Pengertian dan Contoh Bela Negara

By On Friday, August 2nd, 2019 Categories : Pemerintahan

Pengertian dan Contoh Bela Negara – Pernahkah kalian mendengar istilah bela negara? Lalu apa pengertian dari bela negara sendiri? Sebenarnya banyak hal yang dapat kita lakukan untuk melakukan aktivitas, dari yang paling sederhana hingga paling luar biasa, agar tidak bingung mari kita simak penjelasan berikut.

Pengertian Dari Bela Negara

Pengertian bela negara bisa kita artikan sebagai segala upaya yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara yang dijiwai oleh sebuah rasa kecintaan pada tanah air berdasarkan Pancasila serta UUD 1945.

Yang mana tujuannya sudah jelas yaitu, untuk atau agar negara kita aman dan dapat bertahan ketika ada ancaman dari luar maupun dalam, aman dan dapat bertahan disini maksudnya adalah kehidupan sosial dapat berlangsung secara harmonis dan tentram dengan menjunjung sebuah rasa toleransi yang tinggi, selain itu juga negara tetap eksis dan tidak bubar.

Yang harus kita ketahui adalah bela negara tidak hanya dilakukan oleh eh apa rat seperti TNI dan polri, melainkan seluruh elemen bangsa harus bersatu dalam menjaga keamanan serta keutuhan negara ini, dimulai dari rakyat sehingga TNI polri harus bersatu dalam menciptakan sebuah suasana yang harmonis dengan menjunjung toleransi yang tinggi antar masyarakat ataupun antar umat beragama.

Rakyat atau warga biasa juga harus bisa berandil besar untuk membela negara, walaupun perannya hanya sebagai pendukung. Lalu kenapa negara ini harus dibela? Tentu negara ini harus dibela oleh seluruh elemen elemen bangsa tak terkecuali masyarakat, demi terciptanya sebuah negara yang solid, serta nyaman untuk ditinggali oleh siapapun.

Contoh Bela Negara

  • Seorang Siswa

Tidak menyontek ketika ujian berlangsung, belajar yang rajin serta tidak bolos sekolah. hal sederhana tersebut bisa dilakukan oleh seluruh para pelajar yang ada di Indonesia, karena merekalah para penerus bangsa ini.

  • Penerima Beasiswa

Seorang anak beasiswa kuliah di luar negeri, namun setelah lulus ia lebih memilih kembali ke negaranya dan memulai semuanya dari nol, pertemuan norak beberapa perusahaan, dia beranggapan bahwa membuat catatan sejarah memajukan bangsa sendiri jauh lebih berharga baginya.

  • Seorang Guru

Selalu menanamkan jiwa nasionalisme pada anak didiknya, mengajar dengan penuh semangat dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila.

Itu saja untuk artikel kita kali ini semoga dapat membantu, jangan lupa share agar semakin banyak orang yang tau, terima kasih.

Loading...
Loading...
Pengertian dan Contoh Bela Negara | ilmuhewan | 4.5