Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Platyhelminthes

By On Wednesday, February 3rd, 2016 Categories : Info Lainnya

Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Platyhelminthes – Mengenal pengertian, ciri, klasifikasi, dan peranan Platyhelminthes atau biasa disebut dengan cacing pipih perlu diketahui agar kita dapat senantiasa .menjaga kesehatan.

Cacing yang dapat bertahan hidup bebas sebagai parasit atau dapat hidup bebas dalam tubuh manusia. Ciri-ciri dari makhluk jenis ini memiliki bagian depan atau disebut anterior, dan bagian belakang atau disebut posterior.

Ciri lainnya dari jenis cacing ini sifatnya trioblastikdimana memiliki tiga lapisan jaringan embrio, seperti bagian lapsan luar, tengah dan dalam. Untuk rongga pencernaannya unik karena tidak memiliki anus, yaitu berbentuk  ruang gastrovaskuler.

Untitled

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Mollusca

Dalam hal bergerak jenis makhluk ini mengandalkan kontraksi otot tubuhnya. Keunikan lainnya yang dimiliki adalah jenis cacing ini tidak memiliki peredaran darah.

Jenis cacing ini dapat diklasifikasikan agar dapat memahaminya lebih mendalam antara lain sebagai berikut:

  • Trematoda, merupakan jenis cacing isap yang umumnya lebih dikenal dengan nama cacing hati cina.
  • Cestoda, yakni jenis cacing yang umumnya ada dalam usus sapi, atau yang biasa dikenal dengan istilah Cacing Pita.
  • Turbelaria, adalah jenis cacing dengan karakteristik berambut getar atau disebut Planaria.

Walaupun terlihat mengerikan karena habitatnya yang cenderung ada dalam usus baik manusia atau binatang, namun jenis cacing ini memiliki peranan yang cukup berarti.

Misalnya dari jenis cacing planaria yang berfungsi sebagai indicator air. Kemudian jenis Platyhelminthes memang tidak terlalu berperan baik, karena secara umum jenis cacing ini merugikan karena merupakan penyebab kerusakan hati, gangguan ginjal, bahkan gangguan jantung.

Untuk jenis cacing pita tidak semua hidup dan bertahan di dalam tubuh hewan, namun ada juga yang hidup dalam tubuh manusia.

Setelah mengetahui hal tersebut diharapkan kedepannya yang menjadi korban dari penyebaran penyakit cacingan semakin berkurang dan tidak ada. Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebarannya adalah dengan beberapa langkah berikut :

  • Tidak membuang kotoran atau tinja sembarangan
  • Selalu mengkonsumsi daging matangatau yang sudah dimasak, dan jangan mengkosumsi daging mentah.
  • Menghindari infeksi dari larva cacig dengan selalu menjaga kebersihan seperti selalu menjaga kebersihan tangan dan tubuh.

Itulah kesimpulan mengenai pengertian, ciri, klasifikasi, dan peranan Platyhelminthes. Semoga pembahasan ini dapat menjadi sarana pembelajaan dan Anda bisa lebih mengetahui tentang cacing pipih.

Baca Juga : Pengertian Klasifikasi Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata (Filum Chordata)

Loading...
Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Platyhelminthes | ilmuhewan | 4.5