Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Mengenal Burung Serindit dan Daerah Asalnya

By On Monday, September 19th, 2016 Categories : Burung

Mengenal Burung Serindit dan Daerah Asalnya – Banyak sekali ragam jenis burung yang berada di Indonesia.

Indonesia adalah negara kepulauan dimana setiap pulau itu memipunyai jenis burung yang berbeda pula, yuk mari kita bahas tentang burung serindit.

Burung serindit merupakan jenis burung paruh bengkok yang dikenal dengan nama latin loriculus burung tersebut memiliki kicauan suara yang khas maka banyak orang yang menjadikan burung serindit ini sebagai burung masteran, tidak hanya serindit saja, tetapi burung yang bagus untuk masteran adalah murai batu, anis kembang dan juga lovebird.

burung-sirindit2

Daerah perkembangbiakannya tersebar di hutan tropis yang berada di asia tenggara dan juga banyak kita temukan di Indonesia.

Kebiasaan burung serindit apabila sedang membuat sarang yaitu saat membuat lubang di pohon yang sangat tinggi yaitu di ketinggian lebih dari 10 meter, burung serindit betina akan membuat sarang dengan cara membawa bahan-bahan yang ia dapatkan dari alam sekitar.

Musim bertelur burung serindit di mulai pada bulan januari serta juli, jumlah telur yang di hasilkan burung serindit dalam sekali yaitu dapat bertelur berkisar 3 butir telur.

Jenis burung serindit beserta daerah asalnya

  1. Burung serindit jawa dengan nama latinya yaitu Loriculus pusillus tentu saja burung ini berasal dari jawa
  2. Serindit flores
  3. Burung serindit malukus
  4. Burung serindit melayu
  5. Serindit Papua
  6. Serindit Sulawesi

Burung serindit yang banyak kita jumpai saat ini adalah jenis burung serindit dari daerah jawa karena memang burung ini banyak kita temukan di pulau jawa. Burung ini memiliki ciri ciri yaitu terlihat pada bagian bulu yang ada di bagian sayap berwarna hijau, kemudian ciri ciri lainya yaitu pada bagian di bawah leher bulunya berwarna kuning

Burung serindit melayu ciri cirinya adalah memiliki warna merah pada bagian bawah lehernya sedangkan untuk ciri-ciri pada burung serindit jantan yaitu mempunyai mahkota berwarna biru kemudian di bawah lehernya berwarna hijau dan bisa kita temukan di daerah Sumatera, Jawa dan Bali. Kebiasaan burung serindit yaitu mencari-cari makan secara berkelompok.

Burung serindit jawa / yellow-throated hanging parrot (Loriculus pusillus) mempunyai hubungan kekerabatan yang begitu dekat dengan burung serindit melayu / blue-crown hanging parrot(Loriculus galgulus) yang biasa diikutsertakan mengikuti perlombaan di daerah Sumatera dan Kalimantan.

Serindit jawa merupakan burung endemik yang ada di Pulau Jawa dan Bali. Namun kerusakan habitat lah yang membuat populasinya jauh menurun. Jadi bukan karena penangkapan, tetapi karena jarang sekali kicaumania di Jawa serta Bali yang memeliharanya.

Burung serindit jawa memiliki panjang tubuh sekitar 12 cm, ukuran tersebut terkecil dari rata-rata burung paruh bengkok, ukuran panjangnya yaitu 12 cm, memang sedikit lebih besar daripada serindit melayu yaitu 11 cm.

Sebagian besar warna bulunya adalah hijau kekuningan, dengan bercak kuning yang terletak pada tenggorokan. Tubuh bagian atas yaitu berwarna hijau terang, dan adapun penutup pada ekornya adalah berwarna merah menyala. Iris mata dan paruhnya yaitu berwarna kuning.

Penampilan burung serindit jawa betina seklias mirip dengan burung jantan. Perbedaan yang nyata terlihat atau terletak pada bercak berwarna kuning di tenggorokan, yang jauh lebih kecil dan terlihat samar daripada burung jantan.

Dalam perawatannya, semua jenis burung serindit mempunyai kesamaan dalam hal pakan. yaitu berikan buah yang disukai, seperti buah pir, apel, pisang, dan berbagai jenis sayuran.

Selain itu, serindit juga dikenal sangat menyukai biji-bijian seperti beragam jenis millet dan canary seed, juga egg food dan ulat hongkong.

Baca Juga : Kenali jenis-jenis burung pleci kacamata

Loading...
Mengenal Burung Serindit dan Daerah Asalnya | ilmuhewan | 4.5