Pakan Alternatif Untuk Sapi Potong

By On Friday, May 27th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Pakan Alternatif Untuk Sapi Potong – Beternak sapi potong apakah menguntungkan? Tentu saja. Sapi potong menjadi komoditas yang selalu membanjirkan pundi-pundi setiap tahunnya.

Tidak hanya ketika saat-saat idul kurban saja. Perlu diketahui, Indonesia bahkan menyiapkan lahan sendiri untuk peternakan sapi potong di Sumbawa dan Bogor karena permintaan pasar dalam negeri yang sangat besar.

Sapi potong bukan hanya bermanfaat dagingnya saja. Namun bisa dimanfaatkan juga susu sapinya, kotoran sapinya dan bahkan bisa membuat aneka produk baru dari bagian tubuh sapi seperti kulit menjadi kerupuk rambak dll.

melati

Peternak sapi potong mayoritas mempunyai modal yang sangat lumayan. Namun beberapa peternak sapi memiliki strategi sendiri. Mereka mempunyai sistem penitipan sapi agar ongkos operasional sapi bisa ditekan.

Perlu diketahui perhitungan peternakan sapi, ongkos operasional yang paling besar adalah pakan. Pakan bisa menghabiskan 60 % dari biaya-biaya lain seperti kandang, pembersihan, pembelian bibit.

Peternak perlu strategi tersendiri dalam memberikan pakan alternative dengan menjaga kualitas sapi potongnya. Terlebih ketika musim kemarau datang dimana rumput semakin susah dicari.

Ketika rumput semakin susah dicari. Atau pakan dedak dan jerami sebagai pakan utama mulai membebani keuangan peternak.

Maka peternak sapi potong perlu strategi baru dalam memberikan pakan-pakan alternatif untuk sapi. Di bawah ini, beberapa pilihan alternatif yang bisa dicoba.

Jika peternakan anda dekat dengan perkebunan sawit

Maka anda bisa bernegosiasi dengan pemilik perkebunan untuk membeli tangkai-tangkai sawit sehabis panen.

Tangkai buah sawit ini bisa menjadi alternatif penggemukan sapi. Panen sawit yang terjadi setahun dua kali bisa menjadi pilihan dalam memberikan pakan alternatif.

Jika anda mempunyai modal yang sangat besar

Maka anda bisa membuka perkebunan sawit sendiri. Di beberapa lahan di Sumatera dan Kalimantan. Beberapa pemilik perkebunan juga pemilik peternakan.

Tidak perlu khawatir, uji coba pakan alternatif tangkai buah sawit pernah dilakukan Dahlan Iskan, Menteri BUMN saat PT Perkebunan di Sumatera hanya membuang sisa tangkai sawit sehabis panen. Dahlan kemudian menjadikan tangkai buah sawit untuk penggemukan sapi potong BUMN.

Berburu pohon pisang

Jika peternakan anda dekat dengan perkebunan pisang anda bisa bernegosiasi. Jika tidak? Jangan khawatir. Anda bisa mencoba membuka kebun pisang, tidak memerlukan lahan yang luas.

Hanya beberapa meter anda bisa menanam puluhan pucuk pisang sebagai investasi pakan sapi. Pohon pisang yang tumbuh besar bisa dimanfaatkan menjadi pakan sapi dikala paceklik.

Pohon pisang dicacah, dicampur dedak dan kemudian dijadikan pakan pengganti (selang-seling dengan pakan utama dan pakan dari tangkai sawit).

Dua pilihan pakan di atas bisa menjadi pilihan di saat meroketnya harga pakan sapi regular. Anda sebagai peternak bisa menyiapkan jauh-jauh hari sebelum membangun peternakan.

Setidaknya, jika sapi anda mempunyai kotoran. Daripada harus menjual kesana-kemari. Anda bisa menjadikannya pupuk kandang untuk perkebunan. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Memilih Pakan Kelinci yang Sehat

Loading...
Loading...
Pakan Alternatif Untuk Sapi Potong | ilmuhewan | 4.5