Panduan dan Cara Budidaya Ikan Toman

By On Tuesday, May 3rd, 2016 Categories : Perikanan

Panduan dan Cara Budidaya Ikan Toman – Diantara  jenis ikan  konsumsi yang masih jarang kita temui ialah ikan  Toman, Mungkin juga  sebagian dari kita maih ada yang belum  kenal ikan yang satu ini.

Secara morfologis yang bisa kita kenali ikan ini antara lain, mempunyai ciri dengan kulit yang berwarna merah serta  corak garis berwarna oranye serta hitam.

Keunikanya setelah ikan ini dewasa akan mengalami perubahan warna yakni bertambah corak warnanya.

asew

Jadi setiap pertumbuhan usianya akan selalu bertambah corak warnanya secara alami, yang selalu berlainan seperti  warna biru, hitam serta  warna putih putih. Namun secara umum ikan ini mempunyai warna dasar adalah hitam.

Meskipun  keberadaan ikan ini lebih banyah dikenal  sebagai ikan konsumsi oleh sebagian masyarakat. Namun ikan Toman sebenarnya  oleh sebagian masayarakat tertentu dianggap ikan hias yang yang umum menghiasi akuarium.

Baca Juga : Cara Praktis Pembenihan Ikan Lele

Namun perlu diperhatikan jika ikan ini sudah mencapai bobot mencapai  mencapai 15 kg beratnya karena  ciri ikan buasnya akan semakin menonjol berarti  memerlukan perhatian khusus.ikan ini sebetulnya merupakan sebagai bagian dari keluarga ikan gabus

Penyebaran ikan Toman ini merata di wilayah perairan Sumatra,Kalimantan,Malaysia ,Thailand Laos,Vitnam dan India.

JIka masih muda ikan toman berwarna  sangat indah dan disukai sebagai ikan akuarium. Tidak heran jika, ikan ini sering  diekspor sebagai ikan hias ke mancanegara, termasuk ke Amerika Serikat.

Meskipun ikan ini tampak bersahabat dan  nikmat dikonsumsi oleh sebagian masyarakat namun dalam sejarahnya ikan ini pernah menjadi  ancaman  bagi kelangsungan hidup. Pada tahun 2002 dan 2003 ditemukan empat ekor toman di perairan di Maryland dan Wisconsin.

Tidak diketahui penyebabnya apakah ikan ini terlepas atau secara sengaja dilepaskan dari akuarium.

Keberadaan ikan-ikan ini telah membuat gelisah pihak yang berwenang di negara itu karena yang menjadi kekhawatiran jika ikan ini sampai berbiak, akan menginvasi dan mengganggu keseimbangan komunitas alami di perairan setempat karena ikan toman ini sebetulnya merupakan ikan predator yang buas tentu berbahaya bagi ikan ikan kecil yang lain. Apalagi jika ukurannya semakin  besar tentu semakin merepotkan.

 Cara Budidaya  Ikan Toman Yang Unik

  1. Dibanding ikan lainnya ikan Toman ini tidak terlalu sulit ,karena jenis ikan ini mempunyai sifat fisik yang  kuat yang dapat bertahan pada tempat yang mempunyai kandungan oksigen rendah. Meskipun ikan ini merupakan ikan yang aman bisa di budidayakan di kolam, namun sebaiknya  kolamnya harus dibuat dengan sangatlah kuat dan aman karena jenis ikan ini  merupakan ikan predator yang sangat kuat.
  1. Sebagai pakan yang cocok ikan toman, ialah ikan ikan kecil, atau katak. Dengan makanan ini, ikan toman dapat  membantu pertumbuhan ikan dan cepat tumbuh besar.
  1. Keistimewaan ikan ini adalah kemampuannya yang tinggi untuk beradaptasi, jenis ikan toman ini adalah ikan yang sangatlah kuat, ia bahkan juga dapat bertahan dengan hidup di daratan seperti diatas lumpur.
  1. Banyak cara budi daya ikan Toman diantaranya  dilakukan di keramba dapat juga dikerjakan dengan namun tetap diusahakan supaya tetap  memperoleh cukup makanan. Di dalam keramba ikan akan merasa lebih alami  jika dibanding  hidup di kolam terpal misalnya.Karena ikan ini akan merasa lebih leluasa hidup bebas.
  1. Cara memberi pakan, sebaiknya dengan memberi pakan berupa ikan kecil namun selalu tersedia di sekitar habitatnya di keramba. Dengan demikian, ikan toman bakal tumbuh dengan baik serta cepat panen dengan berat yang cukup untuk di jual dipasaran
  1. Supaya mendapat hasil yang lebih baik, sebaiknya budidaya ikan Toman ini  diawali dari sejak bayi, alasannya secara ekonomis harga ikan Toman yang masih bayi harganya masih lebih jauh lebih murah.
  1. Yanga aneh pada budi daya ikan toman ini, karena ketika toman bayi masih banyak yang dijadikan ikan hias di aquarium namun pada saat mulai tumbuh besar ikan ini dipindahkan selanjutnya akan dibesarkan di keramba hingga mencapai bobot 15 kg atau yang layak dikonsumsi. karena daging ikan ini masih sangat  mahal harganya.

Baca Juga : Panduan Sederhana dan Cara Budidaya Ikan Betok

Panduan dan Cara Budidaya Ikan Toman | ilmuhewan | 4.5