Pengaruh Jenis Pakan terhadap Burung

By On Saturday, July 15th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Pengaruh Jenis Pakan terhadap Burung – Mempunyai burung dengan kriteria yang baik seperti suara yang merdu dan bulu yang bersinar adalah impian para pecinta burung.

Walaupun demikian kamu tidak bisa seenaknya memberikan pakan tanpa mengetahui dampak dari burung tersebut. Belum lagi kandungan gizi dari pakan harus lah tinggi.

Jadi tidak asal memberikan pakan lho.

Berikut pengaruh jenis pakan terhadap burung yang wajib kamu ketahui sebelum memberikan berbagai macam pakan pada peliharaan milik kamu. Yuk simak!

Perhatikan Jenis Pakan

Demi membuat burung peliharaan kamu rajin berbunyi ternyata gampang – gampang susah. Pemberian pakan yang teratur dengan kadar yang tepat bisa membuat peliharaan kamu bersuara maksimal lho.

Baca Artikel Terkait :

Jenis Pakan Untuk Meningkatkan Produksi Susu Sapi Perah

Jenis Pakan alami dan pemberian pakan ternak belut dengan baik

Jenis-jenis Pakan Fermentasi Untuk Ternak Ruminansia

Jenis Pakan Ulat Sutera

Jenis Pakan Pelengkap Untuk Burung Kicauan

Tidak sedikit dari pecinta burung mengatakan bahwa dalam memberikan pakan dengan jenis yang berbeda – beda dapat mempengaruhi kualitas burung tersebut.

Oleh karenanya berikan lah pakan sesuai dengan kebutuhan dan dosis yang tepat.

Kandungan Gizi

Setelah sukses mendapatkan beberapa jenis pakan lantas tugas kamu sudah selesai? Belum. Kamu harus memperhatikan kandungan vitamin, protein dan gizi yang tersedia pada setiap jenis pakan.

Belum lagi bila burung peliharaan kamu masih sangat muda, maka kamu pun harus ekstra hati – hati dalam menyediakan pakan agar langkah yang dilakukan tepat serta pakan pun tidak melenceng.

Pisah antara Burung Dewasa dan Burung yang Masih Muda

Kebutuhan akan jenis pakan akan sangat berbeda tergantung pada umur burung itu sendiri. Jika burung memiliki umur yang lebih tua (dewasa) maka jenis pakan pun harus berbeda.

Contohnya saja burung yang masih muda, sangat membutuhkan protein, gizi dan vitamin yang pas guna mendukung kebutuhan pembentukan badan dan bulu mereka.

Kamu pun dapat membeli pakan yang siap saji atau pun diracik sendiri. Tapi menurut situs Agrotani, umumnya jenis pakan untuk burung muda adalah bubur terigu yang sudah diracik.

Tapi sebelum itu usahakan lah untuk mencari tahu mengenai pembuatan racikan yang pas agar sesuai dengan porsinya. Selain menggunakan internet sebagai bahan informasi, bertanya langsung pada yang sudah berpengalaman juga tidak ada salahnya lho.

Cara kedua ini lebih efektif karena kamu pun bisa leluasa bertanya dan langsung melihat hasil nyatanya.

Perkawinan antar Burung

Seperti halnya dalam pemberian pakan, mengawinkan burung satu dengan yang lain juga wajib ada di daftar utama kamu.

Pasalnya jika kamu mengawinkan burung dengan burung yang salah maka hasil yang didapat pun akan kurang bagus. Perkawinan burung dengan burung yang tepat juga ternyata dapat mempengaruhi kesehatannya lho.

Usahakan untuk mengawinkan burung dengan burung yang memang memiliki kualitas baik. Hal ini juga dapat mempengaruhi hasil atau anakan mereka. Mengawinkan dengan burung yang tepat juga bisa menghasilkan warna bulu yang mempesona.

Dikutip dari Omkicau, ada berbagai jenis pakan yang dapat mempengaruhi burung peliharaan kamu.

Beberapa diantaranya seperti pakan jangkrik dan cacing tanah diyakini dapat meningkatkan birahi pada burung. Pakan ulat hongkong dan kroto juga dipercaya dapat memberikan efek panas pada tubuh burung.

Sementara pemberian pakan buah – buahan yang banyak mengandung air serta mempunyai rasa asam dapat menurunkan birahi dan emosi burung.

Kamu bisa menemukannya pada buah peer, belimbing wulu dan pepaya. Lain jika kamu berikan pakan buah yang bersifat basa maka ini bisa mengakibatkan naiknya birahi burung peliharaan kamu.

Sedangkan untuk jenis pakan buah manis ternyata bermanfaat sekali untuk menjaga kondisu dan stamina burung itu sendiri.

So, perhatikan sebelum memutuskan untuk memberi pakan yang berbeda – beda ya. Perbanyaklah searching informasi mengenai hal ini, dan bertanya langsung pada ahlinya agar burung peliharaan kamu bisa tumbuh maksimal.

Loading...
Loading...
Pengaruh Jenis Pakan terhadap Burung | ilmuhewan | 4.5