Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Peluang Usaha Peternakan untuk Pemula

By On Tuesday, February 6th, 2018 Categories : Peluang Bisnis

Peluang Usaha Peternakan untuk Pemula – Jumlah manusia yang terus-menerus meningkat setiap waktunya membuat jumlah permintaan bahan baku pangan ikut meningkat.

Hal ini terkadang menjadi kendala tersendiri apabila jumlah bahan baku pangan yang tersedia tidak seimbang atau kurang dari jumlah permintaan yang ada dan berujung pada naiknya harga pangan bahkan kasus kelaparan massal di beberapa daerah terpencil.

Tentu ini meresahkan karena dapat merenggut nyawa manusia yang tidak bersalah karena kurangnya asupan gizi yang didapat.

Kegiatan ternak atau peternakan sudah sangat umum didengar masyarakat sejak dahulu kala. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbanyak jumlah bahan baku pangan hewani, seperti berbagai jenis daging, ikan, susu sapi, dan lain-lain, untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Baca Juga : Tips dan Trik Usaha Hewan Sugar Glider

Kegiatan peternakan tidak hanya dilakukan oleh masyarakat di kawasan pedesaan atau kawasan pinggiran, Anda yang bertempat tinggal di kawasan perkotaan juga dapat menjadi peternak selama memenuhi beberapa syarat dalam kegiatan ternak ini.

Artikel kali ini akan membahas tentang peluang usaha peternakan bagi pemula.

Penasaran?

Yuk, simak penjelasan di bawah ini! Semoga penjelasan di bawah ini dapat menambah informasi para pembaca sekalian, ya!

SYARAT MELAKUKAN KEGIATAN TERNAK

  1. Modal

Semua usaha tentu memerlukan modal awal, mulai dari modal skala kecil hingga skala besar sekalipun dan bersifat mutlak dimiliki.

Dalam konteks ini, modal yang Anda butuhkan dapat berupa investasi dari para investor yang memercayai Anda untuk menjalankan sebuah peternakan atau bersifat urunan.

Modal awal tidak harus langsung dalam jumlah besar, missal Anda ingin beternak ayam pedaging, maka Anda dapat mulai dari berapa puluh ekor ayam pedaging dan kemudian dikembangkan dengan baik dan benar hingga mencapai jumlah yang Anda kehendaki dengan investor.

  1. Perawatan Hewan Ternak

Hewan ternak yang mendapatkan perawatan dengan baik dan tepat akan berkembang dengan baik pula dan Anda sebagai peternak mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan hewan ternak mencakup pembenihan, mendapatkan bibit unggul, pembesaran sampai masa panen termasuk penanunggalan hama dan penyakit yang mungkin menyerang hewan-hewan ternak nantinya.

Beberapa hewan ternak harus mendapat perhatian khusus agar tidak terserang penyakit dan hama yang dapat menyebabkan kematian secara massal.

Kebersihan kandang dan kawasan sekitar kandang harus diperhatikan dengan seksama, begitu pula dengan makanan yang diberikan karena berdampak pada kesehatan dan hasil dari hewan ternak nantinya.

  1. Sarana dan Prasarana Budidaya

Hal lain yang harus diperhatikan untuk kegiatan ternak ialah sarana dan prasarana beternak atau budidaya itu sendiri. Peralatan pembuatan dan pemeliharaan kandang dan kandang hewan merupakan sarana dari budidaya, sedangkan prasarana nya ialah stok obat-obatan, pakan, dan beberapa kelengkapan lainnya.

Pengecekan hewan ternak secara berkala dapat mencegah penyakit ataupun hama yang dapat merugikan hewan maupun peternak.

Selain itu, memastikan stok pakan serta obat-obatan agar cukup untuk semua hewan ternak juga perlu dilakukan apalagi di masa paceklik, dimana semua prasarana dari beternak dapat tiba-tiba menghilang dari pasaran.

  1. Pangsa Pasar

Syarat yang satu ini sangat menentukan kemajuan dari usaha yang Anda jalankan nantinya. Tanpa ada pangsa pasar yang pas, maka barang yang Anda tawarkan tidak ada artinya dan dapat mengalami kerugian.

Penentuan dan pengecekan pangsa pasar hendaknya dilakukan sebelum Anda menjalankan rencana usaha yang telah disusun; Anda harus mengerti apa saja permintaan pasar yang masih terdapat celah untuk dapat dipenuhi melalui kegiatan usaha yang akan Anda lakukan.

Selain itu, Anda perlu mengetahui teknis kerjasama antara sesama peternak atau sesama pelaku usaha dan juga agen-agen yang dapat menjadi sarana penjual hasil ternak milik Anda nantinya. Memiliki hubungan kerjasama yang baik sangat menentukan kemajuan usaha Anda di masa mendatang.

  1. Laba

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapat laba yang diinginkan, seperti:

  • Waktu perawatan hewan ternak
  • Tenaga kerja untuk menjalankan peternakan

Kedua hal tersebut hendaknya diperhitungkan dengan jeli untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan dalam waktu yang tepat atau lebih cepat. Anda dapat memilih jenis hewan yang perawatannya mudah dan cepat untuk dipanen, seperti kambing ataupun kelinci.

Untuk mendapatkan keuntungan, hendaknya Anda berlaku jujur dengan calon konsumen dengan tidak melakukan kecurangan selama proses perawatan dan memanen karena itu juga dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan para konsumen terhadap usaha yang Anda miliki.

Di bawah ini terdapat beberapa jenis hewan ternak yang dapat Anda pilih sebagai hewan ternak di peternakan atau sebagai peluang bisnis nantinya, seperti:

  • Jangkrik

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil, jangkrik dapat dimanfaatkan menjadi berbagai olahan lanjutan dengan menghasilkan untung yang lebih besar. Jangkrik dapat dimanfaatkan sebagai pakan burung, bahan baku obat-obatan serta kosmetik, dan masih banyak lagi.

Usaha ternak jangkrik ini dapat dilakukan di lahan yang sempit karena jangkrik yang tidak memerlukan tempat besar untuk dikembang biakkan.

Cukup menyediakan ruang tertutup yang gelap, pakan dan kandang terbuat dari kotak kayu maka Anda dapat menjalankan ternak jangkrik.

  • Pembesaran Sapi

Modal awal dari ternak yang satu ini terbilang cukup tinggi, meski begitu usaha yang satu ini patut untuk dicoba. Anda dapat memulainya dengan memelihara beberapa ekor sapi dan kemudian dibesarkan dalam kurung waktu 6 – 9 bulan lamanya, apabila Anda mendapat bibit unggulan, maka Anda dapat membesarkan sapi dalam waktu kurang dari 4 – 5 bulan. Tidak hanya bagian tubuh sapi yang dapat dimanfaatkan, kotoran sapi pun dapat dijadikan pupuk organik.

  • Ikan Lele

Ikan yang satu ini adalah salah satu jenis ikan kegemaran masyarakat karena rasanya yang gurih dan mudah didapat. Modal utama yang harus Anda miliki ketika hendak beternak lele ialah bibit lele dan pembuatan kolam. Pakan lele yang mudah didapat semakin memperkecil jumlah pengeluaran peternak.

Masa panen ikan lele tergolong cepat dan singkat dalam kurung waktu beberapa bulan saja serta perawatan hewan yang sangat mudah karena ikan lele jarang terkena penyakit.

Baca Juga : Tips dan Trik Peluang Usaha Penetasan Telur

Loading...
Peluang Usaha Peternakan untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5