Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Nemathelminthes (Cacing Gilig)

By On Thursday, March 10th, 2016 Categories : Hewan Tanah

Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Nemathelminthes (Cacing Gilig) – Cacing Gilig ini memiliki ukuran yang sangat  kecil ini dilindungi dengan lapisan kutikula.

Cacing jenis ini secara umum merugikan baik pada tubuh manusia maupun hewan. Jenis hewan ini memiliki saluran pencernaan yang sempurna, karena posisi anus yang dimiliki ada di bagian ujung tubuhnya.

Makhluk mikroskopis ini biasa bergerak dengan mengeluarkan cairan lendir kemerahan seperti darah. Bahkan untuk bernafas pun jenis cacing ini menggunakan seluruh permukaan tubuhnya atau dapat dikatakan bernafas secara difusi.

Untitled

Berbeda dengan pada cacing secara umum, jenis cacing ini berkembang bial secara terpisah, jenis jantan umumnya memiliki bentuk tubuh lebih kecil dibandingkan yang betina.

Ciri-ciri dari jenis cacing gilig ini dapat diketahui dari beberapa karakteristik yang sudah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga : Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Ternak Cacing

Bila dari segi bentuk tubuhnya bulat panjang dengan bagian ujungnya yang meruncing, dan juga triploblastic atau rongga tubuhnya semu.

Bila diklasifikasikan dapat dibedakan beberapa jenis cacing tersebut dan seberapa besar dampak negatifnya, yaitu :

  • Ancylostoma duodenale atau dikenal dengan istilah cacing tambang

Umumnya jenis cacing ini ada dalam tubuh manusia tepatnya di usus halus. Carabertahan hidupnya adalah dengan menghisap darah manusa dan juga cairan tubuh.

Bagi yang sudah memiliki cacing jenis ini dalam tubuhnya akan menularkepada sesame manusia lainnya melalui pori-pori kulit, dan dampak jangka panjangnya akan menyebabkan manusia Anemia atau kurang darah.

  • Oxyuris vermicularis atau lebih dikenal dengan istilah cacicing kremi

Jenis cacing ini dapat ditemukan di usus besar manusia melalui makanan yang dimakan lewat mulut. Dampaknya akan menyebabkan gatal-gatal di sekitar anus, dan bila digaruk akan membuat penyebaran telur cacing semakin banyak.

  • Trichinella spiralis atau lebih dikenal dengan istilah cacing otot

Dapat ditemukan pada otot manusia dan dampak fatalnya dapat menyebabkan kerusakan otot.

  • Wuchereria bancrofti

merupakan jenis cacingrambut yang dapdt ditemukan pada pembuluh getah bening atau pembuluh limfa manusia.

Umumnya masuk kedalam tubuh melaluii gigitan nyamuk dan nantinya akan menyumbat pembuluh getah bening dan mengakibatkan kaki gajah.

  • Ascaris Lumbricoides

Yang lebih dikenal dengan istilah cacing perut. Jenis cacing ni berbentukbulat memanjang, dan bertahan hidup dengan menghisap zat-zat makanan yang dampaknya akan membuat manusia kurang gizi.

Dari beberapa klasifikasi pengertian, ciri, klasifikasi, dan peranan Nemathelminthes (Cacing Gilig) yang ada dapat dipelajari dampak dari berbagai jenis cacing yang ada dalam tubuh manusia.

Baca Juga : Sekilas Tentang keindahan Ikan Sili

Loading...
Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Nemathelminthes (Cacing Gilig) | ilmuhewan | 4.5