Panduan Sederhana Ternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

By On Tuesday, June 7th, 2016 Categories : Perikanan

Cara Budidaya dan Ternak Ikan Gabus – Ikan gabus adalah salah satu spesies ikan dari Indonesia yang habitatnya di rawa-rawa dan sungai.

Ikan ini mempunyai rasa yang lezat dan pangsa pasarnya cukup tinggi, namun jumlah produksinya masih rendah, oleh karena itu budidaya ikan gabus memiliki potensi usaha yang sangat bagus.

Ikan gabus mempunyai cirri yang unik. Yaitu ikan ini merupakan ikan yang pasif, berpindah ke tempat yang satu ke tempat yang lain lalu diam.

budidaya ikan gabus

Bahkan jika terpaksa untuk menghindari ancaman, ikan gabus mampu mengubur dirinya ke dalam lumpur. Ikan gabus mampu hidup tanpa air, karena memiliki labirin sehingga ikan gabus bisa bernafas dengan menyerap oksigen.

Ikan gabus juga merupakan ikan kanibal, karena ikan ini bisa memangsa ikan-ikan yang lebih kecil dari ukuran tubuhnya bahkan kodok sekalipun.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal

Sehingga untuk melakukan budidaya ikan gabus anda harus mengetahui panduan berikut ini :

1. MEMBUAT KOLAM PENAMPUNGAN

Untuk membuat kolam ikan gabus dengan menggunakan terpal. Bisa dipakai dengan dua cara. Yaitu pertama dengan cara menggali tanah kurang lebih tinggi 2 meter, panjang 7 meter dan lebar 4 meter.

Atau yang kedua dengan membuat kerangka bambu di atas tanah dengan ukuran yang sama. Ingat, sebelum memakai terpal hendaknya rendam dulu terpal yang baru ke dalam air selama 3 hari untuk mengurangi zat-zat kimia dalam pembuatan terpal.

Jika sudah, letakan terpal ke dalam kolam secara merata dan rapi, lalu ikat pinggir terpal dengan kawat dan juga paku agar kuat.

2. MENEBAR BIBIT

Langkah kedua sebelum menebar bibit ikan gabus, masukan tanah yang berasal dari kotoran hewan sampai setinggi 30 cm ke dalam kolam.

Lalu masukan air yang sudah diberi biodicon DF setinggi 50 sampai 100 cm. Diamkan air selama 1 minggu dan air jangan dialirkan agar nanti timbul plankton untuk pakan ikan alami. Setelah itu tebarkan bibit ikan gabus ke dalam kolam dan jangan berikan pakan dulu selama 2 hari

3. PEMBERIAN PAKAN

Dalam memberi pakan ikan gabus, untuk sekitar 10.000 bibit membutuhkan sekitar 2 kg pakan setiap harinya. Dalam pembuatan pelet ikan gabus, komposisinya adalah karbohidrat 10%, lemak 15%, protein 15%, dan 60% sisa daging ampas dapur.

Atau bisa juga dengan membuat pakan dengan komposisi yang lain yaitu dedek 50%, ikan teri 20%, jagung 10% dan ampas tahu 20%.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu giling bahan-bahan di atas menjadi satu, kemudian jemur hingga kering, dan haluskan pakan sebelum diberikan ke ikan gabus.

Hal yang perlu diwaspadai, jangan sampai telat memberi makan. Karena ikan gabus adalah ikan kanibal, sehingga jika telat makan maka ikan gabus akan memangsa kawannya sendiri.

4. PENGATURAN PAKAN

Ikan gabus bisa dipanen secara bertahap sesuai kebutuhan pasar. Tidak seperti ikan lainnya seperti ikan lele, nila atau patin yang harus dipanen secara bersamaan.

Karena ikan-ikan tersebut bila tidak dipanen secara bersamaan, maka ikan mudah stress dan cepat mati. Berbeda halnya dengan ikan gabus yang bisa dipanen secara berkala dan tidak harus bersamaan, hal ini dikarenakan ikan gabus mempunyai daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Untuk mencapai hasil yang maksimal, hendaknya lakukan sortir ukuran setiap 1 bulan sekali dengan membuat bak sortir yang diberi lubang sesuai ukuran ikan gabus. Selamat mencoba…

Baca Juga : Bagaimana Cara Ternak dan Budidaya Ikan Arwana?

Loading...
Panduan Sederhana Ternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal | ilmuhewan | 4.5