Pembagian Hewan Langka Menurut Wilayah di Indonesia

By On Monday, May 29th, 2017 Categories : Daftar TOP

Pembagian Hewan Langka – Di era modern seperti saat ini, hewan langka yang dilindungi di seluruh dunia sudah mulai bertambah bahkan sudah ada banyak hewan yang mulai punah.

Hal ini disebabkan oleh campur tangan manusia yang tidak seimbang dengan ekosistem alam yang seharusnya, seperti perusakan habitat hewan yang asli dengan cara menebangan hutan secara liar, kebakaran hutan bahkan dengan penangkapan hewan-hewan yang sudah dilindungi oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, persebaran hewan di dunia sangatlah banyak, namun berkat seorang penjelajah dan ahli imu alam, geografi, antropologi dan biologi yaitu Alfred Russel Wallace yang membuat garis pemisah pembagian flora dan fauna di dunia termasuk di Indonesia.

Baca Juga : Macam-macam Hewan yang Memiliki Abdomen

Garis pemisah tersebut dinamau dengan Garis Wallace yang membatasi persebaran wilayah untuk fauna bagian Indonesia barat dan tengah, sedangkan Garis Weber digunakan untuk membatasi persebaran fauna bagian tengah dan timur Indonesia.

1. Fauna Asiatis – Indonesia Bagian Barat

Jenis hewan yang termasuk dalam type ini adalah hewan yang berada di wiliyah Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan. Hewan pada wilayah ini kebanyakan merupakan hewan besar yang menyusui (mamalia).

Contoh hewan langka yang terdapat di wilayah ini adalah gajah, harimau sumatra, badak bercula satu, banteng, tapir, rusa, kijang, orang utan, bekantan, siamang, beruang, dan lain-lain.

Selain itu, juga ada jenis reptile yang dapat ditemui di sini antara lain ular, buaya, kura-kura, trenggiling. Dan dari jenis burung langka yang dapat kita temui yaitu burung merak, jalak bali.

2. Fauna Peralihan – Indonesia Bagian Tengah

Fauna yang terdapat di Indonesia bagian tengah adalah fauna type peralihan atau biasa disebut dengan Austral Asiatic. Wilayah fauna yang termasuk dalam type peralihan adalah kepulauan Wallace yang mencangkup Sulawesi, Maluku, Timor dan Nusa Tenggara serta pulau-pulau kecil disekitarnya.

Fauna yang termasuk dalam hewan langka yang mendiami wilayah tersebut antara lain anoa, kura-kura, komodo, kuskus, babi rusa, ikan duyung, monyet hitam, beruang, tarsius, banteng, buaya, ular, burung maleo, burung dewata, burung rangkong, da burung kakatua.

3. Fauna Australis – Indonesia Bagian Timur

Fauna yang mendiami di bagian Indonesia Timur ini merupakan hewan yang bertipe Australis. Wilayah persebarannya mencangkupi wilayah Papua, Halmahera dan Kepulauan Aru.

Hewan yang masuk dalam jenis Australis ini juga biasa di sebut dengan fauna dataran sahul.

Hewan yang mendiami daerah ini merupakan binatang yang bukan berjenis seperti kera yang terdapat di fauna asiatis, binatang mamalia kecil namun jumlahnya tidak banyak seperti bagian yang lain.

Seperti namanya, fauna australis memiliki bentuk atau rupa yang mirik dengan hewan Australia. Jenis hewan langka yang bertipe australis antara lain burung cendrawasih, burung kasuari, burung nuri, burung raja udang, kanguru, walabi, beruang, nokdiak atau landak Papua, opossum laying yaitu pemnjat berkantung, kuskus, kanguru pohon, buata, dan kura-kura.

Seperti yang sudah diketahui secara umum, Alfred Russel Wallace tidak hanya membagi tipe flora fauna di Indonesia saja. Namun secara umum atau global, Alfred Russel Wallace membagi wilayah persebaran fauna menjadi delapan bagian wilayah yaitu Ethipian, Paleartik, Oriental, Australian, Neotropikal, Neartik, Oceanik dan Antartik.

Dan hewan yang berada di Indonesia sebagian besar merupakan berada di wilayah Oriental yang dibagi menjadi 3 bagian besar tadi.

Demikian penjelasan tentang Pembagian Hewan Langka menurut wilayahnya berdasarkan Alfred Russel Wallace. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan dapat berguna dalam menyelamatkan hewan langka yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Pembuahan Eksternal Pada Hewan

Loading...
Loading...
Pembagian Hewan Langka Menurut Wilayah di Indonesia | ilmuhewan | 4.5