Panduan Dan Cara Bisnis Ternak Marmut Yang menguntungkan

By On Sunday, July 17th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Bisnis Ternak Marmut – Dulu marmot adalah hewan yang kurang mendapatkan perhatian dari sebagian masyarakat.

Membudidayakan marmot di anggap belum bisa menambah pendapatan untuk kebutuhan keluarga. Namun akhir-akhir ini semakin banyak orang yang ingin memelihara marmot ini, terutama remaja dan anak-anak.

Hal ini menjadikan budidaya marmot sebagai lahan bisnis baru yang potensial. Orang-orang mulai tertarik untuk budidaya marmot sendiri baik dalam skala kecil maupun besar.

keong

Maski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya marmot ini, mulai dari karakteristik marmot, pemilihan bibit, tahap persiapan, peralatan yang dibutuhkan, pemberian pakan dan perawatan marmot

  1. KARAKTERISTIK MARMUT

Sebagaimana budidaya hewan lainnya, dalam budidaya marmot ini kita juga harus mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu sebelum membudidayakannya.

Marmot merupakan salah satu hewan pengerat, dimana masa hidup hewan ini bisa sampai 10 tahun dengan rata-rata usia antara 5-7 tahun.

Dalam budidaya marmot hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang, pakan dan perawatan bulu.

  1. PEMILIHAN BIBIT

Selain mengetahui karakteristik marmot, hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit untuk budidaya marmot tersebut.

Pilihlah bibit marmot yang sehat dan terbebas dari penyakit. Hal ini dapat dilihat dari kondisi fisik marmut tersebut seperti mata, kondisi bulu dan ukuran tubuh marmot tersebut.

Sebagai awal anda dapat memilih bibit marmot, minimal sepasang untuk bibit jantan dan tiga pasang untuk bibit betina. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan usia bibit marmot tersebut.

  1. TAHAP PERSIAPAN

Tahap persiapan dalam budidaya marmot ini meliputi persiapan kandang, pakan dan persiapan perlengkapan. Kandang ideal bagi marmot adalah kandang dengan ukuran besar, karena hewan ini tergolong jenis hewan yang aktif bergerak.

Anda harus menyediakan minimal dua kandang, yaitu satu kandang untuk pembibitan dan satu kandang lagi untuk marmot yang dewasa.

Ukuran kandang untuk budidaya marmot ini adalah 0,5m x 0,5m. Tapi jika anda ingin meletakkan lebih dari satu marmot maka ukuran kandang harus ditambah sebesar 0,7m x 0,7m.

Jangan menggunakan kandang berupa aquarium atau menggunakan container plastic. Serta pastikan kandang tersebut memiliki ventilasi yang baik dan tidak membatasi penglihatan serta suara dari marmut tersebut. Kandang yang dianjurkan adalah kandang yang terbuat dari mesh atau dari lembaran coroplast.

  1. PERLENGKAPAN YANG DI BUTUHKAN

Selain kandang hal yang harus diperhatikan adalah persiapan perlengkapan. Perlengkapan utama yang dibutuhkan dalam pemeliharaan dan budidaya marmot ini adalah alas dan bedding yang di letakkan dalam kandang.

Anda dapat menggunakan serutan kayu aspen sebagai bedding, dan pastikan bedding selalu diganti secara teratur untuk menjaga kesehatan dan menghindari bau dari marmot yang kita budidaya.

Perlengkapan lain yang diperlukan dalam budidaya marmot adalah  botol air minum, rak jerami, tempat makanan, piglo atau tempat kecil untuk berlindung dan tempat tidur. Anda juga dapat memasukan perlengkapan permainan seperti kincir atau roda kedalam kandang.

  1. PEMBERIAN PAKAN

Marmot dikenal sebagai hewan yang memiliki nafsu makan yang tinggi, oleh karena itu pemberian pakan merupakan salah satu factor penting dalam budidaya marmut ini.

Anda dapat memberi makan pellet khusus marmot yang banyak dijual dipasaran. Dan juga dapat memberi makan berbagai macam sayuran seperti bayam, wortel, selada parsley dan tomat. Anda juga bisa memberikan asupan vitamin sebanyak 10 sampai 30 mg setiap harinya.

  1. PERAWATAN MARMOT

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam budidaya marmot adalah perawatan. Perawatan paling utama adalah perawatan bulu. Anda dapat memandikan marmot dengan shampoo formula khusus.

Selain perawatan bulu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memotong kuku dan menyisir bulu marmut secara berkala. Jangan lupa mengeluarkan marmot dari kandangnya sesekali dan membiarkan marmut bermain dilantai untuk mengurangi stress.

Pastikan ketika mengeluarkan marmot selalu dalam pengawasan anda. Anda juga dapat memberikan mainan berupa rol tisu atau bel mainan selama berada diluar kandang.

Baca Juga : Panduan dan Cara Budidaya Keong Untuk Pemula

Panduan Dan Cara Bisnis Ternak Marmut Yang menguntungkan | ilmuhewan | 4.5