Obat Alami Yang Bisa Sembuhkan Penyakit Borok Pada Lele

By On Tuesday, July 4th, 2017 Categories : Penyakit Hewan

Cara Mengobati dan Mengatasi Penyakit borok pada lele  – Penyakit borok pada lele adalah penyakit yang paling ditakuti oleh pembudidaya lele karena dapat beresiko kematian yang sangat tinggi.

Penyakit borok ini biasanya menyerang lele mulai dari ukuran 7-8 cm hingga ukuran dewasa yang sudah layak untuk dikonsumsi.

Borok pada lele disebabkan oleh kondisi kolam lele yang kotor sehingga lele terjangkit oleh bakteri yang menyebabkan borok. Bateri yang menyerang lele yang terkena borok adalah bakteri Aeromonas Hidrophylla dan parasit Trichodina sp.

Baca Juga : Cara Ternak dan Budidaya Lele Phyton

Borok pada lele sebenarnya dapat dihindari yaitu dengan menjaga kebersihan kolam lele. Kolam lele harus dibersihkan setiap minimal 2 hari sekali, tidak harus menunggu hingga kolam lele kotor.

Semakin bersih kolam lele maka semakin terhindar lele dari penyakit borok.

Namun, jika borok sudah terlanjur terjangkit ke lele anda tidak perlu kawatir. Penyakit borok dapat diobati dengan obat-obat tertentu dan juga dengan obat-obat yang terbuat dari bahan alami dan dapat dengan mudah anda dapatkan yaitu sebagai berikut ini :

Menggunakan buah ciplukan

Bahan alami yang pertama yang dapat anda gunakan untuk menyembuhkan borok pada lele adalah buah ciplukan. Buah ciplukan adalah sejenis buah kecil yang ketika buah itu masak maka akan tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Di berbagai daerah buah ini dikenal dengan sebutan buah ceplukan, buah cecenet, cecender, kopok-kopokan dan nyurnyuran.

Yang harus anda lakukan untuk dapat menyembuhkan penyakit borok pada lele menggunakan buah ciplukan adalah mencampurkan daun dan buah ciplukan kurang lebih 30 gram dengan air di dalam sebuah wadah, kemudian ambil lele yang terkena borok, rendam dalam larutan ciplukan ini. Lakukan hal ini hingga lele sembuh dari borok.

Menggunakan Phyllanthus niruri L., Phyllanthus urinaria linn

Anda juga dapat menggunakan Phyllanthus niruri   L., Phyllanthus urinaria linn atau meniran dengan cara mencampurkan bubuk daun meniran sebanyak 5 gram dengan 1 liter air, lalu masukan lele yang terkena borok dan diamkan selama 4-5 jam. Lalukan hal ini secara teratur hingga borok pada lele menghilang.

Selain dengan cara mencampurkan dengan air, anda juga bisa mencampurkan meniran sebanyak 20 gram ke dalam pakan.

Pastikan meniran sudah dicacah halus sehingga gampang dicerna oleh lele. Anda dapat mencampurkan 20 gram meniran ke dalam 1 kg pakan lele.

Menggunakan pupuk higeines

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kolam yang sudah dibershkan dan dikeringkan selama 1-2 hari setelah itu isi air dengan tinggi 30 hingga 40 cm dan sebaiknya menggunakan air yang bersumber dari sumur atau sumber air bersih lainnya.

Masukan lele yang terkena borok ke dalam kolam tersebut lalu tebarkan pupuk higeines yang sudah disaring dan dimasukan ke dalam botol bekas air minum yang sudah ditutup dan diberikan sedikit lubang.

Sebaiknya penebaran pupuk dilakukan pada sore atau malam hari agar pupuk dapat meresap ke dalam tubuh ikan selama semalaman.

Dan yang harus diperhatikan lagi adalah pupuk higeines harus difermentasi terlebih dahulu sebelum ditebar di kolam ikan lele yang terkena borok selama 12 jam. Selanjutnya biarkan lele yang sudah ditebar bubuk higenis selama 5-7 hari hingga borok pada lele sembuh total.

Selamat mencobanya ya semoga informasi yang telah disajikan dapat berguna bagi pembaca.

Baca Juga : Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ternak Lele Phyton

Loading...
Loading...
Obat Alami Yang Bisa Sembuhkan Penyakit Borok Pada Lele | ilmuhewan | 4.5