Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri)

By On Friday, January 29th, 2016 Categories : Hewan Parasit

Pengertian, ciri, klasifikasi, dan peranan Echinodermata harus dipelajari pada saat kita masih sekolah. Jenis hewan Echinodermata termasuk dalam jenis makhluk yang lamban dalam bergerak.

Padahal bentuk tubuhnya memiliki kaki dalam bentuk tabung dan dapat berada lama didalam laut. Nama jenis hewan ini berasal dari Echi artinya berduri dan derma artinya kulit dalam bahasa yunani.

Dari habitatnya bertahan hidup jenis hewan ini umumnya hidup di air payau dan juga air laut. Jadi dapat dikatakan jenis ini tidak hidup sebagai parasite yang menempel pada tubuh inangnya.

Untitled

Ciri-ciri lainnya dari jenis ini adalah dari bentuknya yang simetri radial yang mendistribusikan dalam susunan yang meingkar pada poros tengah tubuhnya.

Ciri lainnya selain bentuknya yang transparan, dan bersilia, ia mampu berenang di laut. Tidak seperti jenis lain dalam familinya, jenis hewan ini memiliki kulit keran yang terdiri dari bahan zat kapur dan seperti memiliki lengan berbentuk jari.

Secara umum bentuknya meirip dengan bintang, namun ada pula yang berbentuk bulat memanjang, bahkan ada yang seperti pohon. Ciri unik lainnya adalah hewan jenis ini tidak memiliki otak namun dapat bergerak karena memiliki ambulakral yang mengatur pergerakannya.

Bila dilihat dari system yang bekerja dalam tubuhnya, hewan porifera tidak memiliki system peredaran darah. Namun tetap terdapat pembuluh darah yang sederhana dari mengelilingi mulutnya dan berakhir pada setiap kaki tabungnya.

Untuk system pernapasannya cenderung menggunakan insang untuk bernafas, dan pencernaanya hamper sempurna karena memiliki mulut, lambung, usus dan anus.

Dari segi system sarafnya hewan tersebut berbentuk lingkaran yang hampir mirip dengan cincin yang ada pada bagina mulut, dan juga pada saraf radial yang berbentuk lingkaran pada bagian lengan atau kakinya.

Berikut beberapa tipe Echinodermata yang dapat diklasifikasikan, antara lain :

  • Echinoidea, jenis hewan yang tubuhnya dipenuhi duri, misalnya Bulu babi dan landak laut.
  • Archoidea merupakan jenis hewan yang berbentuk bintang yang umumnya dikenal dengan istilah bintang laut.
  • Crinoidea, merupakan jenis hewan yang bentuknya mirip bunga yang umumnya hidup di pantai dan sampai kedalaman laut 3500 meter

Itulah beberapa pengertian, ciri, klasifikasi dan peranan Echinodermata (hewan berkulit duri) yang dapat kita jadikan suatu bahan pelajaran dan pemahaman lebih untuk mengenal echinodermata.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Hewan Porifera

Pengertian, Ciri, Klasifikasi dan Peranan Echinodermata (hewan berkulit duri) | ilmuhewan | 4.5