Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Pengantar Ilmu Peternakan

By On Wednesday, January 17th, 2018 Categories : Info Lainnya

Pengantar Ilmu Peternakan – Ilmuhewan.com – Secara garis besar yang kami rangkum dari berbagai sumber berita menjelaskan bahwa ilmu adalah sekelompok pengetahuan dasar maupun kelanjutannya yang tersusun sebagai rangkaian objek yang memiliki sifat obyektif, sistematis, metodis dan berlaku secara umum dan sangat luas disertai dengan cirri – ciri tertentu atau pengetahuan lainnya terkait yang bersifat ilmiah.

Salah satu dari ilmu yang bisa dipelajari sebagai pengetahuan oleh manusia adalah pengantar ilmu peternakan.

Dalam perkembangan jaman, masing – masing cabang ilmu merupakan cabang yang memiliki sifat lebih kecil (ranting dalam sebatang pohon besar) dan bersifat spesifik, sehingga akan bermuara sebagai ilmu murni.

Pengembangan cabang selanjutnya merupakan ilmu – ilmu terapan.

Baca Juga : Sejarah Peternakan Di Indonesia

Contohnya adalah Ilmu Murni Biologi berkembang dalam terapan Ilmu Ternak, Genetika dll. Ilmu Murni Ekonomi berkembang sebagai terapan Ilmu Manajemen, Akuntansi, Pajak. dll.

Menurut Undang – Undang Pokok Kehewanan, Undang – Undang Nomor 6 Tahun 1967 tentang Ketentuan – Ketentuan Pokok Peternakan dan Kesehatan Hewan, pada Bab I Pasal 1, menjelaskan beberapa poin merujuk terhadap penjelasan kami tentang pengantar ilmu peternakan, bahwa :

  • Ternak merupakan sekelompok hewan piaraan beserta dengan lingkungan di sekitarnya yang membantu keamanan dan kenyamanan hewan – hewan tersebut berkembangbiak seperti tempat, makanan / minum dan perkembangbiakan yang sehat serta manfaat hal – hal lainnya terkait yang harus diatur dan diawasi oleh manusia dan dipelihara khusus sebagai media memberikan manfaat besar untuk kelangsungan hidup manusia.
  • Peternak adalah sekelompok orang atau badan hukum dan atau buruh peternakan yang memiliki mata pencaharian sebagian atau seluruhnya terfokus kepada peternakan saja terkait dengan pengusahaan / pembudidayaan / pemeliharaan ternak dilengkapi terhadap segala fasilitas penunjang untuk menjaga kesehatan kehidupan ternak.
  • Peternakan murni merupakan cara peternakan dimana perkembangbiakan ternak – ternaknya dilakukan dalam skala besar untuk jangka waktu panjang dengan rutin melakukan kegiatan yang mendukung kelancaran jalannya usaha antara si pelaku dan ternak / hewan yang termasuk ke dalam satu rumpun.
  • Untuk mempersempit cakupan ilmu peternakan, fokuskan pikiran anda terhadap beebrapa istilah animal husbandry dan animal breeding. Dalam Bahasa Indonesia (Wikipedia), keduanya mengandung arti yang sama yaitu “ beternak ”, namun masih memiliki perbedaan makna diantara keduanya sebagai berikut :
  • Animal Husbandry adalah cara beternak dalam arti luas yang meliputi beberapa komponen seperti pemeliharaan, perawatan, siklus kehidupan dan perkawinan, kelahiran bibit – bibit unggul, kesehatan ternak dan lingkungan termasuk manusia terkait langsung di dalamnya serta mengambil manfaatnya.
  • Animal Breeding adalah cara beternak dalam arti lebih sempit yang memfokuskan kepada semua kegiatan yang mengatur perkembangbiakan di dalam usaha tersebut seperti mengatur perkawinan, kemandulan ternak dan kebuntingan yang sehat serta kelahiran dan pemilihan bibit.
  • Cross Breeding adalah melakukan perkawinan antara hewan / ternak secara silang yang berbeda bangsa dalam satu jenis ternak (breed) dimana masing – masing jenis adalah dari kelompok bangsa murni.
  • Grading Up adalah kelanjutan dari sebuah sistem breeding dimana yang dipilih adalah kelompok pejantan murni (dari peternak lain) yang dikawinkan dengan sekelompok betina lokal pilihan. Dari sini akan mendapatkan keturunan dan dipilih yang betina saja untuk dikawinkan dengan pejantan murni yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Hasil – hasil anakan yang jantan dihilangkan hingga pada titik tingkat genetik tertentu, sehingga hanya akan memperoleh bibit betina dan pejantan unggul yang dikenal dengan istilah peranakan.

Kesimpulan

Apabila ditekuni secara profesional maka bisa sebagai sumber penghasilan dimana dengan memelihara ternak – ternak pilihan diharapkan bisa sebagai sumber untuk mendapatkan uang.

Juga berfungsi sebagai sumber lapangan kerja dalam skala besar, dimana seiring dengan perkembangan jaman dalam dunia ilmu peternakan, perkembangan usaha peternakan akan membutuhkan tenaga – tenaga kerja dalam jumlah seimbang.

Industri peternakan adalah industri biologis yang membutuhkan campur tangan manusia yang menguasai ilmu peternakan dan ilmu lainnya terkait.

Merupakan sumber penelitian ilmu pengetahuan, perkembangan dan sarana penelitian yang dilakukan efektif terhadap pemenuhan kebutuhan manusia.

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Culling Dalam Peternakan

Loading...
Pengantar Ilmu Peternakan | ilmuhewan | 4.5