi pada hewan dari awal lahir hingga dewasa. Dalam proses ini terjadi perubahan secara menyeluruh yaitu morfologi, fisiologi, dan anatomi.

Inilah yang dimaksudkan dengan metamorfosis sempurna. Proses metamorfosis sempurna terbagi menjadi 4 tahap, telur, larva, pupa, dan imago (dewasa). Berikut penjelasannya:

  • Telur, merupakan proses atau hasil yang terjadi akibat menyatunya sel telur dan sel sperma. Difase awal ini, terbentuk organ utama dari hewan atau serangga
  • Larva, pada beberapa hewan terjadi perubahan fisik, seperti pergantian kulit. Hal ini diakibatkan tubuh dari hewan yang mulai membesar.
  • Pupa, proses ini merupakan masa transisi dari hewan menuju sempurna atau dewasa. Dalam fase ini, hewan mulai mengurangi jumlah makanannya. Namun proses pertumbuhan tetap terjadi hingga berubah menjadi dewasa.
  • Imago, fase akhir dari proses metamorfosis adalah imago. Pada tahap ini, hewan sudah berubah menjadi bentuk sempurnanya. Sehingga dia sudah siap untuk melakukan perkawinan dan bertelur.

Empat proses inilah yang akan terus berulang. Hewan yang telah dewasa akan memproduksi telur. Kemudian telur-telur itu mulai tumbuh dan melewati fase-fase tersebut.

Contoh dan proses hewan metamorfosis sempurna, yaitu:

  • Kupu-kupu

Proses pertumbuhan kupu-kupu terjadi pada 4 tahap (telur, larva, pupa, dan imigo). Telur dari kupu-kupu akan menetas antara 3 sampai 5 hari. Larva dari kupu-kupu disebut ulat.

Pada tahap ini, larva mencari makan untuk persiapan pada fase pupa. Karena saat fase pupa, larva kupu-kupu tidak bisa lagi mencari makan. Larva akan berganti kulit sebanyak 3 sampai 6 kali, proses ini dinamakan instar.

Instar akan mencari tempat untuk proses pupa, dimana ulat akan berubah menjadi kepompong. Dibutuhkan waktu 7 sampai 20 hari, untuk kepompong berubah menjadi kupu-kupu

  • Nyamuk

Nyamuk biasa menyimpan telutnya ditempat lembab. Proses pengeraman telur menjadi larva mencapai 2 hari. Larva nyamuk dinamakan jentik, pada fase ini larva akan melakukan ganti kulit.

Larva berubah jadi pupa setelah 7 hari. Berbeda dengan ulat, dalam fase pupa nyamuk sudah memiliki sayap, kaki, antena, bola mata, dan organ lainnya. Pupa akan berubah menjadi nyamuk dewasa setelah 12 hari.

  • Lalat

Tempat kotor merupakan tempat favorit lalat menyimpan telurnya. Tempat kotor banyak mengandung protein yang berguna untuk pertumbuhan larva lalat.

Telur lalat biasanya menetas dalam waktu 1 hari. Larva lalat berbentuk belatung mulai mencari makanan disekitarnya begitu menetas.

Ditahapan ini, mengalami pergantian kulit dan menjadi keras. Larva akan berubah menjadi pupa dalam 2 hari. Setelah itu dalam 3 sampai 6 hari, pupa berubah jadi lalat dewasa.

  • Katak

Waktu yang butuhkan telur katak menjadi larva atau beludru yakni 21 hari. Larva katak atau beludru sudah memilik ekor yang berfungsi untuk berenang. Setelah 5 minggu, kaki katak mulai tumbuh dan pernapasannya berubah memakai paru-paru.

  1. Metamorfosis Tidak Sempurna

Berbeda dengan proses metamorfosis sempurna, pada metamorfosis tidak sempurna hanya mengalami satu atau dua perubahan saja. Biasanya hewan hanya mengalami perubahan fisiologi. Fase ini hanya melalui tiga tahapan, yaitu telur, nimfa, dan imago (dewasa).

  • Telur, biasanya indukkan menaruh telurnya ditempat aman.
  • Nimfa, organ hewan pada tahap ini sudah terbentuk.
  • Imago, tahap ini hewan sudah dewasa dan siap kawin.

Hewan yang mengalami proses metamorfosis tidak sempurna, diantaranya adalah kecoa, belalang, dan masih banyak lagi.

Itulah contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Semoga dengan artikel ini dapat membantu memahami pengertian dari metamorfosis dan contoh-contohnya.

Baca Juga : Pengertian Dan Proses Metamorfosis Kupu-Kupu

Loading...
Pengertian dan Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna | ilmuhewan | 4.5