Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas

By On Saturday, November 4th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas – Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), hewan buas diartikan binatang yang hidup bebas dan liar, serta memusuhi manusia.

Biasanya besifat ganas. Sedangkan menurut masyarakat umum, hewan buas digambarkan sebagai hewan yang berbahaya untuk manusia.

Kata bahaya tersebut bisa terjemahkan sebagai binatang itu dapat menyerang manusia baik dengan gigitan, tanduk, cakar, ataupun racun.

Walaupun manusia berdiri dipuncak rantai makanan, hewan-hewan ini tetap menjadi ancaman karena keistimewaanya atau senjata pertahanan dirinya yang berbahaya.

Baca Juga : Penyebab dan Dampak hairloss Pada Hewan Sugar Glider

Bahkan dapat menghilangkan nyawa manusia. Dibeberapa kasus, manusia terbunuh oleh hewan liar dalam hitungan detik.

Berikut ini ciri-ciri dari hewan buas, yakni:

  1. Lahir dan hidup di alam liat

Hewan yang lahir dan besar di alam, cenderung memiliki sifat yang agresif. Berbeda dengan hewan yang berada dikebun binatang. Bagi mereka, manusia merupakan ancaman untuk kelangsungan hidupnya.

Sehingga mereka tidak segan-segan melukai manusia saat merasa terancam.

  1. Tidak dipelihara manusia (liar)

Dikatakan liar karena memang sama sekali tidak pernah bersentuhkan dengan manusia, apalagi dipelihara. Meskipun banyak binatang buas yang dipelihara manusia, namun mereka tidak bisa lagi digolongkan kedalam binatang yang berbahaya dan liar.

Karena secara naluri hewannya telah terkontaminasi lingkungan manusia dan tidak bersikap agresif.

  1. Menyerang saat terganggu dan merasa teracam

Sudah sangat jelas jika habitat hewan liar adalah di hutan. Sehingga sangat jarang hewan liat bertemu manusia. Hal inilah, yang menyebabkan hewa-hewan waspada saat bertemu manusia. Mereka melihat manusia hanya sebagai ancaman.

  1. Berbahaya untuk manusia

Agresif, memiliki alat pertahanan diri dan siap menyerang kapan saja. Itulah yang membuat manusia harus waspada.

Itulah ciri-ciri hewan yang dapat dikategorikan sebagai binatang buas. Namun, hingga saat ini masih banyak spesies yang belum ditemukan dan diidentifikasi oleh para ilmuan.

Sekarang hewan-hewan buas itu dapat dibagi menjadi dua jenis dari temat hidupnya atau habitat, yakni laut dan darat. Berikut adalah hewan liar yang hidup didaratan:

  1. Kucing besar

Jangan berpikiran kucing yang ada dirumah, melainkan hewan kanivora yang masih kerabat jauh dangan kucing rumahan. Contohnya seperti, harimau, singa, macan tutul, kucing hutan, macan kumbang, dan sejenisnya.

  1. Herbiora besar

Hewan pemakan tumbuhan yang hidup liar. Sapi dan kebau memang pemakan tumbuhan namun tidak bisa masuk kategori ini. Mereka yang masuk kategori ini adalah gajah, kuda nil, jerapah, bison dan lainnya.

  1. Primata

Anggapan primata sering diasosiasiakan hanya sebagai family monyet. Walaupun monyet hanya satu dari sekian banyak kelompok primata. Meskipun tergolong hewan yang cerdas, primata tetaplah hewan liar yang hidup di alam bebas.

Itulah sedikit contoh tentang hewan liat yang hidup di daratan. Berikutnya contoh hewan liat yang hidup di lautan atau perairan. :

  1. Amphibi dan Reptil

Binatang amphibi dapat hidup di dua alam, karena kemampuan adaptasinya yang luar biasa. Contoh dari hewan ini yaitu,kura-kura, buaya, atau katak hutan.

Sedangkan untuk jenis reptile ada ular. Walaupun kebanyakan ular hidup di pepohonan dan hutan, ada juga yang hidup di air seperti ular laut.

  1. Mamalia laut

Mamalia adalah hewan yang melahirkan dan menyusui. Dari sepesia ikan yang tergolong jenis mamalia yakni, lumba-lumba, paus, anjing laut, dan masih banyak lagi.

  1. Ikan besar

Yang dimaksud ikan besar adalah kelompok ikan karnivora atau pemangsa. Salah satunya adalah hiu. Selain hiu ada lagi yaitu, pari atau tuna yang hidup di lautan.

Itulah bagian kecil dari kelompok hewan buas dan liar yang membahayakan manusia. Masih banyak lagi yang hewan liar yang hidup bebas di hutan.

Meskipun begitu, sebenarnya manusia dan hewan hidup saling berdampingan selama tidak saling menggangu.

Baca Juga : Hewan yang Sunnah Untuk Dibunuh Menurut Al-Qur’an

Loading...
Pengertian, Ciri dan Contoh Hewan Buas | ilmuhewan | 4.5