Mengenal Jenis Jenis Burung Kolibri dan Makananya

By On Thursday, November 3rd, 2016 Categories : Burung

Jenis-Jenis Burung Kolibri dan Makananya – Dari sekian banyak jenis burung berkicau di dunia ini, Burung Kolibri menjadi salah satu burung yang sangat menarik untuk  dibahas.

Selain memiliki tampilan fisik dan suara kicauan yang memukau, burung ini juga mempunyai banyak manfaat yang luar biasa serta dikagumi oleh masyarakat yang mengetahuinya.

Diantara manfaatnya adalah mempunyai kemampuan alami untuk membantu penyerbukan berbagai jenis bunga dan pepohonan.

burung-calibri

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis

Sehingga tidaklah mengherankan jika burung yang berasal dari keluarga Trochilidae ini sangat digilai oleh para pencinta burung.

Burung ini bisa digunakan sebagai burung master, juga dapat dibudidayakan untuk mendapatkan penghasilan serta bisa juga dijadikan binatang peliharaan di rumah.

Karena keberadaan burung ini semakin langka, pemerintah Indonesia menetapkan burung kolibri atau yang akrab disebut burung madu ini sebagai  salah satu daftar burung yang dilindungi di Indonesia.

Burung Kolibri ini sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia, namun di dunia ini banyak sekali jenis burung kolibri yang tersebar luas di seluruh belahannya.  Burung Kolibri paling banyak bisa ditemui di hutan-hutan Amazon, Amerika Selatan.

Berikut ini adalah jenis-jenis burung kolibri dan makanannya

  1. Kolibri Sepah Raja

Sesuai dengan namanya, burung ini suka sekali bertengger di pepohonan dadap dan juga bertengger di pohon-pohon berbunga.

Ciri yang dimiliki oleh Kolibri Sepah Raja adalah warna ungu pada bagian dahinya. Sedangkan bagian punggung, dada dan leher bewarna merah. Ukuran tubuhnya bisa sampai 13 cm.

Burung Kolibri Sepah Raja adalah pemakan nektar dan serangga.

  1. Kolibri Ninja / Konin

Burung ini mempunyai tingkah laku khas saat berkicau yakni seperti ninja yang jumpalitan kesana kemari.  Memiliki warna tubuh yang indah kombinasi warna biru tua, kuning dan merah menyala di bagian dadanya.

Di habitat asli, burung ini sering terlihat di hutan-hutan bakau dan juga di tepi pantai untuk mencari makan. Makanan dari Burung Kolibri ninja adalah nektar, madu dan berbagai serangga kecil

  1. Kolibri Kelapa / Manggar

Burung jenis ini juga mempunyai ciri khas warna bulu yang mudah dikenali. Dahi dan punggungnya bewarna hijau terang, sedangkan bagian sayapnya berwarna kecoklatan.

Burung ini dapat  ditemukan di beberapa pekarangan terbuka, ladang hijau, daerah perkebunan kelapa dan juga pinggiran hutan mangrove.

Jenis makanan yang disukainya adalah yang berasa manis seperti pucuk bunga, buah buahan dan juga laba laba kecil.

  1. Kolibri Tasik

Burung jenis ini menyukai hidup di kawasan pinggir hutan dan juga perkebunan karet. Makanan yang disukainya adalah  biji bijian, buah buahan, serangga dan juga laba laba kecil.

  1. Kolibri Sriganti

Burung ini sangat suka mengeluarkan kicauan sehingga banyak orang menjulukinya sebagai burung Ribut.

Habitat aslinya dari indonesia dan banyak ditemukan di pekarangan rumah serta hinggap di pohon pepaya. Makanan kesukaanya adalah nektar, bunga dan biji bijian yang rasanya manis.

Baca Juga : Cara mengobati kaki burung yang terluka

Mengenal Jenis Jenis Burung Kolibri dan Makananya | ilmuhewan | 4.5