Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Karakteristik Hewan Melata (Reptilia)

By On Monday, December 18th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Karakteristik Hewan Melata (Reptilia) – Selamat siang readers, apa kabarnya nih? Semoga baik- baik saja yha!

Mengenai hewan melata (reptilia) tentunya menarik untuk dibahas yha. Tapi readers tahu tidak apa itu hewan melata (reptilia), ciri, klasifikasi, serta karakteristiknya apa saja?

Jika kalian belum mengetahuinya, pilihan bijak sekali kalian mengunjungi website ini. Karena pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian, ciri, klasifikasi, dan karakteristik hewan melata (reptilia). Okelah, tanpa basa-basi, langsung aja yuk, berikut penjelasan lengkapnya! Simak baik-baik yha!

Apa yang dimaksud dengan hewan melata (reptilia)?

Reptile berasal dari kata reptum yang berarti melata. Dan yang dimaksud dengan reptil itu sendiri adalah organisme vertebrata (bertulang belakang) yang melata dan sebagian berkaki empat, juga memiliki sisik yang menutupi seluruh permukan tubuhnya dan bersifat poikiloterm (berdarah dingin). Jenis hewan melata (reptile) adalah organisme yang dapat bertahan hidup di lingkungan yang kering.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan Vertebrata dan Invertebrata

Ciri dan karakteristik hewan melata (reptilia)

Hewan melata atau yang biasa disebut dengan reptilia memiliki ciri:

  • Memiliki kulit bersisik dan juga kering yang terbuat dari zat tanduk yang memiliki fungsi untuk melindungi dari kekeringan.
  • Berjalan melata. Seluruh tubuh menelungkup ke tanah. Pada ular, bergeraknya dengan cara mengerutkan otot di kedua sisi tulang belakang secara bergantian.
  • Memiliki dua pasang kaki dan memiliki cakar. Pada penyu, kakinya pipih dan berbentuk kayuh yang berfungsi membantunya ketika berenang.
  • Berkembangbiak dengan bertelur (ovipar) pada penyu serta bertelur dan melahirkan (ovovivipar) pada ular boa. Fertilisasinya secara internal, dengan alat kelamin jantan disebut dengan hemipenis.

Klasifikasi hewan melata (reptilia)

  1. Ordo Squamata

Ordo squamata ini merupakan hewan reptil yang memiliki kulit bersisik. Pada kelas hewan melata (reptilia), ordo squamata ini merupakan ordo terbesar. Contohnya adalah pada bangsa ular dan kadal.ordi squamata terbagi menjadi 3 subordo, yaitu:

  • Subordo lacertilia

Hewan yang tergolong dalam subordo lacertilia pada umumnya memiliki sisik yang bervariasi, bercakar, memiliki kelompak mata, lubang telinga, dan bersifat pentadactylus yaitu kaki belakang yang terdiri dari 5 jari dan juga terdapat selaput renang di antara jari-jari kakinya. Selain itu juga memiliki lidang yang panjang yang bisa digunakan untuk menangkap mangsanya. Contohnya: bunglon, cicak.

  • Subordo serpentes

Yang termasuk dalam subordo ini adalah bangsa ular.ciri dari subordo ini adalah tidak memiliki kaki, tidak memiliki kelopak mata (digantikan dengan selaput transparan yang memiliki fungsi untuk melindungi mata).

Selain itu juga memiliki thermosensor, organ perasa (tactile), dan organ jacobson sebagai reseptornya, sehingga penciumannya tajam dan peka terhadap rangsangan kimia di rongga hidungnya. Sebagian yang lain juga memiliki taring yang berfungsi sebagai pertahanan dan juga melumpuhkan mangsa.

  • Subordo amphisbaenia

Tidak berkaki, tetapi memiliki kenampakan seperti cacing, karena warnanya merah muda dan sisiknya seperti cincin. Kepala bersatu dengan leher, tengkorak terbuat dari tulang keras, juga memiliki gigi mdian di bagian rahang atasnya tidak memiliki telinga luar dan matanya tersembunyi oleh sisik dan kulit. Tubuhnya memanjang mirip dengan kepalanya, contohnya: wormlizards.

  1. Ordi Crocodilia

Yang termasuk dalam ordo ini yaitu bangsa buaya. Cirinya, memiliki sisik yang tebal terbuat dari keratin dengan diperkuat dengan skuta (lempengan tulang) untuk pelindung. Sisiknya dapat rontok satu persatu. Pada ekornya terdapat otot yang kuat. Bentuk kepalanya mirip piramida, keras dan juga kuat, serta giginya runcing guna mencabik-cabik mangsanya.

  1. Ordo Chelonia

Cirinya yaitu memiliki cangkang, tubuhnya pendek serta lebar dengan dilindungi karapas dan plaston, tidak bergigi, dan juga lidahnya tidak dapat menjulur. Contohnya: kura-kura dan penyu.

  1. Ordo Rynchochephalia

Yang termasuk dalam ordo ini yaitu Tuatara. Tuatara dikabarkan telah hidup sejak zaman dinosaurus yang asalnya dari pantai di Selandia Baru. Cirinya yaitu, memiliki duri yang berderet di sepanjang tulang belakang dan memiliki mata ketiga yang fungsinya mengenali perbedaan antara gelap dan terang.

Nah readers, gimana? Sudah paham kan mengenai hewan melata (reptilia). Kalau belum paham, kalian bisa mengulangi dengan membacanya kembali. Sekian dulu yha informasi kali ini.

Semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kalian. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca. Jangan lupa tunggu dan baca  artikel lainnya yha. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Hewan Ovipar

Loading...
Loading...
Pengertian, Ciri, Klasifikasi Dan Karakteristik Hewan Melata (Reptilia) | ilmuhewan | 4.5