Morfologi Dan Klasifikasi Tanaman Jambu Air

By On Tuesday, December 24th, 2019 Categories : Biologi

Morfologi Dan Klasifikasi Tanaman Jambu Air – Beberapa jenis buah  buahan mempunyai khasiat untuk menyembuhkan penyakit manusia seperti pada buah Jambu Biji yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi nyeri diare. Tak mengherankan apabila buah yang satu ini menjadi salah satu buah favorit para manusia yang juga dapat diberikan kepada beberapa jenis hewan tertentu pemakan buah – buahan.

Tanaman Jambu Air mempunyai beberapa spesies tetapi pada umumnya terbagi menjadi 2 spesies yakni Jambu Air Kecil dan Jambu Air Besar. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab juga tergantung dari seberapa sering hama dan penyakit menyerang tanaman seperti antraknosa, fisiologis, dan embun jelaga.

Cara menanggulangi hama dan penyakit yang dimaksud dadalah dengan melakukan perawatan sesuai dengan pengaplikasian pupuk dan penyiraman air dilakukan secara rutin. Penyakit yang kerap menyerang tanaman Jambu Air adalah embun jelaga dikarenakan oleh hama bernama Kapang Capnodium Sp. yang mana gejala ditunjukkan adalah pada permukaan daun hampir sebagian besar tertutup oleh bercak hitam.

Cara untuk mengendalikannya adalah dengan menyemprotkan insektisida untuk membasmi hama guna menyerang tanaman Jambu Air. Cara lainnya adalah dengan memotong bagian yang sudah terserang hama dan penyakit yang biasanya dapat menghambat pertumbuhan penyakit. Masing – masing tanaman mempunyai klasifikasi tersendiri dimana klasifikasi Jambu Air yang dinyatakan oleh Crongquist (1981) adalah sebagai berikut :

Tanaman Jambu Air Dan Morfologi

Beberapa morfologi Jambu Air adalah sebagai berikut :

1. Akar tanaman / radix

Akar merupakan salah satu bagian dari tetanaman yang memegang peranan sangat penting. Masing – masing tanaman mempunyai akar yang berbeda – beda antara tetanaman yang satu dengan lainnya. Terhadap tetanaman Jambu Air mempunyai akar tunggang yang dikenal dengan nama radik primaria. Rimpunan akar tanaman Jambu Air mempunyai cabang percabangan dengan masing – masing ukuran yang relatif kecil.

2. Batang tanaman / caulis

Batang pada tetanaman rata – rata bervolume yang berbeda – beda dimana terhadap tumbuhan Jambu Air juga berlaku hal yang sama dimana yang membedakan hanyalah pada buah yang kecil dan besar. Apabila tanaman Jambu Air mempunyai batang berupa kayu dengan struktur yang kokoh dan keras rata – rata buahnya besar – besar namun tetap saja ciri khususnya adalah terletak pada batang yang kekar dan besar. Batangnya berwarna cokelat dengan banyak bercak serta mempunyai tekstur kasar. Ketinggian batang dapat mencapai 3 hingga 10 meter.

3. Daun tanaman / folium

Bagian tanaman yang lainnya terpenting perlu diperhatikan kondisinya adalah daun.Daun pada tanaman Jambu memiliki jenis daun tunggal bertangkai dan saling berhadap – hadapan. Panjang daun ini kisaran 15 hingga 20 Cm dengan lebar antara 4 s/d 6 Cm. Pada rumpunan tulang daunnya mempunyai sirip yang berwarna hijau terang dimana di ujung daun tanaman ini mempunyai bentuk yang tumpul dengan pangkal yang bulat sedangkan bagian permukaannya mengkilap.

4. Bunga tanaman

Tanaman Jambu menyimpan bunga yang berjenis majemuk dengan bentuk karangannya diberikan istilah malai. Bunga ini mempunyai warna kuning dan putih mempunyai letak tepat di ketiak daun. Pada bagian kelopak mempunyai bentuk corong dengan benang sari mempunyai ukuran 4 hingga 4 Cm. Benang sari berwarna putih dengan banyak helai bisa mencapai 20 benang sari yang masing – masing berukuran 4 hingga 5 Cm dibagian putiknya. Warna pada putik sari adalah hijau pucat yang biasanya dikenal dengan istilah bunga lengkap.

5. Buah tanaman

Tanamn Jambu Air rata – rata berbuah menyerupai lonceng yang mengerucut dan berbentuk ketas berwarna – warni. Warna – warna dasar akan berubah dengan usia buah semakin membesar, ketika masih muda akan berwarna hijau muda sedangkan ketika sudah matang akan berwarna merah tua. Biji buah Jambu Air seperti batu ginjal dalam tubuh manusia yang ketika berusia muda berwarna putih lalu tumbuh dewasa berubah menjadi cokelat. Biji ini mempunyai ukuran 1 hingga 2 meter pada diameternya.

Tanaman Jambu Air Dan Klasifikasinya

Kingdom : plantae, divisi : magnoliophyta, kelas : magnoliopsida, subkelas : rosidae, ordo : myrtales, famili : myrtaceae, genus : syzgium, dan spesies : syzgium aqueum.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang morfologi dan klasifikasi tanaman Jambu Air, semoga bermanfaat.

 

Loading...
Loading...
Morfologi Dan Klasifikasi Tanaman Jambu Air | ilmuhewan | 4.5