Pengertian Dan Cara Pengelolaan Padang Penggembalaan (Pasture)

By On Sunday, February 4th, 2018 Categories : Pakan Hewan

Pengertian Dan Cara Pengelolaan Padang Penggembalaan (Pasture) – Padang penggembalaan adalah salah satu sumber guna penyediaan hijauan yang memiliki sifat lebih ekonomis dan murah.

Dimana diharapkan bisa membantu penyediaan lahan atau tempat penyediaan tanaman hijauan secara langsung yang bisa dimakan oleh hewan.

Padang penggembalaan ini terdiri dari rumput atau leguminose dan campuran dimana padang rumput yang cocok dan ekonomis adalah terdiri atas campuran rumput dan leguminose.

Pasture dalam pengertian tersebut di atas adalah semua jenis rumput atau tanaman lain untuk dirumput / disenggut oleh hewan kelompok : “herbage”. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah semua hijauan yang bisa dipotong atau tidak dan diberikan segar atau olahannya.

Padang penggembalaan bisa mencakup suatu daerah padangan dimana mudah ditumbuhi oleh tanaman pakan ternak yang disediakan bagi ternak dan bisa bermanfaat sesuai dengan kebutuhannya dalam waktu singkat (menurut ahli, Reksohadiprodjo, 1994).

Padang penggembalaan di atas terdiri atas rumput – rumputan, kacang – kacangan atau campuran keduanya (menurut ahli McIlroy, 1976), dimana fungsi kacang – kacangan dalam padang penggembalaan adalah untuk memberikan nilai makanan yang mengandung protein, phosphor dan kalium (menurut Reksohadiprodjo, 1994).

Fungsi padang penggembalaan lainnya adalah untuk menyediakan bahan makanan murah dan bergizi terhadap ternak bahkan hewan liar sejenis di sekitarnya dimana hanya membutuhkan tenaga kerja seadanya saja dimana diharapkan ternak – ternak tersebut bisa menyenggut sendiri makanannya di padang penggembalaan.

Tipe – Tipe Padang Penggembalaan (Pasture)

Padang penggembalaan terklasifikasi menjadi empat golongan utama, yaitu :

  1. Padang penggembalaan alam
  2. Padang penggembalaan permanen yang sudah diperbaiki
  3. Padang penggembalaan buatan (temporer)
  4. Padang penggembalaan dengan irigasi.

Pengelolaan Padang Pengembalaan (Pasture)

Padang penggembalaan harus dikelola dengan profesional, sehingga hasilnya diharapkan mampu menyediakan pakan hijauan dalam jumlah mencukupi sepanjang waktu.

Beberapa cara pengelolaan padang penggembalaan terutama bagi kelompok awam yang perlu diperhatikan lebih serius agar memperoleh produksi pakan hijauan optimal dan berkesinambungan adalah sebagai berikut :

Pemotongan Tahun Pertama

Pemotongan yang dilakukan pada tahun pertama dilakukan dengan hati – hati, ringan atau tidak dibiarkan begitu saja / tidak dipotong sama sekali.

Maksudnya adalah agar mendapatkan jaminan pertumbuhan awal hijauan untuk penggembalaan dalam jumlah besar.

Apabila akan melakukan pemotongan, haruslah dengan cara meninggalkan pangkal batang ± 7,5 cm dari permukaan tanah, dimana hasil potongan ini bermanfaat sebagai bahan silage atau hay.

Pemotongan Bergilir (Alternate Grazing) / Sistem Rotasi

Sistem ini diterapkan dengan cara membagi – bagikan areal padang penggembalaan ke dalam petak – petak yang berukuran lebih sempit (paddock) sesuai dengan kondisi peternak yang erat hubungannya dengan berapa besar jumlah ternak yang akan digembalakan, pertumbuhan hijauan serta kelebatan rumput. Yang ideal adalah adalah dibagi menjadi dua atau empat areal.

Tidak Melakukan Penggembalaan Berat (Over – Grazing)

Pelaksanaan penggembalaan yang dilakukan tanpa terkontrol dengan profesional tentu saja akan merugikan si peternak, hal ini biasanya terjadi sebagai akibat daya tampung pada penggembalaan yang kurang memadai.

Tentu saja akan berakibat produksi berikutnya menjadi rendah, pertumbuhan melemah, yang pada akhirnya justru ditumbuhi rumput liar (weed) yang jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan erosi tanah.

Menghindari Defoliasi Yang Terlalu Ringan (Under – Grazing)

Praktek – praktek defoliasi dalam bentuk apapun akan merugikan, maka sebaiknya harus dihindarkan. Karena akan membuat hijauan menjadi terlalu tua, serat kasar tinggi dan kurang palatable serta nilai gizin sangat rendah.

Semoga bermanfaat !

Loading...
Loading...
Pengertian Dan Cara Pengelolaan Padang Penggembalaan (Pasture) | ilmuhewan | 4.5