BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Zoonosis Pada Hewan Peliharaan

By On Tuesday, January 24th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Zoonosis Tidak jarang hewan peliharaan yang sudah kita anggap sebagai bagian dari anggota keluarga, mudah tertular atau terkena penyakit dari sekitar kawasan lingkungan tempat tinggal.

Banyak faktor yang menyebabkan  hewan kesayangan terjangkit penyakit tertentu. Namun, dalam istilah umum, penyakit yang menyerang hewan peliharaan kita disebut sebagai Penyakit Zoonosis.

Apa pengertian dan bagaimana cara mengobati Penyakit Zoonosis? Mari kita simak ulasan berikut yuk…

Pengertian Penyakit Zoonosis

Tahukah Anda, Penyakit zoonosis sebenarnya menular kepada manusia? Meskipun berasal dari hewan, namun faktanya Penyakit zoonosis masih bisa ditularkan lewat berbagai media.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Penyebab utama Penyakit zoonosis berasal dari bermacam-macam penyalur atau media di antaranya, virus, parasit, kuman, bakteri dan masih banyak lagi.

Tidak bisa dibayangkan jika ternyata hewan kesayangan yang sudah kita pelihara dengan baik masih bisa menularkan penyakit kepada sang majikan. Berikut ini adalah beberapa contoh Penyakit zoonosis yang bisa menular kepada manusia atau majikan:

Penyakit Rabies

Penyakit yang populer dari bekas gigitan hewan peliharaan seperti anjing ini menular kepada manusia melalui air liur yang menempel pada kulit manusia.

virus yang sudah berhasil ditransfer melalui gigitan kemudian akan memiliki masa inkubasi selama 2 minggu sampai 1 tahun.

Gejala yang ditimbulkan biasanya menyerang saraf sehingga manusia bisa jatuh sakit atau hilang kesadaran.

Penyakit Flu Burung

Flu atau influenza ternyata memiliki berbagai mutasi yang menjadi momok bagi hewan dan manusia. salah satunya adalah flu burung yang disebabkan oleh virus flu jenis A.

Pertama kali menular pada hewan itik atau unggas, kemudian menyerang manusia lewat transfer virus yang tersebar di udara melalui makanan atau minuman atau kontak langsung. Gejala yang ditimbulkan biasanya sesak napas dan demam tinggi.

Penyakit Leptospirosis

Hewan peliharaan seperti hamster atau tikus juga patut diwaspadai mengidap penyakit zoonosis seperti leptospira.

Penularan melalui bakteri yang mungkin tercampur dalam makanan atau minuman atau kontak langsung ketika kita lupa tidak mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan.

Yang paling parah, bakteri leptospirosis bisa menyerang bagian vital manusia seperti ginjal, hati dan limpa.

Penyakit Pes

Inilah salah satu penyebab kenapa manusia sangat jijik terhadap hewan tikus yang kotor dan senang mengerat sampah.

Tikus sebagai hewan pengerat juga bisa menularkan penyakit pes dengan gejala sesak napas, demam, batuk berdahak hingga berakibat fatal.

Penyakit Toksoplasmosis

Seringkali penyakit toksoplasma menular karena terbawa dari kotoran atau bulu hewan kesayangan yang ikut masuk hingga paru-paru.

Hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kelinci dan sebagainya bisa menularkan tokso kepada manusia. Terutama dari kotoran atau fesesnya atau kontak langsung.

Manusia yang memiliki hewan peliharaan harus selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal, seperti rajin mencuci tangan, membersihkan lingkungan rumah dengan desinfektan dan membawa hewan peliharaan untuk divaksinasi. Terutama saat di rumah terdapat ibu hamil yang rentan terkena virus.

Itulah beberapa uraian singkat mengenai penyakit yang sering menular dari hewan peliharaan kepada manusia.

Menyayangi hewan adalah termasuk ibadah dan wujud cinta terhadap sesama makhluk Sang Pencipta, akan tetapi, memberikan tantangan yang lebih besar kepada sang pemilik, yaitu harus selalu rajin menjaga kebersihan agar baik hewan peliharaan maupun anggota keluarga di rumah juga senantiasa sehat.

Tidak perlu takut tertular penyakit zoonosis apabila Anda rajin memeriksakan kondisi hewan kesayangan ke dokter hewan terdekat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Cascado Pada Sapi Karena Infeksi Cacing

Loading...
Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Zoonosis Pada Hewan Peliharaan | ilmuhewan | 4.5