Panduan Dalam Budidaya Ikan Air Laut Untuk Pemula

By On Monday, March 14th, 2016 Categories : Perikanan

Panduan Dalam Budidaya Ikan Air Laut Untuk Pemula – Cara budidaya ikan air laut jelas akan berbeda dengan budidaya ikan air tawar atau budiaya ikan air payau.

Dilihat dari segi jenis airnya, budidaya ikan air laut pastinya menggunakan air laut sebagai sarana budidaya. Penggunaan air laut untuk budidaya memang menjadi kendala tersendiri bagi para pembudidaya, utamanya mereka yang tidak terletak di dekat pantai.

Maka salah satu sarat utama dalam budidaya ikan air laut haruslah bertempat palling tidak di dekat laut.

Untitled

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai jenis usaha ini. Salah satu diantaranya adalah ketersedian sarana dan prasarana pendukung, mulai air laut hingga jenis pakan yang sesuai dengan ikan air laut.

Baca Juga : Teknik dan Cara Budidaya Ikan Sepat Untuk Pemula

Penangkapan ikan laut secara berlebihan membuat jenis ikan ini mulai kekurangan suplai di pasaran.

Oleh karena itu, budidaya ikan air laut merupakan salah satu strategi untuk mencukupi kebutuhan konsumen akan ikan air laut.

Budidaya ikan air laut juga harus mempertimbangkan tujuan pengembangbiakan tersebut, apakah bertujuan untuk konsumsi atau hanya sekedar seagai ikan hias.

Tujuan inilah yang nantinya akan menentukan cara budidaya ikan air laut tersebut. Untuk tujuan konsumsi, idealnya budidaya harus dilakukan dilaut secara langsung dengan menggunakan kolam apung atau keramba. Sedangkan untuk tujuan hias, budidaya dapat dilakukan bisa dimana asal kebutuhan air laut tercukupi.

Faktor penunjang budidaya ikan air laut

Ada banyak faktor yang memengaruhi budidaya ikan laut tetap berjalan, mulai dari sarana dan prasarana hingga sumber daya manusia.

Faktor ini mempunyai berpengaruh terhadap keberlangsungan budidaya ikan air laut, juga saling memiliki keterkaitan antara satu dan yang lainnya.

  • Sarana dan prasarana

Ini adalah bahan yang mutlah yang dipenuhi untuk membuat budidaya ikan air laut. Budidaya ikan air laut harus berlokasi di laut dengan media kolam apung. Kolam apung dapat dibuat dengan car

  • Kolam

Penggunaan kolam dalam budidaya ikan air laut dapat berbentuk apa saja, yang paling penting adalah dapat mengapung.

Kolam apung akan membuat pembudidaya lebih mudah dalam melakukan pemantauan terhadap ikan yang sudah ditanam.

Kolam apung biasanya berbentuk kotak persegi dengan jaring menutupi bagian samping dan bawahnya. Pada kondisi tertentu, kolam apung harus ditutup dengan dengan penutup untuk melindungi ikan dari terik matahari.

  • Perahu

Merupakan sebuah alat transportasi yang mutlak harus dimiliki oleh pembudidaya. Perahu mempunyai fungsi penting baik sebagai alat pengangkutan maupun sebagai alat transportasi utama.

Perahu juga digunakan sebagai alat untuk melakukan cek ke setiap kolam apung atau keramba.

  • Alat pendukung

Alat seperti lemari penyimpanan atau freezer mempunyai fungsi tersendiri dalam budidaya ikan air laut.

Freezer berguna untuk menyimpan ikan hasil panen yang belum diambil oleh pembeli. Alat lain adalah mesin pempersih yang berguna untuk membersihkan jaring kolam setelah masa panen berakhir. Alat selanjutnya aerator yang berfungsi untuk memberikan oksigen ke dalam kolam air.

  • Akses

Ini merupakan sarana pendukung yang sangat krusial. Akses transportasi dan listrik akan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam usaha budidaya ikan air laut.

  • Pakan

Jenis ikan air laut membutuhkan pakan yang berbeda dari jenis ikan air tawar. Jenis pakan yang bisa diberikan berupa pakan segar ataupun pakan buatan. Pemberian jenis pakan ini biasanya bergantung pada jenis ikan tertentu.

  • Kualitas air

Dalam membuat budidaya ikan air laut, pemilihan lokasi dan kualitas air juga harus dipertimbangkan. Usahakan lokasi budidaya terhindar dari terjangan gelombang besar dan aman dari gangguan predator sekitar. Pastikan kedalaman air setidaknya 7-8 meter.

Baca Juga : Bagaimana Cara Budidaya Ikan Nilem?

Loading...
Panduan Dalam Budidaya Ikan Air Laut Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5