Panduan merawat ayam aduan usai betarung

By On Wednesday, December 21st, 2016 Categories : Info Lainnya

Cara merawat ayam aduan usai betarung – Setelah mengalami pertarungan yang sengit, seringkali ayam mengalami cidera entah akibat  patukan dan pukulan dari kaki sang lawan.

Ayam bisa saja mengalami infeksi yang menyebabkan seolah-olah ayam sangat ketakutan dan juga menyebabkan ayam kelihangan nafsu makannya.

Oleh karena itu dibutuhkan perawatan pada ayam usai bertarung agar kesehatan ayam tidak memburuk. Karena  jika perawatannya diabaikan begitu saja bisa saja keadaan ayam bisa semakin memburuk dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada ayam. Lalu bagaimanakah cara merawat ayam usai bertarung ???

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Ayam Petelur

Berikut adalah beberapa cara yang anda dapat lakukan untuk merawat ayam setelah bertarung langsung setelah diadu di tempat adu.

  1. Bersihkanlah leher ayam dari darah dan lender dengan menggunakan bulu yang telah disiapkan. cara ini sering disebut dengan pengkorokan.
  2. Untuk mencegah infeksi pada luka ayam anda bisa meneteskan antibiotic pada luka ayam. Jangan gunakan larutan iodium karna dapat membakar kulit ayam dan membuat luka ayam sulit hilang.
  3. Setelah itu berikan minum pada si ayam. Karena setelah bertarung ayam akan kehilangan banyak tenaga dan membuat si ayam merasa sangat haus. Minum adalah salah satu cara untuk menyegarkan kembali keadaaan si ayam dalam waktu singkat.
  4. Jangan lupa mandikan ayam setelah minum dengan cara membersihkan seluruh badan ayam menggunakan air hingga tidak ada sisa-sisa darah yang melekat di tubuh ayam. Hal ini bergunak untuk menghentikan aliran darah pada luka ayam
  5. Keringkan ayam menggunakan handuk kering sacara perlahan-lahan agar tidak menyakiti tubuh si ayam
  6. Bila ada pembuluh darah ada yang bocor segera tutup dan jahit menggunakan benang jahit biasa

Cara diatas harus dilakukan sesegera mungkin setelah ayam diadu di arena aduan. Selain itu ada juga perawatan ayam yang harus dilakukan dirumah secara intensif yaitu dengan cara :

  • Mengistirahatkan ayam selam kurang lebih 2 minggu. Istirahat yang dimaksud disini adalah istirahat tanpa aktivitas apapun tidak perlu tergesa-gesa untuk mengadu ayam kembali. Untuk 3 hari pertama jangan lupa memeberikan antibiotic pada ayam
  • Jangan lupa untuk sering memandikan ayam setiap hari dan menjemurnya di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan agar semangat dan gairah ayam kembali
  • Berikan pakan yang bergizi yang mengandung protein dan karbohidrat. Dan setelah ayam kembali mulai normal ( kurag lebih hari ke 4 ) berikan pellet yang dicampur dengan sedikit susu cair. Janganlupa menyediakan air untuk minum ayam setiap hari.
  • Perawatan yang selanjutnya dapat dilakukan setelah nafsu makan ayam kembali normal anda dapat menyatukan ayam jantan dengan ayam betina. Umumnya, ayam akan cepat sembuh dan pulih untuk menarik perhatian betinannya.

Itulah beberapa informasi mengenai cara merawat ayam aduan usai bertarung. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi saudara-saudara semua.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit/Anakan Ayam Petelur Unggulan dan Berkualitas

Loading...
Loading...
Panduan merawat ayam aduan usai betarung | ilmuhewan | 4.5