Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Hewan Porifera

By On Thursday, January 28th, 2016 Categories : Invertebrata

Pengertian , Ciri, Klasifikasi dan Peranan Hewan Porifera – Pengertian, ciri, klasifikasi dan peranan hewan Porifera merupakan hewan jenis invertebrata yang tidak memiliki jaringan sejati serta jaringan yang tidak terspesialisasi pada tubuhnya atau yang lebih dikenal dengan hewan Porifera ini memiliki banyak pori dalam tubuhnya yang meupakan keunikan dari hewan jenis ini.

Jenis hewan ini merupakan jenis hewan yang primitive dan sederhana. Ciri-ciri dari hewan jenis ini dapat dikethui dari cara bertahan hidupnya yang selalu di laut da nada pula sebagian kecil yang hidup di air tawar.

Untitled

Namun secara umum hewan ini lebih cenerung banyak yang hidup diperairan dangkal dan juga dengan air yang jernih, namun terkadang di tempat yang berlumpur dan agak berpasir juga dapat ditemukan.

Secara umum untuk hewan jenis ini hidup secara heterotroph dan bertahan hidup dengan makanannya seperti plankton dan bakteri atau beragam partikel zat organik yang masuk bersama air.

Keunikan lainnya dari hewan porifera adalah dari cara berkembang biak atau reproduksinya yang mampu secara seksual, dan juga aseksual.

Secara seksual perkembangbiakannya hamper sama dengan proses perkembangbiakkan manusia dimana spermatozoid bersatu dengan sel telur yang kemudian menghasilkan zigot dan berkembang menjadi larva. Kemudian larva tersebut dapat menjadi porifera baru bilamenemukan tempat seksual.

Bila berkembang biak secara aseksual dengan cara membentuk tunas baru yang kemudian tunas tersebut memisahkan diri dari induknya atau tetap menempel pada induknya dan hidup sebagai porifera baru.

Berikut beberapa tipe hewan porifera yang dapat diklasifikasikan, antara lain :

  • Tipe Sycon, merupakan jenis hewan yang memiliki 2 jenis saluran air, contohnya Scypha.
  • Tipe Ascon adalah jenis hewan yang saluran airnya sederhana, contohnya adalah Leucoslenia.
  • Tipe Rhagon atau disebut juda Leucon merupakan jenis hewan yang memiliki saluran air yang kompleks, contohnya Spongila dan Euspongia.

Walaupun termasuk jenis hewan yang sebagian bertahan hidup di lumpur, namun tidak selalu menjijikan dan tidak bermanfaat.

Itulah pengertian, ciri, klasifikasi dan peranan hewan Porifera yang bisa menjadi pemahaman lanjut agar lebih mengerti tentang hewan porifera.

Loading...
Loading...
Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Hewan Porifera | ilmuhewan | 4.5