Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian dan Cara Mengobati Leptospirosis Pada Hewan

By On Friday, March 16th, 2018 Categories : Penyakit Hewan

Pengertian dan Cara Mengobati Leptospirosis Pada Hewan – Dalam dunia kedokteran ada yang namanya penyakit leptospirosis. Penyakit Leptospirosis bukan terjadi saja pada manusia namun juga terjadi pada hewan juga.

Bagi anda yang elum mengerti tentang leptospirosis disini saya akan memberikan artikel tentang Pengertian dan Cara Mengobati Leptospirosis Pada Hewan. Bagi anda yang memiliki hewan di rumah semoga artikel ini bermanfaat.

Pengertian

Leptospirosis penyakit yang di sebabkan karena bakteri leptospira sp. Penyakit ini dapat terjadi pada manusia dan hewan. Leptospirosis termasuk dalam penyakit zoonotik.

Baca Juga : Jenis-jenis Penyakit Hewan Yang Menular

Zoonotic adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia baik sebaliknya manusia ke hewan. Nama ilmiah dari bakteri yang menyebabkan penyakit leptospirosis adalah leptospira interogans sensulato. Hampir seluruh binatang mamalia merupakan pembawa bakteri leptospira sp tersebut di seluruh dunia.

Reservoir leptospira meliputi hewan seperti tikus, mencit, sapi, domba, babi, dan anjing. Spesies ini memiliki banyak strain (serovars).

Ada 8 serovars penting pada penularan leptospira yang terjadi pada anjing yaitu serovars Bratislava, antumnalis, ictero-haemorrhagiae, ponoma, canicola, bataviae, hardjo, dan gripoptyposa. Jadi anda atau hewan anda harus berhati hati supaya tidak terkena penyakit leptospirosis.

Penyakit leptospirosis ini dapat menyebar atau menular. Leptospirosis jarang terjadi jika penularannya melalui manusia, jika manusia bisa terlular dari manusia ke manusia lain biasanya adalah bayi yang telah minum ASI dari ibunya. Lebih sering dari hewan yang membawa bakteri leptospira.

Penularan dapat melalui air yang tercemar bakteri tersebut seperti air laut, sungai, kolam dan air selokan. Dapat juga melalui urine hewan yang memiliki penyakit leptospirosis atau pembawa bakteri leptospira.

Penularan ini dapat melaui mata, hidung, mulut, atau juga luka pada kulit yang terbuka. Melalui gigitan hewan dan cairan lain (kecuali ludah) juga dapat perantara penyakit ini.

Cara Mengobati

Cara mengobati leptospirosis pada hewan dapat dengan cara pemberian antibiotik. Antibiotiknya adalah ampicillin dengan dosis 20 mg/kg BB dapat diberikan untuk penyebab utama penyakit leptospirosis pada hewan yaitu bakteri leptospira sp. Penicillin dan derivatnya adalah antibiotic untuk mengatasi infeksi dari leptospira sp.

Setelah kondisi dapat di kontrol maka bisa menggunakan doxyxyxline sering digunakan untuk pengobatan dan pencegahan tumbuh lagi atau mencegah terjadinya carier atau pembawa penyakit leptospirosis.

Selain menggunakan antibiotic dapat juga menggunakan infus (Ringer Dextrose) sebagai supportive therapy untuk menyeimbangkan kondisi asam dan basa dalam tubuh sekaligus memulihkan tenaga hewan yang terkena penyakit leptospirosis.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Zoonosis Pada Hewan Peliharaan

Mencegah Leptospirosis

Demi keamanan hewan anda supaya tidak terinfeksi atau terjangkit penyakit leptospirosis. Sebaiknya anda melakukan cara berikut ini :

  1. Vaksinasi

Melakukan vaksinasi merupakan cara pencegahan yang memang harus dilakukan karena demi mencegah penularan atau terjangkitya penyakit leptospirosis ini.

Jika anda tidak melakukan vaksinasi bisa saja hewan anda terjangkit atau terinfeksi, ini juga dapat membahayakan hewan anda atau hewan lainnya bahkan anda sendiri sebagai manusia.

  1. Mencegah kontak

Cara lain selain vaksinasi adalah mencegah hewan anda melakukan kontak dengan sumber penyakit termasuk sumber air yang terinfeksi, hewan liar yang termasuk reservoir, dan hewan yang carier atau pembawa bakteri leptospira sp.

  1. Isolasi

Untuk hewan yang baru lahir atau baru datang sebaiknya dilakukan isolasi terlebih dahulu apakah aman, memiliki gejala atau carier atau terjangkit atau juga sehat. Maka dari itu melakukan isolasi itu berguna demi hewan dan anda juga. Masa isolasi biasanya 1 bulan atau lebih tergatung penanganannya.

Demikian artikel tentang pengertian dan cara mengobati leptospirosis pada hewan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Pastikan anda harus berhati hati dan menjaga hewan serta diri anda supaya tidak terkena leptospirosis.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gangguan Reproduksi Pada Hewan Sapi

Loading...
Pengertian dan Cara Mengobati Leptospirosis Pada Hewan | ilmuhewan | 4.5