Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian, Ciri, klasifikasi Dan Peranan Arthropoda

By On Sunday, March 6th, 2016 Categories : Hewan Tanah

Pengertian, Ciri, klasifikasi Dan Peranan Arthropoda – Jenis Hewan Arthropoda adalah hewan yang memiliki kaki serta tubuhnya yang beruas-ruas.

Dimana tubuhnya terdiri dari beberapa bagian seperti kepala, dada, hingga perut. Pada bagian rangka luar (eksoskeleton) terbuat dari zat kitin, sehingga menyebabkan bagian tubuh Arthropoda kuat dan  kaku.

Sebagian besar habitatnya berada di daratdan air tawar serta di laut. Sebagian Arthropoda lainnya pun ada yang bebas hidupnya dan sebagian lagi sebagai parasit pada tumbuhan, hewan hingga manusia.

Untitled

Jenis hewan ini memiliki ciri-ciri pernafasannya banyak variasinya disesuaikan dengan habitatnya. Sebagai contoh untuk yang habitatnya di darat bernafas dengan trakea atau paru-paru yang berbentuk buku-buku. Apabila dengan habitat di air umumnya bernafas dengan insang.

Baca Juga : Fakta Unik Si Pembangun Ekosistem, Cacing

Ciri lainnya adalah dari segijenis kelamin yang dimiliki terpisah, dan alat eksresinya yang berupa Nefridium berpasangan serta sistem saraf yang berbentuk tangga tali

Jenis hewan Arthropoda ini umumnya terdiri dari bagian kepala hingga dada yang menyatu serta terdiri dari zat kitin yang berlendir.

Selain itu bagian  kaki umumnya berukuran kecil yang fungsinya digunakan untuk berenang. Kemudian bagian depan terdapat sepasang antena panjang.

Selain itu klasifikasi jenis hewan ini yang lain seperti Myriapoda, Arachnida, dan insecta. jenis Myriapoda tubuhnya terdiri dari kepala yang kecil dan perut yang di setiap ruasnya memiliki sepasang hingga dua pasang kaki.

Untuk Arachnida cirinya bagian kepala dan dada menyatu, namun bagian kepalanya kecil. umumnya habitatnya di darat dan bernafas dengan paru-paru buku, dan untuk kakinya empat pasang. contohnya laba-laba dan kaljengking.

Kemudian untuk jenis insecta memiliki 3 bagian tubuh mulai dari kepala, dada, hingga perut, serta kaki dan saya yang terdapat dibagian dada umumny tiga pasang kaki. Selain itu umumnya mengalami metamorfosis sempurna namun adapula yang metamorfosis tidak sempurna.

Untuk bernafas jenis insecta umumnya dengan menggunakan trakea yang bercabang-cabang serta terbuka di bagian sisi tubuhnya.

Tipe mulut insekta bermacam-macam, ada yang mengisap, ada pula yng menusuk dan ada juga yang menggigit serta mengunyah. Bernapas dengan trakea yang bercabang-cabang dan terbuka pada sepasang spirakulum pada bagian sisi tubuh.

Insekta juga mengalami metamorfosis, baik metamorfosis sempurna maupun tidak sempurna (beberapa golongan serangga tidak mengalami metamorfosis).

Dengan mengetahui ciri, dan klasifikasi jenis hewan arthropoda diharapkan akan membantu masyarakat khususnya profesi peneliti dalam melakukan penelitian.

Selain itu juga masyarakat secara umum juga dapat membedakan jenis -jenis hewan arthropoda dan klasifikasinya.

Baca Juga : Fakta Unik Hewan Sosial, Rayap

Loading...
Pengertian, Ciri, klasifikasi Dan Peranan Arthropoda | ilmuhewan | 4.5